Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruContoh Tulang Pipih Pada Manusia Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh Tulang Pipih Pada Manusia Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh tulang pipih pada tubuh manusia memang banyak sekali. Tetapi mengetahui pengertiannya jauh lebih menarik. Tulang pipih adalah salah satu tulang yang memiliki lapisan sangat tipis.

Terdapat jaringan tulang spons dalam bagiannya. Letak tulang ini berada pada sumsum tulang belakang. Sehingga kebanyakan orang memiliki tulang ini.

Susunan tulang pada rangka manusia terbagi atas beberapa jenis. Pembagian ini berdasarkan klasifikasi beberapa kategori.

Baca Juga: Contoh Tulang Sesamoid dan Penyakit Sesamoiditis yang Menyerang

Contoh Tulang Pipih dan Struktur Lengkapnya

Tulang pipih memiliki ukuran yang panjang dan lebar. Bahkan melampaui ketinggian dari ketebalan. Tulang pipih yang tidak teratur biasanya memiliki tanda tertentu.

Biasanya tidak memiliki elemen morfologi yang dominan. Jika keadaan tulang cukup normal maka tanda-tanda ini akan lebih terlihat.

Hal ini juga sama ketika seseorang sudah berusia lebih dari remaja dan menginjak 20 tahun ke atas. Tulang pipih berbentuk tipis dan rata. Bahkan ada juga lengkungan yang cukup langka.

Struktur Tulang Pipih Pada Manusia

Selanjutnya, sebelum masuk ke contoh tulang pipih yang lengkap ada baiknya memahami struktur terlebih dahulu. 

Melansir dari Wikipedia bahwa tulang pipih terbagi atas periosteum, tulang kompak, dan tulang spons. Karena, tulang ini memberikan bentuk tulang yang memanjang.

Berikut adalah lapisan struktural yang berbeda:

Tulang Periosteum

Merupakan lapisan permukaan terluar dari tulang. Lapisan Ini berisi pembuluh darah dan saraf. Lalu, berfungsi untuk membantu dalam memberikan kebutuhan nutrisi ke setiap tulang.

Tulang Kompak

Jenis tulang ini terletak pada bagian bawah periosteum. Bentuknya keras dan padat, sehingga lebih kuat dari lapisan lainnya.

Baca Juga: Contoh Sendi Pelana, Pengertian dan Cara Merawat Kesehatannya

Tulang Spons

Merupakan lapisan terdalam yang ringan. Fungsinya untuk membantu penyerapan stress secara mendadak.

Fungsi Tulang Pipih

Beberapa contoh tulang pipih memiliki fungsi masing-masing. Tetapi ada fungsi umum yang dari tulang pipih. Berikut fungsinya pada organ tubuh manusia.

Tulang pipih mampu melindungi struktur tubuh. Terutama yang letaknya pada bagian bawah tulang. Tak heran bila tulang ini bisa melindungi organ sistem transportasi dalam tubuh.

Biasanya melindungi tulang rusuk, tulang bagian paru-paru dan bagian jantung. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi otak.

Kelompok Tulang Pipih

Ada beberapa contoh tulang pipih yang terbagi dalam variasi kelompok. Berikut adalah kelompok tulang pipih yang bisa dipelajari:

Tulang Dada dan Tulang Rusuk

Fungsi tulang dada dan tulang rusuk untuk melindungi jantung serta paru-paru. Kedua organ ini sangat vital bagi kehidupan manusia.

Dalam hal ini tulang pipih yang dimaksud adalah tulang rusuk manusia. Jumlahnya 12 buah yang terletak berseberangan pada kedua sisi tubuh manusia.

Tulang Tengkorak

Contoh tulang pipih berikutnya adalah tulang tengkorak. Tulang ini berfungsi sebagai pelindung otak dan memberikan dukungan pada wajah.

Pada dasarnya tulang ini cukup kuat untuk menahan benturan. Tetapi jika terbentur terlalu keras pertahanan tersebut bisa hancur.

Dengan demikian sebagai manusia yang bijak harus bisa menjaga kesehatan dan keamanan. Jangan sampai karena hal ceroboh bisa merusak tulang pipih yang melindungi otak manusia. Pada dasarnya otak adalah organ yang memberikan kerja sistem organ yang maksimal.

Tulang Belikat

Nah, contoh tulang pipih berikutnya adalah tulang belikat. Tulang ini memiliki nama lain sebagai tulang skapula.

Pada dasarnya manusia memiliki dua buah tulang yang akan membentuk segitiga. Letak dari tulang tersebut berada di punggung bagian atas.

Tulang belikat akan memberikan fungsi yang maksimal bagi tubuh. Pasalnya bisa memberikan tubuh yang berdiri tegak tanpa bungkuk.

Contoh tulang pipih pada tengkorak juga memiliki struktur yang unik. Tulang tersebut saling bertemu pada persendian. Fenomena ini memiliki nama Sutura.

Tetapi Sutura kali ini berbeda dengan yang lainnya. Karena tidak bisa melakukan pergerakan dengan sempurna. Sehingga hanya terbatas oleh ruang.

Tulang tengkorak tidak sepenuhnya menyatu hingga masa pertumbuhan seseorang selesai. Kira-kira hal ini akan berubah ketika usia seseorang sudah menginjak 20 tahun.

Selanjutnya, setelah mendekati usia tersebut otak manusia akan mengalami pertumbuhan. Hal ini akan melanjutkan perkembangannya sejak masih bayi dan anak-anak.

Itulah contoh tulang pipih yang ada dalam tubuh manusia. Ternyata banyak jenis tulang yang berfungsi untuk kelangsungan hidup seseorang. Sehingga akan bekerja sama dengan berbagai jenis tulang lainnya untuk saling memadukan tugasnya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img