Fitur Aplikasi MyHeritage Trending, Cara Praktis Hidupkan Memori Lawas

Fitur Aplikasi MyHeritage
Ilustrasi Fitur Aplikasi MyHeritage. Foto: Ist/Net

Fitur aplikasi MyHeritage saat ini sedang trending di media sosial. Pasalnya, aplikasi ini dapat mengubah foto jadul menjadi seolah-olah hidup kembali.

Sejumlah warganet membagikan foto statis lawas yang dapat bergerak, seperti halnya dalam video GIF. Ternyata, foto statis tersebut telah melalui proses edit dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Aplikasinya bernama Deepfake MyHeritage. Banyak pengguna yang mengedit foto keluarga atau kerabat yang telah tiada dengan manfaatkan aplikasi ini.

Tujuan dari aktivitas adalah untuk bernostalgia dengan mereka. Bahkan ada yang iseng mengedit foto para tokoh legendaris yang telah tiada. Selanjutnya foto-foto tersebut mereka unggah ke media sosial seperti Twitter atau TikTok.

baca juga: HP Oppo yang Support Gcam, Foto Detail Berkualitas dengan Fitur Keren

Mengenal Fitur Aplikasi MyHeritage

Penting untuk anda ketahui, Deepfake merupakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat membuat video ataupun audio palsu dengan menggunakan referensi material yang sudah ada.

Pada umumnya, Deepfake memerlukan adanya pelatihan menggunakan referensi materi dengan jumlah yang cukup banyak. Seperti halnya video, foto, serta suara yang lebih banyak.

Maka semakin banyak materi referensi, hasilnya pun akan kian akurat. Dari sinilah AI dapat memetakan wajah dari sebuah foto serta membuatnya lebih hidup.

baca juga: HP Xiaomi Ultra Wide Spesifikasi Mumpuni, Cocok untuk Fotografi Outdoor

Kemampuan teknologi inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh aplikasi MyHeritage. Pada Februari 2021 lalu, mereka berhasil merilis fitur bernama Deep Nostalgia.

Fitur pada aplikasi MyHeritage pun akhirnya mendadak viral lantaran siapapun mampu menghidupkan koleksi foto jadulnya secara lebih mudah.

Keunikan Fitur Aplikasi My Heritage

Sebagian besar orang menyukai fitur Deep Nostalgia serta menganggapnya cukup ajaib. Namun terdapat pula beberapa kalangan yang menganggapnya menyeramkan sehingga tidak menyukainya.

Memang, hasil dari fitur ini dapat menjadi kontroversial serta sulit untuk mengacuhkan teknologi ini. Beberapa kalangan membuat video menggunakan fitur aplikasi MyHeritage ini dan membagikannya pada media sosial untuk mengetahui pendapat teman atau keluarga lainnya.

Hadirnya fitur ini bertujuan untuk nostalgia yakni dengan menghidupkan kembali orang-orang tercinta yang telah tiada. Pada umumnya, teknologi Deepfake seringkali digunakan untuk membuat wajah palsu dari dua orang yang berbeda dalam sebuah video secara lebih mulus.

baca juga: HP Xiaomi Panorama Rekomendasi Terbaik, Dukung Aktifitas Fotografi

Akan tetapi, fitur yang dihasilkan oleh aplikasi MyHeritage hanya ditujukan khusus untuk menggerakkan orang dalam foto diam secara otomatis.

Dalam hal ini, aplikasi MyHeritage bekerja sama dengan perusahaan Deepfake asal Israel bernama D-ID. Sebelumnya, teknologi D-ID telah membuat algoritma yang mampu memproses gerakan dari foto lama.

Meskipun demikian, masih terdapat batasan teknologi Deepfake dari MyHeritage. Sebagai contoh, apabila terdapat lebih dari seorang saja pada foto lawas yang akan diunggah, maka AI Deepfake hanya bisa gerakkan satu orang saja.

Selain itu, animasi hanya terbatas pada kepala wajah serta leher. Maka anda pun tidak dapat melihat gerakan badan pada foto jadul tersebut melalui fitur aplikasi MyHeritage.

Cara Menggunakan Fitur Aplikasi MyHitage

Adapun cara menggunakan fitur yang terdapat pada aplikasi MyHeritage, antara lain:

  1. Download aplikasi MyHeritage pada Play Store untuk perangkat Android serta App Store untuk perangkat iOS
  2. Langkah berikutnya upload foto yang akan anda buat untuk bergerak dan dapat anda lakukan dengan menggunakan dua cara. Pilih Add Foto untuk menggunakan foto yang tersimpan pada ponsel, atau dengan scan photos & docs dalam memindai foto fisik.
  3. Berikutnya ketuk foto serta klik ikon animasi yang terdapat pada sisi atas
  4. Tunggu hingga beberapa saat sampai foto animasi dapat anda download.
  5. Setelah berhasil anda unduh, maka anda dapat upload foto bergerak tersebut ke media sosial yang anda miliki. Seperti Facebook, TikTok, Instagram, hingga Twitter.

Dalam penggunaannya, sejauh ini aplikasi MyHeritage menggratiskan layanan yang mereka tawarkan. Namun anda akan mendapatkan watermark yang terdapat pada sisi kanan bawah dari hasil gambar yang bergerak.

Selain foto keluarga yang sudah tiada, anda juga dapat memanfaatkan fitur Deep Nostalgia pada tokoh-tokoh legendaris lain menjadi bisa bergerak.

Selain itu, untuk menggunakan fitur aplikasi MyHeritage, anda perlu mendaftar melalui situs web resminya. Para pengguna yang telah terdaftar juga dapat langsung mencobanya pada tautan ini: myheritage.com/deep-nostalgia. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid