Cuka Apel untuk Wajah dan Manfaatnya Bikin Cantik Alami

cuka apel untuk wajah
Pemanfaatan cuka apel untuk wajah cantik. Foto: Ist/Net

Penggunaan cuka apel untuk wajah mungkin kalah populer ketimbang manfaatnya untuk menambah lezat masakan. Namun kandungan nutrisi cuka apel yang luar biasanya membuatnya sangat baik untuk perawatan kulit cantik alami.

Bagi sebagian orang, cuka apel sering digunakan dalam berbagai resep hidangan untuk menambahkan rasa asam yang segar. Seperti pada salad, marinasi daging, maupun dalam membuat minuman.

Namun selain dalam bidang kuliner, cuka apel juga berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan kulit muka. Mungkin bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan pemanfaatannya ini akan sedikit meragukan efektivitasnya.

Namun bagi beberapa orang, cuka dari buah apel memang sudah cukup populer sebagai masker maupun toner untuk muka. Untuk mengulasnya lebih jauh, berikut ini adalah uraian mengenai apa saja keutamaan yang dapat kita ambil dari cuka apel untuk wajah.

Kandungan dan Khasiat Cuka Apel untuk Wajah

Sebelum menelisik lebih jauh tentang pemanfaatan cuka apel ini, ada baiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat dalam cairan sari buah apel ini.

Cuka apel merupakan jenis minuman hasil fermentasi jus buah apel. Dalam proses fermentasinya tersebut kandungan gula dalam buah ini berubah menjadi asam asetat. Bahan aktif dalam cuka inilah yang kaya akan manfaat.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak yang Efektif dan Mudah

Selain asam asetat itu sendiri, kandungan lain dari cuka apel meliputi beberapa jenis vitamin. Mulai dari vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E. Juga ada kandungan lain seperti kalsium, magnesium, dan potasium.

Selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh, kandungan-kandungan dalam cairan ini juga merupakan kandungan yang cukup penting untuk memelihara kesehatan wajah. Hal tersebutlah yang membuat beberapa orang cenderung menggunakan cuka apel untuk wajah mereka.

Karena merupakan bahan alami dan natural, ada banyak manfaat dari cuka apel bagi kecantikan wanita. Yang umumnya cukup terkenal adalah dapat membantu menyerap minyak berlebih dan menghilangkan bekas make up.

Namun penggunaan cuka apel bagi perawatan muka tidak hanya sampai itu saja. Untuk itu, berikut adalah beberapa keutamaan lainnya dari cuka apel tersebut bagi perawatan kecantikan kulit muka yang sebaiknya wanita tahu.

Mengatasi Jerawat

Pemanfaatan cuka apel untuk wajah juga cukup populer untuk mengatasi masalah jerawat. Bahan alami in mengandung asam malat yang berfungsi sebagai anti jamur dan bakteri.

Jika Anda menggunakannya secara teratur pada wajah, kandungan dalam cuka apel tersebut akan membantu menghindarkan kulit muka dari berbagai jenis kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga : Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Ada sejumlah masalah kulit wajah seperti terlalu berminyak, kering, maupun kurang kencang dan elastis. Pada dasarnya gangguan ini terjadi karena pH kulit yang kurang seimbang.

Yang menarik, kandungan pH yang terdapat dalam cuka apel memiliki kemiripan dengan pH yang ada pada lapisan asam dalam kulit. Sehingga dengan penggunaan cuka apel mampu membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah.

Untuk itu perawatan muka dengan menggunakan cuka apel sehari-hari dapat mencegah kulit menjadi kering atau terlalu berminyak.

Mengurangi Bintik Wajah Akibat Penuaan

Pemanfaatan cuka apel untuk wajah ternyata juga ampuh untuk menghilangkan atau mengurangi bintik hitam yang muncul akibat proses penuaan. Hal ini karena kandungannya yang baik untuk kulit wajah.

Senyawa-senyawa kimia seperti Alpha Hydroxy Acid dan AHA banyak terdapat dalam cuka apel (Apple Cider Vinegar). Menariknya, banyak produk kecantikan yang beredar juga mengandung senyawa jenis ini.

Senyawa ini penting dalam proses pembentukan sel kulit baru sekaligus membuang sel-sel kulit yang sudah mati. Dengan proses regenerasi sel kulit inilah yang akan mampu menghalau bintik-bik tanda penuaan pada wajah.

Baca Juga : Cara Memakai Masker Spirulina untuk Perawatan Kulit Wajah

Mencegah Kerutan

Memanfaatkan cuka apel untuk wajah setiap hari dapat menjadi salah satu solusi dalam mencegah kerutan pada muka.

Hal ini karena kandungan asam dalam herbal ini dapat membantu mengurangi garis-garis halus pada wajah. Sehingga wajah akan tampil lebih awet muda dan terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Menghilangkan Racun dari Kulit Wajah

Polusi dan radikal bebas bisa menjadi ancaman yang berbahaya bagi kulit sehat Anda. Jika kita biarkan terus menerus, maka kulit akan semakin kusam dan menimbulkan jerawat.

Bahkan radikal bebas ternyata dapat menyebabkan kanker kulit. Karena itulah penting untuk segera kita atasi dan mencegahnya dengan melakukan perawatan secara rutin.

Itulah berbagai keunggulan dan khasiat cuka apel untuk wajah. Dengan melakukan perawatan secara rutin dengan bahan herbal ini akan berguna dalam menjaga kesehatan dan kecantikan wajah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah