Contoh Penyerbukan Silang yang Terjadi Pada Tumbuhan Sekitar

Contoh Penyerbukan Silang yang Terjadi Pada Tumbuhan Sekitar
Ilustrasi: contoh penyerbukan silang Foto: Ist/Net

Contoh penyerbukan silang bisa anda amati pada tumbuhan yang berada ada sekitar lingkungan anda. 

Mengutip dari Wikipedia, penyerbukan adalah proses dari pemisahan polen (serbuk sari) dari anther ke kepala putik (stigma), serta yang menjadi perantaranya di sebut dengan penyerbuk. Dalam proses tersebut, terdapat berbagai macam penyerbukan yang dilakukan.

Berbagai macam penyerbukan tersebut dikelompokkan berdasarkan asal dari serbuk sarinya, serta melalui serbuk sari dari bunga tumbuhan yang lain tetapi sejenis.

Baca Juga: Alat Pernapasan pada Tumbuhan, Baik Secara Umum Maupun Khusus

Contoh Tanaman Menyerbuk Silang yang Ada Sekitar Anda

Dari jenis penyerbukan yang terjadi pada tanaman, maka anda bisa mengetahui buah atau tanaman apa saja yang termasuk dan ada di sekitar. Berikut ini adalah beberapa tanaman yang merupakan hasil penyerbukan silang, antara lain:

Mangga

Biasanya bunga mangga ada pada rangkaian atau tandan. Pada setiap tandanya mempunyai lebih dari seribu kuntum. Pada pangkal tandan, biasanya bunga jantan berjumlah 92 persen dari keseluruhan jumlah bunga yang ada pada tandan. 

Sedangkan, yang berada pada ujung tandang yakni bunga sempurna atau hermafrodit yang mana jumlahnya kurang dari delapan persen.

Untuk contoh penyerbukan silang yang terjadi pada mangga ini dibantu oleh lebah madu. Sebab bunga sempurna memiliki sel kelamin betina biasanya tidak subur. Maka sel yang subur hanya berkisar lima sampai dengan sepuluh persen saja. Sedangkan, sel kelamin jantan yang ada pada bunga sempurna serta bunga jantan yaitu lemah.

Mengakibatkan adanya kemampuan tepung sari hanya satu sampai 2 persen. Sehingga, jumlah buah yang dihasilkan sangat sedikit. Pada umumnya tumbuhan ini hanya akan berbunga satu kali dalam setahun yang biasanya terjadi pada musim kemarau.

Baca Juga: Fungsi Jaringan Gabus Untuk Kelangsungan Hidup Tumbuhan

Anggur

Bunga pada anggur juga mengalami penyerbukan silang. Pada bunga anggur, penyerbukan silang dibantu oleh angin, serangga, ataupun manusia. Genetis pada bunga anggur yaitu memiliki sifat heterozigot, yang mana memiliki 3 bungan terdiri dari bunga jantan yang tidak mantap, bunga betina resesif mantap, dan juga bunga sempurna yang tidak mantap juga.

Pada bunga jantan terdapat penentuan 3 faktor genetik yakni, MM, MH, Mm. Sedangkan, untuk bunga sempurna terdapat adanya penentuan 2 macam faktor genetik yakni, HH serta Hm. Tanaman anggur secara genotip bisa menampilkan berbagai perbedaan.

Nanas

Contoh penyerbukan silang selanjutnya yaitu nanas. Nanas merupakan tanaman yang menyerbuk silang. Mempunyai berbagai macam perbedaan budidaya dengan tumbuhan menyerbuk silang lainnya. 

Anatara lain, struktur genetik heterozigot, memperbanyak bibit dengan menggunakan cara klonal, dan juga memiliki sifat self incompatibility.

Tebu

Tebu adalah tanaman yang menyerbuk silang selanjutnya. Dengan adanya bantuan dari angin, biasanya bersifat poliploidi, namun terkadang aneuploidi. 

Sebab, adanya penyerbukan silang serta diperbanyak dengan cara klonal, sehingga heterozigot nya menjadi tinggi dan tidak bisa toleran dengan penyerbukan sendiri.

Pepaya

Selanjutnya, contoh penyerbukan silang terjadi pada tanaman pepaya. Pepaya tidak dapat menghasilkan keturunan yang sama seperti induknya. Jenis pepaya bisa berkembang, serta bertahan secara melakukan penyerbukan sendiri yang terus menerus pada tumbuhan hermaprodit.

Sirsak

Bunga tanaman sirsak melakukan proses penyerbukan secara silang. Sebab, bunga pada tanaman ini memiliki sifat protogynous. 

Semangka

Merupakan tanaman menyerbuk silang, dengan cara pembuahannya yang biasa kita kenal dengan allocarpie. Memiliki keturunan tanaman yang dari asalnya dari biji. Pada tanaman yang menyerbuk silang, biasanya akan mengalami pemisahan sifat.

Maka dari itu, variasi segregasi yang ada pada pembenihan massa ini harus bisa anda atur atau tekan. Supaya masih dalam batasan toleransi tertentu dalam varieta tersebut.

Jagung

Contoh penyerbukan silang lainnya yaitu jagung. Sebab, jagung adalah tanaman yang berumah satu dengan memiliki bunga betina dan juga bunga jantan terpisah pada bunga yang berbeda. Namun, masih dalam satu tumbuhan yang sama.

Terdapat peluang pada penyerbukan silang sebanyak 95% serta 5% sisanya menjadi peluan untuk menyerbuk sendiri. Jagung berumah satu dengan bunga betina menjadi pembungaan bagian samping (tongkol) yang berkembang pada ketiak daun dan bunga jantan tumbuh terpisah menjadi perbungaan paling ujung yang terdapat pada batang utama.

Pada penyerbukan ini biasanya, bisa menghasilkan variasi keturunan. Pasalnya, semua tumbuhan dapat melakukan penyerbukan silang dengan adanya bantuan dari manusia. Nah, itu tadi yang beberapa contoh penyerbukan silang yang berada pada sekitar kita. (R10/HR Online)

Editor: Jujang