Daun Kelor untuk Jerawat dan Manfaatnya Buat Kulit Wajah

daun kelor untuk jerawat dan manfaatnya untuk kulit wajah
Ilustrasi daun kelor untuk jerawat. Foto : Ist/Net

Daun kelor untuk jerawat di wajah? Daun kelor memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit. Mulai dari mencegah penuaan, melembabkan bibir hingga mengatasi masalah jerawat.

Tanaman kelor banyak terdapat di Indonesia, baik di dataran rendah maupun tinggi. Daun kelor banyak berperan dalam dunia kecantikan, biasanya pemanfaatan daun kelor sebagai ekstraknya. Bagian itu yang memiliki manfaat untuk wajah dan kulit.

Inilah Manfaat Daun Kelor untuk Jerawat dan Masalah Kulit Wajah 

Daun kelor sangat bermanfaat untuk dijadikan bahan herbal, karena memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Kandungan vitamin A, vitamin C, zat besi, protein, dan kalsium yang daun kelor miliki dianggap lebih banyak dari sayur-sayur lainya. 

Ada juga kandungan di dalam daun kelor yang dapat untuk menyembuhkan dan menghilangkan jerawat, di antaranya:

Sebagai Antioksidan

Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat Bernanah dengan Bahan Alami yang Efektif

Manfaat daun kelor untuk jerawat yang pertama adalah dengan adanya kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan antioksidan dalam daun kelor dapat membantu untuk menjaga kulit supaya tidak terlihat kusam atau mudah terserang bakteri penyebab jerawat.

Untuk mempraktekkannya agar mendapat khasiatnya, anda hanya perlu mengolah daun kelor menjadi krim, anda juga bisa menambahkan madu.

Anda dapat menggunakan krim ini selama 15 -30 menit. Setelah selesai anda bisa membilasnya dengan air hangat. Gunakan masker ini setiap hari sebelum tidur.

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun kelor yang kedua dapat mengatasi jerawat. Manfaat yang atau ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena protein dan vitamin yang terdapat dalam daun kelor terbukti dapat mengatasi jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, anda hanya perlu menghaluskan daun kelor. Lalu tambahkan dengan madu atau buah naga untuk dijadikan masker wajah.

Tunggu hingga 30 menit, anda hanya perlu menggunakan masker ini 2 hari sekali dalam sebulan. Maka kulit wajah kalian terjamin bebas dari jerawat.

Baca Juga : Rekomendasi Masker Bilas Terbaik untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat daun kelor untuk jerawat yang ketiga yakni dapat mengatasi kulit berminyak. Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan vitamin A,E,dan C yang dapat mengatsi masalah kulit berminyak.

Untuk merasakan khasiatnya anda dapat menjadikannya sebagai masker, anda juga dapat menambahkan alpukat untuk meningkatkan kandungan vitamin E di dalamnya. 

Menghilangkan Flek Hitam

Seseorang yang memiliki masalah berjerawat pasti akan mengalami kondisi ini. Flek hitam memang mengganggu penampilan, namun sudah dapat diatasi dengan daun kelor yang digunakan sebagai masker.

Anda dapat menambahkan madu dan temulawak kedalam masker agar mendapat hasil yang maksimal.

Mengatasi Mata Panda

Manfaat daun kelor yang lainya untuk menghilangkan mata panda. Mata panda biasanya terjadi karena anda terlalu sering begadang, sedang haid, atau kelelahan.

Kondisi wajah seperti ini jelas akan mengganggu saat beraktifitas di luar, apalagi mata panda itu sangat sulit untuk dihilangkan. Namun anda tidak perlu lagi khawatir, karena permasalahan mata tersebut dapat hilang dengan menggunakan daun kelor.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak yang Efektif dan Mudah

Daun ini mengandung vitamin A,B6 dan kandungan protease yang sangat penting. Untuk menghilangkan mata panda, anda hanya perlu daun kelor tanpa campuran apapun untuk dijadikan masker.

Mencegah Penuaan dan Kerutan

Selain manfaat daun kelor untuk jerawat, juga berguna untuk mencegah kerutan. Kerutan pada wajah pasti akan muncul seiring bertambahnya umur, hal yang menjadi penyebab utamanya yakni polusi, mudah marah, makanan yang tidak sehat, merokok dan masih banyak lagi. 

Bagi anda yang ingin menghilangkan kerutan di wajah, anda dapat mengkonsumsi kapsul daun kelor. Dengan tujuan untuk meningkatkan kadar dopamine dan serotonin. Jika anda menggunakan selama 40 hari, maka daun kelor juga dapat mencegah penuaan dini.

Mengangkat Sel Kulit Mati 

Manfaat yang lainnya yakni dapat mengangkat sel kulit mati. Vitamin yang berada di dalam daun kelor telah terbukti ampuh untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. 

Cara ini dapat anda pakai dengan cukup mudah, anda hanya perlu menempelkan daun kelor yang sudah dihaluskan di sel kulit mati. 

Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori yang besar biasanya muncul Karena bekas jerawat atau terkena paparan matahari. Cara yang dapat anda pakaipun cukup mudah yakni menggunakan daun kelor untuk masker. Bila penggunaan secara rutin, maka akan menghasilkan hasil yang luar biasa.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk jerawat dan masalah kulit lainnya. Dengan demikian, anda menjadi sudah tahu dari manfaat daun kelor untuk perawatan kulit. Ternyata daun kelor tidak sekedar sayur yang berprotein tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah