Drama Joseon Exorcist Berhenti Tayang Akibat Kontroversi

Drama Joseon Exorcist
Drama Joseon Exorcist berhenti tayang. Foto: Ist/Net

Drama Joseon Exorcist berhenti tayang secara resmi. Seorang staf produksi mengatakan kepada Ilgan Sports pada Kamis (25/3/2021), bahwa penonton tidak akan dapat melihat kisah drama Korea ini.

Sutradara Shin Kyung Soo menghubungi para aktor satu per satu untuk memberitahu mereka tentang penghentian drama tersebut.

Kru produksi mengumumkan bahwa penayangan minggu depan dibatalkan, kemudian iklan dan sponsor mundur satu per satu. Minat publik telah berpaling, sehingga penayangannya tidak memungkinkan untuk berlanjut dan hanya sampai episode dua.

Alasan Drama Joseon Exorcist Berhenti Tayang

Meski mendapat rating menjanjikan yaitu 8,9 persen, episode pertama mendapat kritikan pedas. Drama yang ditulis oleh Park Hye Ok ini dianggap menyimpang dari sejarah.

Kontroversi bermula dari penggambaran Raja Taejong  yang menggunakan peralatan khas China di era Joseon 1392-1910. Ia melakukan pembunuhan massal karena berhalusinasi tentang mendiang ayahnya.

Baca Juga: Drama Korea Bertukar Jiwa Terbaru, Sukses Bikin Ketawa Penonton

Raja Taejong kemudian memerintahkan Pangeran Chungnyeong untuk melakukan perjalanan ke perbatasan Dinasti Ming akibat serangan zombie. Di sanalah Pangeran bertemu dengan penerjemah Marco.

Adegan itu mendapat kritikan karena menampilkan makanan khas China seperti kue bulan dan telur pitan, sehingga drama Joseon Exorcist berhenti tayang.

Terkait penggunaan alat dan makanan khas China, tim produksi buka suara. “Karena menjadi lokasi lalu lintas orang China, kami menggunakan imajinasi kami dalam menyiapkan alat peraga yang berdekatan dengan Dinasti Ming,” ungkap SBS kepada Sports Kyunghyang.

Ditinggal Sponsor, Pemain Hapus Foto Promosi

Akibat dari kritikan tajam, beberapa perusahaan yang menjadi sponsor Joseon Exorcist menarik semua iklan dari drama tersebut.

Cozyma, perusahaan merk kursi pijat menegaskan bahwa kini mereka tidak terlibat dalam drama tersebut. Menyusul Hoguanwon, merk perawatan kesehatan juga memutus kontrak dengan mengatakan bahwa mereka tidak tahu detail alur cerita.

Pihak Hoguanwon mengklaim tidak mendapatkan naskah atau sinopsis saat menandatangani perjanjian. Setelah mengetahui berita tersebut, pihak Hohuanwon langsung langsung meminta penghentian.

Baca Juga: Drama Daebak Real Estate, Jang Na Ra Sebagai Pengusir Setan

Karena pembatalan sponsor, perusahaan produksi mengalami kerugian finansial. Pada hari Jumat (26/3), SBS merilis pernyataan resmi bahwa drama Joseon Exorcist berhenti tayang.

Para aktor dan aktris yang membintangi drama sageuk ini mulai menghapus foto promosi di akun Instagram.

Dongjun dan Hyesun menghapus poster drama hingga keseruan di balik layar saat syuting. Sedangkan Gam Woo Sung yang memerankan Raja Taejong justru menutup akun Instagramnya dari publik.

Shin Hye Sun Mulai Menerima Kritik

Di tengah kontroversi yang berlangsung seputar drama Joseon Exorcist, aktris Shin Hye Sun juga mulai menerima kritikan dari publik. Pemicunya adalah drama Mr. Queen yang ia bintangi baru-baru ini.

Mr. Queen yang juga ditulis oleh Park Hye Ok merupakan drama bersejarah yang mengambil setting era Joseon. Shin Hye Sun yang berperan sebagai Ratu Cheorin atau Kim So Yong mulai menerima respons negatif atas penampilannya di drama tersebut.

Netizen mengklaim bahwa Mr. Queen mirip dengan Joseon Exorcist yang mengejek sejarah Korea Selatan. Aktris kelahiran 1989 itu dituduh menjual negaranya sendiri untuk perusahaan iklan ayam goreng sebagai karakternya di Mr. Queen.

Kebencian netizen juga terlihat ketika perusahaan masker We Must M mengumumkan Shin Hye Sun sebagai model baru mereka. Netizen meminta agar Shin Hye Sun dicopot sebagai model di tengah kontroversi yang menyebabkan drama Joseon Exorcist berhenti tayang. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu