Ferrari SF90 Stradale Resmi Rilis di Indonesia, Hadir dengan Tenaga Buas

Ferrari SF90 Stradale
Ferrari SF90 Stradale. Foto: Ist/Net

Ferrari SF90 Stradale akhirnya resmi meluncur di Indonesia pada Sabtu 13 Maret 2021 lalu. Supercar terbaru ini resmi diluncurkan oleh PT Eurokars Prima Utama yang merupakan agen pemegang merek atau APM baru dari Ferrari Indonesia.

Kehadiran supercar satu ini harapannya mampu memperkuat eksistensi merek Ferrari. Lalu memenuhi hasrat para penggemarnya di Indonesia.

Baca Juga : Kelebihan Ferrari F8 Tributo, Ini Ulasan Lengkapnya

Seperti yang kita ketahui, merek Ferrari Indonesia mempunyai potensi yang sangat bagus serta memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Dengan nama besar Ferrari serta hadirnya manajemen baru harapannya akan mampu membuat market Ferrari terus ada serta populer. Kehadiran mobil terbaru Ferrari ini memang sangat dinantikan para penggemarnya serta pengguna Ferrari Tanah Air.

Mengenal Ferrari SF90 Stradale

Pada awal tahun 2021 di Indonesia, Ferrari akhirnya resmi meluncurkan model plug-in hybrid pertama mereka. Model tersebut adalah Ferrari SF90 serta dapat dipastikan para penggila Ferrari Indonesia sudah bisa memesannya.

Meskipun menyandang gelar sebagai mobil ramah lingkungan pertama Ferrari, akan tetapi bukan berarti mobil ini tidak dapat galak di atas aspal.

Penting untuk anda ketahui, Ferrari SF90 Stradale plug-in hybrid ini mempunyai mesin turbo 90 derajat V8 yang terbukti mampu menghasilkan tenaga hingga 780 daya kuda.

Baca Juga : Ferrari Purosangue SUV 2021 Segera Diproduksi, Bawa Pondasi Roma GT

Lalu mempunyai output daya tertinggi dari semua mesin 8 silinder yang tercatat dalam sejarah Ferrari.

Baik pada bodi hingga pelek terbuat dari karbon. Saat menggunakan tenaga listrik, mobil ini mampu mencapai 25 km.

Para pecinta serta penggemar Ferrari Tanah Air memang telah mengadang-gadang kehadiran Ferrari SF90 Stradale.

Dengan status sebagai plug in hybrid pertama dari Ferrari, SF90 Stradale merupakan supercar yang tercipta secara khusus untuk merayakan 90 tahun tim balap Formula 1 scuderia Ferrari.

Spesifikasi Ferrari SF90 Stradale

Seri SF90 Stradale terbangun pada platform baru dengan mengusung teknologi hybrid seri paralel. Seri ini pengembangannya secara khusus dari mobil balap Formula 1 Ferrari.

Hadir dengan jenis hybrid seri paralel, maka mesin bensin yang tersemat pada mobil ini tidak hanya berfungsi sebagai penggerak.

Baca Juga : Toyota X Prologue Hadir Pekan Depan Lebih Menggoda, Ini Dia Infonya

Akan tetapi, juga berfungsi untuk mengisi daya baterai melalui sistem regenerative braking. Mengenai mesin bensinnya, SF90 Stradale telah mengadopsi mesin yang sama dengan Ferrari 488Pista.

Mesin tersebut berkonfigurasi V8 Twin Turbo. Perbedaan dari keduanya jika pada 488 Pista mempunyai kubikasi 3.902 dk. Sedangkan pada SF90 Stradale memiliki kubikasi yang lebih besar yakni 3.990cc.

Dengan kubikasi yang lebih besar, maka tenaga dari mobil ini pun dapat meningkat hingga 769 daya duka. Lalu memiliki torsi maksimum 800 Nm.

Mesin bensin tersebut selanjutnya akan terkombinasikan dengan baterai lithium-ion dan kapasitas 7,9 kWh.

Lalu 3 motor listrik MGU-K atau Motor Generator Unit-Kinetic yang masing-masing terletak pada bagian depan sebanyak 2 buah serta 1 bagian pada bagian belakang.

Sedangkan pada motor listriknya menghasilkan tenaga 217 dk. Dengan demikian, apabila kita total, mobil Ferrari terbaru ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 986 dk.

Tenaga serta torsi sebesar itu, kemudian akan tersalurkan ke seluruh roda. Melalui sistem transmisi otomatik dengan percepatan 8 percepatan serta menggunakan kopling ganda.

Kelebihan Lain Ferrari SF90 Stradale

Dengan spesifikasi yang buas dan juga bobot hanya mencapai 1.570kg, menjadikan SF90 Stradale ini mampu melesat dari diam hingga mencapai 100 km per jam. Hal ini ia lakukan hanya dalam waktu 2,5 detik saja.

Istimewanya lagi, dalam kondisi baterai full Ferrari SF90 Stradale mampu terpakai dengan modul full listrik atau eDrive sejauh 25km.

Sedangkan untuk pengisian daya listriknya, dengan memanfaatkan portable charging, mobil ini memerlukan waktu antara 8 hingga 9 pengisian.

Menariknya lagi, sebagai sebuah supercar, SF90 Stardale juga memperoleh bekalan 5 pilihan modus berkendara. Lalu 4 pilihan modus drive unit.

Untuk pilihan modus berkendaranya terdiri dari CT-Off, ESF Off, Spot, Race, serta Wet. Sedangkan untuk modus drive unitnya, terdiri dari Performance, Quality, Hybrid (standar), dan eDrive.

Mengenai harga, meski telah resmi meluncur, akan tetapi Eurokars Prima Utama belum menjelaskan secara pasti dari Supercar plug-in hybrid pertama dari Ferrari ini. Dengan beragam kelebihan serta keistimewaan yang tersemat, maka SF90 Stradale ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi anda penggemar Ferrari. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto