Contoh Kingdom Animalia dan Klasifikas dalam Kerajaan Makhluk Hidup

Contoh Kingdom Animalia dan Klasifikas Dalam Kerajaan Makhluk Hidup
Ilustrasi Contoh Kingdom Animalia. Foto: Ist/Net

Contoh Kingdom Animalia cukup banyak dan bervariasi. Bahkan Kingdom Animalia termasuk kerajaan makhluk hidup yang isinya hewan eukariotik multiseluler. Sehingga anggotanya cukup banyak.

Secara garis besar Kingdom Animalia terbagi atas dua golongan. Pembagian tersebut adalah golongan vertebrata dan golongan invertebrata. Oleh karena itu, tak heran bila ciri-cirinya cukup mudah untuk dikenali.

Kemudian, hewan animalia biasanya tidak bisa membuat makanan sendiri. Hal ini berbeda dengan tumbuhan yang bisa melakukan fotosintesis.

Baca Juga: Contoh Kingdom Plantae, Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasi Lengkap

Contoh Kingdom Animalia dan Pengertiannya

Kemudian, Kingdom Animalia merupakan klasifikasi organisme dengan dinding sel dan sel kloroplas. Tak heran bila hidup mereka bergantung pada organisme lain untuk memperoleh makanan.

Hal ini membuat organisme dari Kingdom Animalia termasuk pada hewan eukariotik. Hewan akan mencari makanannya dan mencerna dalam tubuh.

Kemudian, mereka juga membutuhkan oksigen dan CO2 sebagai zat sisa. Hewan-hewan ini memiliki sel otot yang bisa melakukan pergerakan. Selain itu, memiliki sel saraf yang bisa merespon lingkungan sekitar.

Contoh Kingdom Animalia memiliki ciri-ciri sebagai organisme multiseluler. Dalam bentuk dewasa memiliki tubuh yang kompleks sebagai organisme. Selain sebagai organisme multiseluler Kingdom Animalia termasuk hewan heterotrof yang bisa mengasimilasi makanan.

Baik itu dari luar sel untuk menutrisi dan mencerna serta menyerap makanan ke dalam tubuh. Sehingga, jenis hewan ini memiliki reproduksi umum seksual. Pada beberapa filum menggunakan reproduksi aseksual.

Baca Juga: Contoh Kingdom Protista dan Ciri-Cirinya Berdasarkan Klasifikasi

Klasifikasi Kingdom Animalia

Ada beberapa klasifikasi Kingdom Animalia. Terbagi atas dua varian vertebrata dan avertebrata. berikut adalah penjelasannya.

Invertebrate

Merupakan jenis hewan multiseluler dengan tubuh berpori. Jaringannya belum terbentuk dengan rangka serta saluran air. Biasanya hewan ini berasal dari air laut yang memperoleh makanan dari air dan masuk ke pori-pori.

Lalu, contoh Kingdom Animalia yang termasuk invertebrata adalah cacing pipih, ubur-ubur, dan lain sebagainya. Hewan ini tidak memiliki tulang belakang sesuai tempat hidupnya yang berair.

Nemathelminthes

Selanjutnya, Kingdom Animalia juga terbagi dalam jenis nemathelminthes yang merupakan hewan triploblastik pseudoselomata. Memiliki tubuh simetri bilateral dengan bentuk bulat panjang.

Tentu saja memiliki lapisan kutikula dengan sistem pencernaan dan sirkulasi cairan pseudoselom. Hewan ini tidak memiliki sistem respirasi dan sistem ekskresi.

Platyhelminthes

Selanjutnya, Platyhelmintes adalah hewan triploblastik aselomata dengan tubuh simetri bilateral. Bentuknya pipih dan memiliki sistem pencernaan satu lubang. Kemudian, untuk contoh Kingdom Animalia ini hidup dalam air tawar dan air laut.

Hewan ini menggunakan reproduksi seksual dengan silang. Serta reproduksi aseksual dengan fragmentasi serta regenerasi.

Annelida

Adapun hewan triploblastik selomata yang memiliki tubuh simetri bilateral bersegmen. Hewan ini memiliki otot dan sistem pencernaan yang lengkap.

Lalu, hewan ini tidak memiliki sistem respirasi. Sifatnya hermafrodit atau gonokoris alat kelamin jantan betina.

Contoh Kingdom Animalia hidup dalam air tawar, laut, lembab, rawa, dan lain sebagainya. Annelida termasuk golongan cacing gelang yang hidup pada tempat-tempat tersebut.

Mollusca

Kemudian, Mollusca termasuk hewan triploblastik selomata dengan simetri bilateral. Hewan ini memiliki tubuh yang lunak.

Lalu, hidup hewan ini berada dalam air tawar dan daratan. Selain itu memiliki cangkang dengan sistem pencernaan yang lengkap. Contohnya adalah bekicot yang biasa ditemukan.

Coelenterata

Contoh Kingdom Animalia yang termasuk golongan invertebrata adalah Coelenterata. Melansir dari Wikipedia, hewan ini termasuk diploblastik karena terbentuk dari jaringan.

Selanjutnya, hewan ini memiliki tentakel dan berpenyengat. Coelenterata termasuk hewan laut yang bereproduksi dengan pembentukan tunas oleh polip.

Pisces

Sekarang masuk pada golongan hewan vertebrata yang bernapas dalam air. Pisces adalah hewan yang bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu air.

Ikan bernapas menggunakan insang yang ada pada tubuhnya. Banyak varian ikan yang cukup menarik misalnya arwana, cupang, dan lain sebagainya.

Mamalia

Lalu, contoh Kingdom Animalia adalah hewan yang beranak seperti mamalia. Hewan ini memiliki ciri khas berambut atau berbulu. bahkan memiliki susu untuk menyusui anak-anaknya.

Aves

Selain mamalia, ada juga Aves yang termasuk Kingdom Animalia. Merupakan jenis burung yang memiliki sayap. kemudian, juga termasuk hewan berdarah panas dengan adanya kantung hawa yang bisa membuat burung terbang.

Reptilia

Selanjutnya, reptilia adalah hewan vertebrata yang bisa beradaptasi dengan daerah kering adalah reptil. Contohnya adalah kadal, buaya, ular, kura-kura, dan lain sebagainya. Hewan ini mudah hidup dalam keadaan apapun termasuk suasana yang kering.

Amfibi

Kemudian, contoh Kingdom Animalia yang bisa hidup dalam dua tempat adalah amfibi. Hewan amfibi adalah katak yang bisa bernafas dengan paru-paru dan kulit. (R10/HR Online)

Editor: Jujang