Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruEs Buah Pala Khas Bogor, Minuman Legendaris dengan Beragam Khasiat

Es Buah Pala Khas Bogor, Minuman Legendaris dengan Beragam Khasiat

Es buah pala merupakan salah satu minuman khas Bogor dengan cita rasa khas. Konon, minuman tradisional ini telah hadir sejak masa penjajahan Belanda.

Dengan kesegaran alami yang sangat disukai, cara pembuatan minuman ini pun cukup sederhana dan mudah. Maka tidak heran jika minuman tradisional khas Bogor ini populer di kalangan masyarakat setempat. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapatkan.

Terbuat dari bahan baku pala yang diiris-iris, ditambahkan dengan gula pasir, dan sedikit garam. Semua bahan tersebut selanjutnya direbus dan ditambahkan dengan es batu sebelum disajikan.

Berasal dari buah pala segar, maka minuman tradisional ini memiliki aroma yang harum dan segar. Selain itu, dengan sari buah segar, menjadikannya sangat cocok untuk anda minum saat cuaca sedang panas.

Minuman Es Buah Pala Khas Bogor

Kota Bogor selain populer dengan keindahan alamnya, juga terkenal dengan beragam wisata kulinernya. Berbagai jenis makanan dan minuman khas menjadi buruan para wisatawan.

Baca Juga: Permintaan Minuman Jahe Merah Asal Kujangsari Banjar Meningkat

Salah satunya adalah es buah pala yang sangat menyegarkan. Sejak tahun 1950an, es buah pala telah hadir di kalangan masyarakat Bogor.

Hingga saat ini minuman tradisional yang cukup legendaris ini pun mampu bertahan serta masih cukup populer di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, minuman segar yang terbuat dari campuran air sari pala, gula, dan irisan buah pala ini wajib anda cicipi saat berkunjung ke Kota Hujan ini.

Rasanya yang manis dan asam, anda tambahkan dengan es batu tentu menambah rasa segar tidak kalah dengan minuman lainnya.

Baca Juga: Sejarah Jus Honje Jadi Minuman Khas Pangandaran

Es buah pala sangat pas anda nikmati dalam cuaca terik. Sehingga mampu sebagai pengusir dahaga yang sangat menyegarkan. Minuman ini akan terasa berbeda dari jenis minuman lain sejak tegukan pertama.

Meskipun tampilannya sederhana, akan tetapi minuman ini memiliki wangi khas dari buah pala yang berpadu dengan rasa manis dan sedikit asam sangat menggugah selera.

Khasiat Es Buah Pala Bogor

Buah pala sangat mudah anda temukan di kota Bogor, karena buah ini merupakan buah khas Kota Hujan ini. Buah pala mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah dapat menyingkirkan racun dari tubuh. Dengan kata lain, buah khas Bogor ini mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Baca Juga: Resep Minuman Bandrek Khas Bandung Nikmat, Berkhasiat Bagi Tubuh

Khasiat lain yang dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi minuman tradisional khas Bogor cukup beragam. Mulai dari mengatasi insomnia, rasa mual, bau mulut, gangguan pencernaan, hingga rasa nyeri saat datang bulan bagi kaum perempuan.

Maka mengkonsumsi es buah pala, selain dapat menikmati kesegarannya, anda pun bisa memperoleh beragam manfaat untuk tubuh.

Resep Es Buah Pala Khas Bogor

Seperti yang terulas sebelumnya, minuman tradisional khas Bogor ini terbuat dari bahan baku buah pala segar. Selanjutnya buah pala anda iris-iris dan campurkan dengan gula pasir. Tambahkan sedikit garam.

Semua bahan selanjutnya anda rebus. Untuk penyajiannya perlu tambahkan es batu untuk memperoleh rasa yang semakin segar. Kesegaran buah pala mampu menghadirkan aroma khas pada minuman ini.

Pada umumnya, es buah pala terbuat dari buah pala yang melalui proses perendaman menggunakan air gula yang selanjutnya melalui proses kemas dengan plastik kecil seperti halnya manisan. Rasa manis serta asam menyatu sehingga mampu menghasilkan kesegaran tersendiri saat anda nikmati .

Dalam pembuatan minuman ini, kualitas merupakan hal utama. Mulai dari pemilihan buah segar, kualitas bahan, hingga pembuatan sirup ataupun gula yang sesuai dengan takaran.

Selain dapat anda nikmati dalam keadaan dingin, ternyata minuman ini juga bisa anda minum dalam keadaan hangat. Maka anda pun dapat menikmatinya sesuai dengan selera.

Jika ada ingin merasakan dalam keadaan hangat, maka penyajiannya dalam keadaan hangat. Tentunya namanya turut berubah menjadi wedang pala.

Bagi anda yang ingin merasakan jenis minuman berbeda daripada lainnya saat berkunjung ke kota Bogor, es buah pala merupakan pilihan yang tepat. Anda dapat menemukan banyak pedagang minuman khas ini di Kota Hujan ini. Satu porsi es pala dapat anda nikmati seharga Rp. 7.000 – Rp 10.000. Cukup terjangkau bukan? (R10/HR-Online)

- Advertisment -