Epic Game Fortnite Battle Royal Mengakuisisi Fall Guys

Epic Game Fortnite
Epic Game Fortnite. Foto: epicgames

Epic Game Fortnite mengaku mengakuisisi Tonic Game Group atau Studio Video Game Mediatonic, yakni perusahaan yang sudah mengembangkan game terpopuler Fall Guys.

Ungkapan Tim Sweeney mengenai hal itu, karena adanya misi yang sama. Namun ada informasi secara detail mengenai nilai akuisisi. 

Bahkan Epic Game Fortnite tersebut tidak hanya sekali ini mengakuisisi perusahaan lain. Namun menurut informasi, Epic Game telah tiga kali melakukannya ke perusahaan yang memiliki nama terbesar.

Tidak hanya Mediatonic saja, namun juga Fortitude Games yang turut diakuisisi. Hal ini karena ingin membangun masa depan virtual sehingga membutuhkan kreatifitas, skill, serta talenta merancang game.

Bahkan juga pengalaman maupun konten. Sebelumnya, Epic Game telah membeli apk video House Party, Rocket League, dan pengembang Psyonix. 

Baca Juga: Apex Legends Mobile Buatan Tencent Bakal Rilis Segera

Kelanjutan Informasi Terkait Akuisisi Epic Game Fortnite

Epic merupakan perusahaan game yang sukses di California Utara. Ini merupakan developer battle Royale Fortnite. Dengan pengumuman serta pengakuan Epic Game Fortnite mengenai akuisisi tersebut, membuat para penggemar khawatir akan cross play, mode squad, ekspansi konsol game, serta sistem akunnya.

Hal ini berhubungan dengan kelangsungan Fall Guys. Namun kekhawatiran tersebut langsung ditepis Epic dengan penjelasannya bahwa game masih akan menyajikan tantangan dan keseruan sehingga dapat terus berkembang nantinya. 

Game Fall Guys memang telah hits pada peluncuran saat musim panas silam, bahkan langsung menjadi magnet untuk jutaan pengguna.

Sedikit cerita, Fall Guys melibatkan sekitar 60 pemain yang harus melewati rintangan untuk memenangkan mahkota. Dari mata uang tersebut, dapat pengguna pakai untuk membeli barang kosmetik. 

Fakta Kesuksesan Game Fortnite dan Fall Guys

Para penggemar pasti sudah mengetahui kepopuleran game tersebut. Keduanya merupakan game battle royal yang sangat terkenal dan sukses hingga saat ini. 

Fortnite rilis sejak 2017 dan telah memiliki 350 juta pemain di dunia. Dengan kesuksesannya tersebut, menarik para investor besar untuk berinvestasi pada Epic Game Fortnite. Bahkan pihak Sony juga menginvestasikan dananya sebesar US$ 250 juta untuk Epic. 

Menurut informasi, hingga saat ini valuasi yang sudah masuk ke perusahaan Epic mencapai US$ 17,3 miliar. Tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan Epic Game Fortnite. 

Baca Juga: Situs Download Game PC Gratis Paling Lengkap, Dijamin Legal

Hasil Akuisisi

Setelah berakhirnya akuisisi tersebut, Fall Guys tetap akan tersedia pada Steam rival Epic Game Store. Keputusan perusahaan Epic, Fall Guys nantinya tidak akan menjadi game gratis. 

Fall Guys atau Fall Guys: Ultimate Knockout merupakan game battle royal yang rilis bulan Agustus 2020 untuk PC dan PS4. Selama pandemi game ini menjadi lebih meningkat kepopulerannya seperti game indie Among Us. Sebenarnya pembuatan Fall Guys tersebut terinspirasi dari Benteng Takeshi. 

Perseteruan Epic dan Apple

Perusahaan Epic Game Fortnite sebelumnya mengalami perseteruan hukum dengan pihak Apple. Hal ini berkaitan dengan  kebijakan App Store yang sempat mengalami masalah. 

Sebelumnya Epic ingin menuntut Apple mengenai game Fortunite. Namun dari pengadilan Inggris Raya mengungkapkan sebaiknya kasus tersebut lanjut di Amerika saja.

Hal ini berkaitan dengan masalah keduanya yang tak kunjung selesai hingga mengakibatkan game Fortunite dihapus dari aplikasi App Store. 

Memang Epic menerbitkan game Fortunite versi mobile ke aplikasi App Store dengan memasukkan metode pembelian. Hal ini dilakukan untuk menghindari fee 30% yang tersedia untuk Apple. Sehingga muncullah penghapusan oleh Apple dan berujung pada gugatan dari Epic. 

Baca Juga: Cara Bermain Among Us, Begini Triknya Biar Main Game Makin Seru!

Perusahaan Epic Game Fortnite sendiri telah mempertimbangkan mengenai perlawanan terhadap Apple. Namun dari Apple maupun Google tidak menanggapi keputusan dari pengadilan tersebut. 

Sehingga pada bulan Oktober lalu, hakim di California mengeluarkan perintah kepada Apple bahwa pihak Apple berhak memblokir game Fortunite buatan Epic dari App Store. 

Hal itu dengan syarat, pemblokiran tidak mengganggu alat pengembang Unreal Engine yang sudah terpakai ratusan pengembang. Fall Guys menggunakan mesin game Unity, yakni saingan platform Epic Unreal. 

Perusahaan Epic sendiri memiliki keyakinan dan harapan untuk dapat menghadirkan fitur yang mantap serta gaya Fortnite ke Fall Guys sehingga tercipta inovasi terbaik kedepannya untuk para penggemar. 

Dengan Epic Game Fortnite yang sudah melesat sebelumnya, maka masa depan Fall Guys juga akan terus berkembang kedepannya.