Fakta Seputar Telur Puyuh yang Wajib Anda Ketahui

Fakta Seputar Telur Puyuh yang Wajib Anda Ketahui
Fakta Seputar Telur Puyuh. Foto : Net/Ist

Fakta seputar telur puyuh memang jarang banyak orang tahu. Padahal, masyarakat Indonesia tidak sedikit yang menyukai telur puyuh ini, baik itu diolah menjadi masakan atau langsung dimakan setelah direbus.

Seperti kita ketahui, bahwa telur merupakan salah satu makanan yang mengandung protein, tak terkecuali dengan telur puyuh.

Telur yang berwarna zebra ini berasal dari salah satu unggas yang biasanya dijadikan sebagai ternak, yakni burung puyuh.

Fakta Seputar Telur Puyuh, Apa Saja?

Tidak hanya telur ayam, telur yang berasal dari burung puyuh ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja? berikut ulasannya.

Telur Puyuh Baik Untuk Perkembangan Otak

Telur puyuh memiliki banyak kandungan yang sangat tubuh perlukan, seperti protein, lemak, vitamin kolin dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, maka pastikan bahwa anak Anda rutin mengonsumsi telur puyuh, karena selain baik bagi tubuh, dapat juga membantu perkembangan otak. Jika rutin mengonsumsinya, maka daya ingat pada anak akan semakin meningkat.

Sediakanlah telur puyuh beberapa butir saat sarapan untuk anggota keluarga Anda. Jika tidak biasa sarapan, maka bisa dengan membawakan buah hati Anda bekal telur puyuh untuk dimakan di sekolah. Dengan begitu maka anggota keluarga Anda akan menjadi sehat.

Kuning Telur Puyuh Bermanfaat Untuk Mata

Fakta seputar telur puyuh lainnya adalah bisa bermanfaat untuk kesehatan mata. Salah satu penyakit pada mata adalah ablasi retina, yakni lepasnya retina dari sebuah jaringan yang menahannya.

Retina memiliki peran penting, yakni menangkap cahaya dari luar lalu diubah menjadi sinyal saraf.

Seseorang yang terkena ablasi retina, maka bisa kehilangan penglihatannya. Namun ada salah satu makanan yang bisa menjaga retina tetap bisa berfungsi dengan baik.

Mengonsumsi secara rutin telur puyuh dapat menjaga fungsi retina pada mata, sehingga penglihatan Anda pun tetap terjaga.

Mengapa demikian? Karena pada kuning telur terdapat zat bernama lutein dan zeaktasin. Adapun 2 kandungan tersebut dapat membantu kesehatan mata.

Fakta seputar telur puyuh yang satu ini sangat menarik bukan? Maka konsumsilah telur puyuh secara rutin.

Memiliki Kandungan Protein yang Tinggi

Fakta selanjutnya adalah telur puyuh memiliki kandungan protein hewani yang besar. Protein hewani sangat baik bagi perkembangan otak, hormon esterogen pada wanita dan testosterone bagi laki-laki.

Selain itu, protein hewani juga sangat penting bagi pembentukan sel darah merah.

Fakta Seputar Telur Puyuh Baik Untuk Ibu Hamil

Telur yang satu ini memiliki kandungan bernama kolin, yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Akan tetapi tidak hanya itu, karena kolin juga bisa membantu seseorang agar tidak terkena resiko keguguran, bayi cacat serta kematian.

Jadi, dengan memakan atau mengonsumsinya terlebih untuk ibu hamil, maka bisa menjaga sang calon buah hati.

Membuat Awet Muda

Fakta seputar telur puyuh yang lainnya adalah bisa mengurangi resiko penuaan. Seseorang yang sudah mencapai usia 30-an pasti sudah mulai mengalami keriput pada wajah dan tangan.

Baca Juga : Manfaat Putih Telur untuk Wajah dan Cara Membuat Maskernya

Akan tetapi, jika Anda ingin mengurangi tingkat penuaan, rajinlah untuk mengonsumsi telur puyuh. Hal tersebut berkat adanya zat bernama litein. Zat itu akan mengurangi tingkat penuaan hingga mencapai 40%, maka Anda akan awet muda.

Meningkatkan Stamina Pria

Apabila membandingkannya dengan telur ayam, untuk telur puyuh ini lebih banyak mengandung kalsium, fosfor, protein, serta beragam vitamin. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk pria dewasa, yaitu menambah stamina.

Saat telur burung puyuh tersebut masuk ke dalam tubuh, kalsium, fosfor, protein dan lainnya menjadi sumber makanan buat kelenjar prostat.

Jadi, untuk Anda pria dewasa yang ingin kuat stamina secara alami, maka jangan segan-segan untuk mengonsumsi telur puyuh tersebut. Menarik bukan fakta seputar telur puyuh, yang ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto