Dampak Stres Pada Wanita Ternyata Berbahaya, Waspadalah!

dampak stres pada wanita
Bahaya dampak stres pada wanita. Foto: Ist/Net

Dampak stres pada wanita ternyata tak bisa kita anggap sepele. Tekanan mental ini tak hanya buruk untuk kesehatan jiwa namun juga bisa memicu munculnya sejumlah penyakit. Bahkan bisa mengganggu kecantikan kulit.

Seperti kita tahu, siapa saja memang dapat terserang stres. Tekanan mental ini dapat muncul karena beragam faktor. Baik karena beban pekerjaan, beban pikiran akibat terlilit hutang, lingkungan yang buruk, hingga tekanan batin.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Berlebih Tanpa Ribet dan Tetap Sehat

Faktor genetik dapat menjadi pemicu seseorang terkena stres. Ya, orang yang memiliki riwayat keturunan stres juga bisa meningkatkan risiko stres yang polanya sama.

Berbagai Dampak Stres Pada Wanita

Tak sedikit penelitian yang menemukan kaitan stres dengan berbagai penyakit yang terjadi. Untuk lebih mengetahui keterkaitan, berikut ini sejumlah dampak stres pada wanita yang sebaiknya ada tahu.

Hubungan Stres dan Penyakit Kanker  

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris pada 100 perempuan terungkap fakta bahwa sekitar 25 perempuan yang tingkat stresnya tinggi memiliki risiko untuk terkena penyakit kanker payudara.

Stres merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kanker selain karena faktor genetik dan gaya hidup.

Menurut penelitian juga terungkap bahwa 99 persen penyakit kanker ini terjadi pada perempuan. Kasus penyakit kanker mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Kanker payudara berada pada peringkat kedua dari jenis kanker yang paling banyak terjadi pada perempuan di Indonesia. Untuk peringkat pertama yaitu penyakit kanker serviks.

Sejumlah pasien mengaku bahwa pola makan menjadi salah satu penyebabnya. Agar tidak terjadi, upayakan jangan sampai Anda konsumsi daging maupun minum alkohol secara berlebihan. Sebaliknya, perbanyak mengonsumsi sayuran untuk mencegahnya.

Selain itu mengelola dan meredakan stres merupakan sebuah cara terbaik untuk mencegah kanker. Anda bisa mengupayakan untuk berlibur atau melakukan kegiatan yang Anda suka.

Untuk mencegah dampak stres pada wanita penting pengelolaan yang baik. Kita juga bisa mengupayakan untuk Anda melakukan istirahat yang cukup.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk yang Mudah saat Sedang Beraktivitas

Selain itu mengonsumsi air putih yang banyak juga penting. Jika Anda mengetahui adanya stadium dini penyakit kanker dalam tubuh, upayakan untuk segera memeriksakan ke dokter.

Dampak Buruk Stres Pada Kulit Wajah 

Siapa saja pastinya ingin mempunyai kulit wajah yang cantik, sehat dan berseri. Karena itu berbagai cara perawatan wajah kita lakukan untuk dapat memiliki kulit wajah yang sesuai yang kita idamkan.

Hanya saja ada yang berhasil dengan perawatan wajah yang kita lakukan dan ada juga yang tidak berhasil. Yang tidak berhasil ini pastinya penuh pertanyaan. Apakah kondisi ini merupakan dampak stres pada wanita juga?

Ternyata ketika perawatan kulit yang kita lakukan tidak berhasil, salah satu faktor pemicunya adalah stres. Ya beragam upaya kecantikan kulit yang gagal dapat terjadi karena stres yang ada.

Karena itu sebenarnya manajemen stres harus kita lakukan sejak sekarang untuk menjaga kesehatan kulit. Kalau Anda masih belum percaya bahwa stres dapat memberikan dampak buruk bagi kulit, sebaiknya simak informasi lengkapnya berikut ini!

Mengakibatkan Kulit Jadi Kering

Stres dapat mengakibatkan masalah yang serius pada kulit. Salah satunya adalah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini karena stres dapat menciptakan lubang kecil pada area membran sel sehingga air keluar dari sel.

Dan nantinya kalau hal ini sudah terjadi hormon stres kortisol yang dilepaskan ketika stres akan dapat membuat kulit jadi kehilangan kemampuan dalam menahan air sehingga kelembaban kulit akan jadi berkurang.

Stres Menyebabkan Kulit Berjerawat

Kelenjar minyak sebum pada area kulit memang memiliki reseptor bagi hormon yang memicu stres. Ketika stres terjadi nantinya produksi minyak sebum pada kelenjar memang akan semakin aktif.

Ketika hal ini terjadi akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan juga bakteri pada pori-pori kulit. Ternyata hal ini yang mengakibatkan jerawat akan muncul dengan jumlah yang besar.

Stres Menciptakan Kerutan Pada Kulit

Dampak stres pada wanita juga akan meningkatkan hormon stres. Akibatnya kulit juga akan mengalami peningkatan kadar gula dalam darah. Kelebihan jumlah molekul gula dalam darah dapat merusak kolagen kulit.

Baca Juga: Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

Kondisi inilah yang membuat kulit menjadi lebih kendur, keriput dan juga menimbulkan banyak kerutan. Karena itu supaya hal ini tidak terjadi jangan sampai untuk Anda mengalami stres.

Stres Menimbulkan Iritasi Kulit

Pada bagian epidermis kulit dan lapisan kulit bagian bawah dapat membentuk lapisan pelindung yang kuat. Ini juga dapat membantu dalam menghalau masuknya bakteri pada kulit.

Saat stres terjadi, maka lapisan pelindung akan mengalami kondisi rapuh dan tidak dapat bekerja secara optimal. Karena tidak bisa menghalau masuknya bakteri sehingga kulit akan mudah gatal-gatal, iritasi, kemerahan dan yang lainnya.

Itulah informasi tentang dampak stres pada wanita yang sebaiknya kita waspada. Karena itu penting mengelola berbagai tekanan yang ada agar tidak malah merugikan tubuh. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu