Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruContoh Kingdom Plantae, Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasi Lengkap

Contoh Kingdom Plantae, Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasi Lengkap

Contoh Kingdom Plantae cukup banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat bahwa tumbuhan adalah makhluk hidup yang mendominasi bumi. Sehingga tidak akan terlepas dalam kehidupan.

Penting untuk mengetahui pengertian, contoh, dan ciri-cirinya. Hal ini akan memberikan pemahaman lebih mengenai Kingdom Plantae.

Tumbuhan hijau atau Kingdom Plantae merupakan organisme eukariota multiseluler. Sesuai dengan namanya maka memiliki klorofil dan dinding sel.

Warna hijau pada tumbuhan ini berasal dari klorofil yang ada di dalamnya. Klorofil ini memiliki fungsi untuk melakukan proses fotosintesis.

Dengan melakukan fotosintesis maka tumbuhan bisa menghasilkan makanan. Tak heran bila tumbuhan jenis ini memiliki sebutan autotrof.

Baca Juga: Contoh Sendi Pelana, Pengertian dan Cara Merawat Kesehatannya

Klasifikasi Contoh Kingdom Plantae (Tumbuhan)

Dalam kehidupan terdapat kurang lebih 400.000 Kingdom Plantae. Tetapi, masing-masing dari contoh tersebut memiliki fungsi. Salah satunya sangat berperan dalam pola rantai makanan sebagai produsen.

Kingdom Plantae memiliki beberapa klasifikasi. Tentu saja akan memudahkan dalam mengetahui perbedaannya. Berikut adalah klasifikasi Kingdom Plantae:

Bryophyta

Tumbuhan lumut merupakan gerombolan kecil yang tumbuh pada area yang lembab. Memiliki batang dan daun sejati serta tidak mempunyai akar.

Contoh Kingdom Plantae pada tumbuhan lumut adalah lumut hati, lumut tanduk, dan lain-lain. Merupakan tumbuhan peralihan berkormus dengan bertalu.

Tumbuhan ini akan mengalami metagenesis dan pergiliran keturunan. Tetapi, tumbuhan lumut memiliki banyak manfaat untuk lingkungan.

Manfaat tersebut seperti menahan erosi karena bisa menyerap air. Bahkan bisa digunakan sebagai obat mata dan kulit seperti Sphagnum.

Bryophyta merupakan tumbuhan lumut sejati. Contoh Kingdom Plantae yang satu ini cukup beragam. Ciri-ciri umum bryophyta adalah memiliki marchantia. Fungsinya sebagai bahan pembuat obat pada penyakit hati.

Selain itu, bisa berguna sebagai dekorasi tata ruang. Tetapi perlu adanya perawatan khusus agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga: Pengertian Simbiosis Komensalisme Beserta Contohnya di Sekitar Kita

Spermatophyta

Selanjutnya ada tumbuhan berbiji atau Spermatophyta yang merupakan klasifikasi Kingdom Plantae. Tumbuhan ini adalah hasil pembuahan benang sari dan putik bunga. Contoh Kingdom Plantae jenis ini adalah jahe, anggrek, dan kelapa sawit.

Spermatophyta terbagi dalam dua jenis yaitu angiospermae dan gymnospermae. Tumbuhan berbiji sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan.

Bisa untuk memenuhi kebutuhan pokok, hiasan, pembuatan furniture dan lain sebagainya. Ciri-ciri dari tumbuhan berbiji adalah adanya organ atau biji hasil dari bunga atau strobilus.

Selain banyaknya contoh Kingdom Plantae ini juga memiliki banyak manfaat. Spermatophyta adalah tanaman yang bisa sebagai penghias rumah. Kebanyakan dari tanaman ini berupa bunga yang cukup menarik.

Selain itu, ada yang bermanfaat sebagai bahan obat-obatan. Dalam hal ini khusus untuk tanaman rempah-rempah.

Tanaman yang berupa anggrek bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Karena perawatan dan bentuk dari bunga ini memiliki nilai jual yang cukup fantastis, bahkan banyak yang mengincarnya.

Pteridophyta

Jenis Kingdom Plantae berikutnya adalah tumbuhan paku atau Pterydophyta. Contoh dari Kingdom Plantae ini adalah paku purba, paku kawat, paku ekor kuda, dan sebagainya.

Tumbuhan paku berkembangbiak dengan memanfaatkan spora. Memiliki pembuluh angkut berupa xilem dan floem.

Ciri-ciri umum tumbuhan paku memiliki daun muda yang menggulung. Selain itu, juga memiliki sporofil yang bisa menghasilkan spora. Letak spora biasanya pada bagian bawah daun.

Tumbuhan paku merupakan contoh Kingdom Plantae yang bisa sebagai bahan sayuran. Mengkonsumsi beberapa tumbuhan paku boleh-boleh saja. Bahkan ada yang membuatnya sebagai pupuk.

Salah satu tumbuhan bernama Selaginella Plana bisa berfungsi sebagai obat luka. Tergantung bagaimana orang memanfaatkannya dengan baik.

Tumbuhan semanggi bisa sebagai bahan makanan. Orang-orang memanfaatkan daun ini untuk lalapan saat makan. Efek yang mereka dapatkan cukup banyak karena meningkatkan kesehatan.

Ciri-ciri Kingdom Plantae

Setelah mempelajari contoh Kingdom Plantae, terdapat ciri-ciri yang bisa kita ketahui. Seperti, memiliki sifat autotrof yang bisa membuat makanan sendiri, dan menyimpan cadangan makanan berupa amilum atau pati. Kemudian, terdapat klorofil yang berfungsi untuk fotosintesis. Selain itu juga, semua organisme Kingdom Plantae bersifat eukariotik multiseluler.

Ciri selanjutnya adalah bisa hidup di perairan maupun darat, mengalami pergiliran keturunan dalam siklus hidup serta melakukan reproduksi aseksual berupa tunas, cangkok, stek, dll. Sementara itu, reproduksi seksual berupa benang sari dan putik.

Nah, itulah pengertian dan contoh Kingdom Plantae yang bisa memberikan penjelasan bermanfaat. Anda bisa mengambil manfaat dari tumbuhan untuk kelangsungan hidup. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru