Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Enzim Amilase dan Gangguan Proses Pencernaan Manusia

Fungsi Enzim Amilase dan Gangguan Proses Pencernaan Manusia

Fungsi enzim amilase memang cukup penting dalam sistem pencernaan. Bahkan adanya enzim ini sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Untuk mengetahui kadar enzim ini perlu melakukan beberapa tes.

Enzim amilase bisa membantu proses reaksi kimia. Sehingga bisa mempercepat pemecahan karbohidrat ke dalam bentuk gula atau glukosa.

Enzim ini sangat berperan dalam proses pencernaan manusia. Karena bisa memproduksi dan mengaitkan beberapa proses yang sedang terjadi.

Produksi enzim ini terdapat pada kelenjar air liur, usus halus, dan pankreas. Dengan adanya produksi maksimal akan memberikan peran yang cukup sempurna.

Baca Juga: Fungsi Enzim Tripsin dan Gangguan yang Menyerang Pencernaan

Fungsi Enzim Amilase pada Pencernaan Manusia

Mengutip Wikipedia, enzim adalah sebuah biokatalisator organik. Asalnya dari makhluk hidup protoplasma yang tersusun dalam dua bagian.

Masing-masing bagian tersebut adalah apoenzim dan koenzim. Sementara itu, enzim amilase adalah salah satu yang ada di saluran pencernaan. Fungsinya untuk mempercepat pemecahan karbohidrat menjadi gula.

Seseorang yang kekurangan atau kelebihan enzim ini bisa terkena gangguan kesehatan. Terutama pada sistem pencernaan yang mulai melambat.

Fungsi enzim amilase akan berlangsung dari mulai pengunyahan makanan. Apalagi pada makanan yang mengandung karbohidrat.

Saat seseorang mengunyah makanan maka air liur akan menghasilkan enzim amilase. Sama halnya ketika masuk ke saluran cerna, usus halus menghasilkan enzim yang sama.

Selain itu, pankreas juga juga akan memproduksi enzim yang berlanjut pada proses pencernaan. Sehingga karbohidrat yang sudah mencapai usus halus akan berubah sebagai glukosa.

Saat inilah fungsi enzim amilase akan memberikan dampaknya. Maka akan mengalami penyerapan glukosa menuju ke sirkulasi darah.

Dalam hal ini akan melewati dinding usus halus. Sehingga proses pencernaan bisa berjalan dengan lancar.

Tes Kadar Enzim Amilase dalam Tubuh

Untuk mengetahui kadar enzim amilase dalam tubuh seseorang perlu melakukan serangkaian tes. Tentu saja tes ini akan berhubungan dengan pemeriksaan darah dan urine.

Selain untuk mengetahui jumlah enzim yang tersimpan, tes ini bisa memberikan penyebab perubahan kadar. Fungsi enzim amilase juga akan terdeteksi dengan mudah.

Seseorang yang mengalami sakit perut bagian atas wajib melakukan tes tersebut. Terutama yang timbul gejala mual, muntah, demam, dan hilang nafsu makan.

Gejala tersebut bisa menandakan adanya gangguan fungsi pankreas. Hal ini mengacu pada peningkatan serta penurunan kadar enzim dalam tubuh.

Baca Juga: Enzim pada Mulut dan Fungsinya yang Penting Dalam Sistem Pencernaan

Gangguan Enzim pada Pencernaan

Fungsi enzim amilase yang mengalami penurunan tentu akan mengakibatkan banyak hal. Salah satunya timbul gangguan kesehatan pada pencernaan.

Hal ini memicu proses pengolahan makanan akan terganggu. Begitu juga dengan penyerapan nutrisi ke dalam tumbuh yang akan terhambat. Sehingga perlu cara mengatasi yang tepat dan aman.

Mengingat bahwa enzim memegang peranan yang penting untuk proses pencernaan. Sehingga adanya gangguan pada enzim akan berdampak pada kualitas pencernaan manusia.

Berikut adalah penyakit yang menyebabkan fungsi enzim amilase menurun:

Penyakit Gaucher

Jenis penyakit ini merupakan genetik dari orang tua. Biasanya akan timbul gejala tubuh yang tidak bisa memecah zat lemak.

Lama-kelamaan akan mengalami penumpukan lemak pada organ hati, limpa, dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini belum ada obatnya supaya sembuh total.

Hanya saja pemberian obat agar meringankan sudah tersedia. Hal ini sama dengan terapi pergantian enzim dengan obat-obatan.

Gangguan Pankreas Kronis

Seseorang yang mengalami penyakit ini pasti menghambat fungsi enzim amilase. Gangguan pankreas kronis menyebabkan produksi enzim tidak maksimal.

Sehingga enzim tidak menjalankan perannya untuk memecah dan menyerap makanan. Hal ini berakibat fatal pada nutrisi, lemak, vitamin, dan mineral yang tidak terserap.

Gangguan Metabolik

Selain kedua gangguan diatas, ada juga penyakit metabolik. Umumnya akan menyebabkan tubuh kekurangan asupan enzim.

Fungsi enzim amilase juga tidak akan bekerja dengan normal. Akhirnya akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik.

Sehingga, menyebabkan adanya penumpukan racun pada tubuh. Hal ini karena tidak adanya penyerapan nutrisi yang penting pada tubuh.

Jika sudah mengalami hal ini maka pencernaan tidak akan berjalan dengan sempurna. Dengan begitu, akan mengalami gangguan yang lebih fatal.

Itulah beberapa fungsi enzim amilase pada pencernaan manusia. Pastikan selalu menjaga kesehatan agar pencernaan selalu aman dari penyakit. Sehingga, anda tidak akan mengalami gangguan pencernaan lainnya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -