Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruContoh Tulang Sesamoid dan Penyakit Sesamoiditis yang Menyerang

Contoh Tulang Sesamoid dan Penyakit Sesamoiditis yang Menyerang

Contoh tulang sesamoid terdapat pada sebagian tubuh manusia. Tulang ini akan terhubung pada otot dan tendon. Bentuk tulang ini umumnya berbeda dari jenis tulang lainnya dalam tubuh. Mengingat bahwa menghubungkan persendian satu dengan yang lainnya.

Rata-rata bentuk tulang ini bulat dan kecil. Hal ini berfungsi untuk mencegah adanya pergeseran tulang. Sehingga seseorang bisa melakukan aktivitas harian dengan lancar.

Tempurung lutut adalah salah satu tulang sesamoid yang terbesar dalam tubuh. Sebenarnya masih ada dua jenis lagi tulang yang lebih kecil. Letaknya pada bagian dekat jempol kaki.

Mengetahui Contoh Tulang Sesamoid pada Tubuh Manusia

Berbicara soal tulang sesamoid, pasti tidak bisa terlepas dari tempurung lutut. Tulang yang satu ini adalah contoh sesamoid yang paling besar. Mengingat bahwa bentuk sesamoid pada umumnya hanya sebesar biji wijen.

Tempurung lutut merupakan salah satu tulang yang sangat krusial. Bentuknya hampir menyerupai segitiga dan lebih tebal. Tulang ini memiliki nama lain patella yang letaknya pada tibia dan femur.

Termasuk pada contoh tulang sesamoid karena melekat dalam tendon. Selain pada tempurung lutut, juga terdapat pada pergelangan tangan dan tulang distal. Hal ini karena patella juga terikat dengan quadriceps.

Baca Juga: Perbedaan Tulang Rawan dan Tulang Keras pada Tubuh Manusia

Cara Kerja Tempurung Lutut Sebagai Tulang Sesamoid

Contoh tulang sesamoid adalah tempurung lutut. Tulang ini akan terlihat menonjol ketika seseorang menekuk lututnya. Jika memegang bagian lutut, maka akan terasa gerakan dari tempurung.

Jika lutut pada posisi lurus, maka patella bersama dengan quadriceps akan mengangkat pengungkit. Hal ini membuat tempurung lutut pada posisi semula. Otot ini memiliki sebutan lain sebagai VMO atau Vastus Medialis Oblique.

Letak dari VMO berada pada paha bagian dalam. VMO memiliki fungsi untuk menjaga tempurung lutut agar stabil. Sehingga tidak mengalami pemindahan secara lateral ketika sedang fleksi.

Fungsi Patella atau Tempurung Lutut

Sebagai salah satu contoh tulang sesamoid memiliki pengertian sebagai tempat bertemunya tulang kaki. Terutama kaki bagian atas dengan kaki bagian bawah. Hal ini memungkinkan seseorang bisa bergerak dengan bebas.

Lutut merupakan salah satu tulang yang sangat rentan mengalami cedera. Apalagi ketika ligamen lutut terputus, akan mengakibatkan seseorang terjatuh. Biasanya hal ini karena aktivitas yang terlalu berat.

Agar cedera pada lutut berkurang, maka terdapat tempurung yang berguna sebagai pembungkus lutut. Tanpa adanya tempurung, seseorang akan kesulitan untuk menekuk kakinya.

Pergelangan Tangan

Selain tempurung kelapa, contoh tulang sesamoid juga ada pergelangan tangan. Tulang ini merupakan penghubung jari dengan jaringan serta tulang lainnya.

Banyak orang yang meremehkan pergelangan tangan padahal sangat berperan penting dalam aktivitas seseorang. Ada beberapa fungsi pergelangan tangan, yaitu:

Menggerakkan Jari Tangan

Pergelangan tangan adalah tulang yang bisa membantu menggerakkan jari-jari. Hal ini bisa membuat jari bergerak ke depan, samping, dan atas. Tentu saja ini atas perintah dari otak.

Baca Juga: Tulang Ekor Sakit, Beragam Penyebab dan Cara Meredakannya

Penghubung Lengan Bawah dan Jari

Selain itu, pergelangan tangan memiliki fungsi untuk menghubungkan tulang lengan bawah dengan jari. Sehingga bisa bersatu untuk menjalankan aktivitas harian.

Penyakit Tulang Sesamoid

Tentu saja ada penyakit yang bisa menyerang tulang sesamoid. Sebagai contoh, ketika tulang sesamoid mengalami cedera, maka akan mengalami peradangan. Biasanya para atlet dan penari sering mengalami penyakit ini.

Seseorang akan mengalami masalah ini ketika sedang menjalankan serangkaian peregangan atau kerja berlebih. Penyakit ini akan sembuh jika seseorang mau beristirahat dengan cukup. Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi obat anti inflamasi.

Penyebab Penyakit Tulang Sesamoid

Ada beberapa hal yang menyebabkan gangguan pada sesamoid. Terutama penggunaan tendon yang terlalu sering. Sehingga akan mengalami trauma secara berulang dan menimbulkan nyeri.

Gejala utama seseorang mengalami masalah pada tulang sesamoid adalah nyeri. Sebagai contoh, setelah usai berolahraga. Biasanya rasa nyeri ini akan menyerang bagian telapak kaki seseorang.

Tanpa sadar akan muncul memar pada beberapa bagian tubuh. Jika sudah mengalami sesamoiditis, seseorang akan sulit menekuk dan meluruskan ibu jari. Bahkan terasa sakit ketika menggerakkan seluruh jari.

Untuk menghindari penyakit ini, sebaiknya berjalan kaki tanpa menggunakan alas. Hal ini bisa mencegah peradangan pada bola kaki. Pastikan anda tahu contoh dan penyakit pada tulang sesamoid ini. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img