Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita PangandaranDi Pangandaran, Rajin Salat Berjamaah Bisa Dapat Hadiah Domba

Di Pangandaran, Rajin Salat Berjamaah Bisa Dapat Hadiah Domba

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Warga Pangandaran, Jawa Barat, yang rajin salat berjamaah akan berkesempatan mendapatkan hadiah seekor domba dari pengurus DKM.

Adalah pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Falah, Dusun Sidahurip, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Pangandaran, yang menginisiasi pemberian hadiah ini.

Seorang pengurus DKM Masjid Al-Falah Suhana (53) mengatakan, pemberian hadiah domba ini dilakukan pengurus DKM agar masyarakat rajin menjalankan salat berjamaah tepat waktu di masjid.

“Bonus utama berupa seekor domba, kita berikan kepada masyarakat yang paling giat salat berjamaah atau yang paling banyak mengumpulkan poin,” ujar Suhana, Sabtu (13/3/2021).

Selain bonus utama seekor domba, setiap harinya DKM Masjid Al Falah memberikan bonus berupa minuman hangat seperti teh, kopi dan susu kepada jamaah masjid.

Adapun poin yang pengurus DKM berlakukan untuk setiap waktu salat berjamaah berbeda-beda.

Untuk poin salat Isya 1, salat subuh 5, salat dzuhur 1, salat ashar 5 dan untuk salat magrib 1 poin.

“Untuk waktu Subuh dan Ashar kita kasih poin 5 karena para pengurus menganggap waktu merupakan waktu yang paling sulit, jadi wajar jika poinnya berbeda dengan waktu waktu lainnya,” paparnya.

Dana pemberian bonus bagi warga yang paling rajin salat berjamaah ini berasal dari hasil dari sodakoh para jamaah dan dari kotak amal yang ada di masjid.

Lebih lanjut Suhana mengatakan, uang dari sodakoh para jamaah itu bukan hanya untuk pemberian bonus saja.

“Namun uang dari sodaqoh itu kita juga gunakan untuk pengerasan gang-gang kecil di lingkungan ke DKMan untuk membeli batu koral, pasir dan semen. Sementara pengerjaanya kita swadaya,” jelas Suhana.

Tak hanya sodaqoh berupa uang, setiap harinya selalu ada masyarakat yang memberikan beras ke tempat yang sudah tersedia di masjid.

“Beras itu juga bisa warga ambil jika memang membutuhkannya,” ucapnya.

Pemberian bonus hadiah domba bagi warga yang paling rajin salat berjamaah ke masjid ini berlaku setiap empat bulan sekali. (Enceng/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -