Pimpin DPC PKB Kota Banjar, Gun Gun Fokus Ciptakan Kader Inti

DPC PKB Kota Banjar
Muscab DPC PKB Kota Banjar yang berlangsung di Aula Munas Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- DPC PKB Kota Banjar kembali memilih pemimpin baru periode 2021-2026 dalam Muscab yang berlangsung di Aula Munas Ponpes Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Minggu (7/3/2021).

Dalam Muscab yang berlangsung secara serentak seluruh Indonesia ini, KH Gun Gun Gunawan Abdul Jawad kembali terpilih menjadi pimpinan partai berlambang bola dunia 5 tahun ke depan.

Sebelumnya, ia juga memimpin PKB Kota Banjar periode 2018-2023. Namun sesuai hasil Muktamar Bali beberapa waktu lalu mengharuskan periode kepemimpinan sama di seluruh Indonesia.

Kang Gun Gun, sapaan akrabnya, mengatakan, terpilihnya kembali ia menjadi pucuk pimpinan partai menjadi tantangan tersendiri untuk kepengurusan selanjutnya.

Apalagi, sesuai dengan harapan musytasyar agar PKB Kota Banjar di tahun 2024 harus mampu melipatgandakan jumlah kursi di DPRD yang saat ini hanya 3 menjadi 6.

“Tentu saja ini menjadi sebuah spirit bagi kami untuk mewujudkan hal itu. Apalagi sekarang PKB memiliki tagline peduli umat melayani rakyat sebagai representasi dari masyarakat kita, yakni agamis dan nasionalis,” katanya.

baca juga: Menjelang Tatanan Normal Baru, PKB Kota Banjar Minta Pemerintah Perhatikan Pondok Pesantren

Strategi Kepengurusan DPC PKB Kota Banjar

Menjawab tantangan itu, Gun Gun bersama pengurus baru akan memfokuskan untuk menciptakan kader inti yang mana tidak hanya namanya masuk dalam struktural, tapi bisa lebih aktif mengajak dan menjalankan program partai.

Bahkan, lanjutnya, pengurus yang sebelumnya hanya sampai pada tingkat ranting atau desa ke depannya akan membentuk sampai tingkat RT.

Hal terinspirasi dari partai-partai besar yang lebih dahulu menerapkan pola itu untuk menciptakan kader yang militan.

“Partai kita lahir di era reformasi, jadi akan terus berbenah bagaimana supaya kita terus memperbaiki apa yang sudah kita kerjakan dalam melayani masyarakat,” imbuhnya.

Tak hanya itu, kepengurusan di jajaran tanfidz juga saat ini didominasi oleh kalangan muda-mudi. Sementara di dewan syuro merupakan para kesepuhan di PKB.

Kampanye Panggilan Baru

Ketua DPC PKB Kota Banjar terpilih Gun Gun menambahkan, sebagaimana intruksi dari DPW PKB Jabar, saat ini seluruh pengurus maupun simpatisan partai mulai membiasakan pemanggilan sesuai dengan kearifan lokal Jawa Barat.

Seperti halnya untuk panggilan para kesepuhan atau dewan syuro dengan sapaan Kang Ajengan. Sedangkan di tanfidz atau kalangan muda dengan Kang Bro.

Sementara untuk kalangan perempuan dengan panggilan Teh Neng bagi tokoh perempuan, seperti halnya anak ajengan. Sedangkan untuk umumnya Teh Sis.

“Tentu saja ini sesuatu yang baru agar kita lebih akrab lagi, apalagi dengan sapaan yang sudah familiar di Jawa Barat ini. Semoga DPC PKB Kota Banjar ke depan menjadi lebih baik lagi dalam merealisasikan harapan masyarakat,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid