Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruDahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Manusia Dalam Menjalani Hidup

Dahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Manusia Dalam Menjalani Hidup

Doa adalah induknya ibadah. Saking dahsyatnya kekuatan doa ini, maka kaum muslimin harus senantiasa memanjatkannya kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Memberi.

Allah menyuruh manusia berikhtiar dan berdoa. Ikhtiar sebagai usaha duniawi yang berkaitan dengan hukum dan ilmu-ilmu teknis. Sedangkan doa sebagai usaha ukhrawi yang berkaitan dengan keimanan atau keyakinan kepada Allah.

Sesungguhnya Allah mengetahui kebutuhan hamba-Nya, tanpa doa pun pasti Allah memberi. Permohonan doa seorang hamba dipanjatkan sebagai bentuk ibadah kepada Sang Pencipta.

Allah memerintahkan hamba-Nya hanya berdoa kepada-Nya, tidak meminta segala sesuatu kepada selain-Nya. Hal ini sebagaimana dalam surat Al Mukminun ayat 60:

Selain itu, dalam sebuah hadist juga menyebutkan:

baca juga: Pengertian Takdir Muallaq, Mengajarkan Kita untuk Berusaha dan Berdoa

Manfaat Dahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Kesehatan Mental

Doa merupakan permohonan seorang manusia kepada Allah Yang Maha Pencipta, sehingga doa ini sangat berperan pada kesehatan mental.

Menambah Keyakinan dan Optimistis Dalam Hidup

Banyak persoalan yang kelihatannya tidak mungkin dalam hitungan manusia, tetapi bisa terjadi lantaran dahsyatnya kekuatan doa.

Dengan terkabulnya keinginan-keinginan yang menurut anda sulit, maka akan menambah sikap optimistis dalam kehidupan.

baca juga: Adab dan Keutamaan Berdoa dalam Islam

Berprasangka Baik Kepada Allah

Dalam berdoa, kita harus optimis bahwa doa yang kita panjatkan adalah suatu kebaikan dan Allah pasti mengabulkan. Sikap berprasangka baik (husnudzan) kepada Allah ini penting, karena prasangka Allah terletak pada persangkaan hamba-Nya.

baca juga: Doa untuk Orang Meninggal, Mampu Meringankan Beban Jenazah

Membentuk Sikap Rendah Hati

Berdoa akan membuat sikap seseorang menjadi baik. Orang yang berdoa cenderung lebih rendah hati. Hal ini karena ia selalu merasa membutuhkan Allah, menyadari semua yang ada adalah karunia-Nya. 

Merasa lemah tidak berdaya di hadapan Allah dapat meningkatkan rasa empati pada orang lain.

Mendapatkan Ampunan

Allah mengampuni dosa hamba-Nya yang melakukan dosa kecil ataupun besar. Apabila hamba mau mengakui kesalahan dan meminta ampun, pasti Allah mengampuni,

Dahsyatnya kekuatan doa sangat terasa saat seseorang berdoa, meminta ampunan dari Allah terhadap segala dosa yang dilakukannya.  

Doa Memberi Harapan

Berdoa akan memberikan harapan bagi seorang muslim. Biasanya saat seseorang berada di titik sulit, berdoa dapat membantunya mengatasi situasi yang terjadi.

Berdoa dapat meningkatkan rasa harap akan sesuatu yang diinginkan dan memupus rasa putus asa.

Mempertahankan Pandangan Positif Mengenai Kehidupan

Terkadang seseorang merasa jika hidup tidak adil. Dengan berdoa, suasana hati yang buruk menjadi baik, bahkan Seseorang akan memiliki rasa syukur dalam hatinya.

Mereka akan mensyukuri semua nikmat yang telah diberikan Tuhan untuknya. Dengan demikian, pikirannya akan terbuka dan selalu menganggap positif semua hal berkaitan dengan kehidupan yang dijalaninya.

Dengan kata lain, dahsyatnya kekuatan doa dapat mengubah pandangan hidup seseorang secara keseluruhan.

Menghasilkan Keajaiban

Banyak contoh kisah dalam Al Qur’an atau hadits tentang keajaiban atau mukjizat yang Allah berikan kepada para Nabi dan Rasul. Misalnya ketika Nabi Musa dikejar oleh tentara Firaun. Dengan doa Nabi Musa, maka terbelahlah laut merah.

Melalui kebiasaan berdoa setiap hari, kita juga bisa merasakan dahsyatnya kekuatan doa seperti ketenangan, kedamaian, dan kesuksesan.

Meningkatkan Hubungan Dengan Allah

Salah satu manfaat berdoa setiap hari adalah meningkatkan hubungan dengan Allah. Itu dapat terjalin erat karena kita senantiasa berkomunikasi dengan-Nya.  

Meningkatkan hubungan dengan Allah, artinya sebagai hamba kita berkomunikasi dan bermohon kepada Allah.

Mengenali Diri Sendiri

Pada saat kita mengenal siapa diri kita, maka saat berdoa kita merendahkan hati kita di hadapan Allah.

Merendahkan hati adalah sebuah hal yang perlu kita lakukan. Sebab kita adalah orang yang lemah dan juga tidak berdaya terhadap berbagai perbuatan jahat yang berada di sekitar kita.

Belajar untuk Meminta

Berdoa adalah belajar untuk meminta. Dengan menyadari kekurangan dan kelemahan, lalu mengakui kelebihan dan kekuatan Allah SWT.

Meminta apa saja, dari masalah kecil sampai besar. Misalnya meminta keselamatan, ketenangan hati dan jiwa, pertolongan dari hal-hal yang jahat, dan masih banyak lagi. Sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya meraih dahsyatnya kekuatan doa. (Muhafid/R6/HR-Online)