Fungsi Enzim Lipase yang Anda Butuhkan Dalam Tubuh

Fungsi Enzim Lipase yang Anda Butuhkan Dalam Tubuh
Ilustrasi Fungsi enzim lipase Foto: Ist/Net

Fungsi enzim lipase sangat penting bagi tubuh anda. Sebab, enzim sendiri molekul biologis yang dapat mempercepat laju reaksi kimia pada sel tubuh anda.

Melansir Wikipedia, pada tubuh manusia, mempunyai ribuan enzim. Pasalnya, enzim tersebut memiliki peran yang begitu penting bagi setiap reaksi kimia. Pada keseluruhan enzim, bisa memungkinkan anda untuk mendengar, melihat, berjalan, sampai dengan berpikir.

Inilah Fungsi Enzim Lipase yang Tubuh Butuhkan

Anda bisa membayangkan, setiap organ serta banyaknya sel yang ada pada tubuh kita, bergantung reaksi enzim serta energinya.

Oleh sebab itu, bukan menjadi sesuatu yang berlebihan apabila kita menganggap fungsi enzim tidak bisa tergantikan. Supaya lebih tahu jelasnya, anda bisa menyimak bawah ini mengenai fungsi enzim lipase secara keseluruhan.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Perlu anda ketahui bahwa terkadang enzim lipase bekerja tidak sendirian. Enzim tersebut akan bekerja sama dengan enzim yang lainnya, misalnya saja seperti amilase dan juga protease sebagai pelancar sistem pencernaan.

Langkah pertama, protease akan bekerja memecah protein. Lalu, amilase yang akan bekerja memecah karbohidrat dan juga pati. Nah yang terakhir, enzim lipase yang bekerja sebagai pemecah lemak supaya menjadi lebih mudah untuk dicerna sistem pencernaan.

Baca Juga: Fungsi Enzim Amilase dan Gangguan Proses Pencernaan Manusia

Mengatur Reaksi Kimia

Enzim lipase memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Sama halnya dengan enzim pada umumnya, yakni untuk mengatur pada reaksi kimia.

Sebenarnya reaksi kimia yang ada di tubuh, dapat terjadi pada sendirinya. Akan tetapi, tanpa adanya bantuan enzim lipase, laju reaksi kimia bisa terjadi secara lambat.

Memecah Lemak

Enzim lipase dapat memecah lemak (trigliserida) yang akan menjadi molekul asam lemak dan juga gliserol. Pada proses ini dibantu oleh garam empedu. Mampu meredakan ketegangan pada permukaan lemak supaya lipase bisa memecah lemak.

Memindahkan Kolesterol

Pada pengiriman kolesterol, hal tersebut juga menjadi fungsi enzim lipase yang penting. Anda bisa menganggap enzim lipase menjadi kurir yang dapat membantu tubuh anda untuk membungkus atau mengemas kolesterol. Hal tersebut akan dikirim melewati aliran darah.

Enzim lipase dengan nama lecithin cholesterol acyltransferase yang melakukan fungsi ini, yakni untuk bisa menggabungkan asam lemak dengan kolesterol.

Ketika keduanya telah menyatu, sehingga partikel seperti HDL (kolesterol baik) serta LDL (jahat) akan muncul, maka tubuh memindahkannya jauh dari sel ataupun ke dalam.

Baca Juga: Fungsi Enzim Tripsin dan Gangguan yang Menyerang Pencernaan

Menyerap Nutrisi

Mempunyai fungsi enzim yang lainnya yakni akan mencerna lemak dari nutrisi makanan. Ketika anda mengonsumsi makanan yang memiliki lemak, maka lemak akan melalui lambung tanpa dicerna terlebih dahulu oleh usus halus.

Pada usus halus, enzim lipase akan memecahkan lemak menjadi partikel kecil yang dapat berjalan melalui dinding usus. Kemudian lemak yang telah enzim lipase pecah, nantinya akan masuk ke dalam saluran limfatik serta menuju aliran darah.

Membantu Bayi Mencerna Lemak yang Berasal dari Asi

Pada tahapan berikutnya, fungsi enzim lipase yakni mampu membantu bayi dalam mencerna lemak yang berasal dari ASI. Karena bayi yang baru lahir memiliki sistem pencernaan yang tidak dapat mencerna lemak dengan baik.

Oleh sebab itu, enzim lipase yang akan memecah lemak pada ASI supaya bayi bisa mencerna lemak tersebut secara baik.

Mengontrol Kesehatan Kardiovaskular dan Level Kolesterol

Memiliki fungsi enzim lipase yang paling utama yakni mencerna lemak, termasuk juga dengan kolesterol. Sehingga ketika seseorang kekurangan enzim lipase, maka bisa mengalami penimbunan lemak (trigliserida) dan juga kolesterol pada tubuhnya.

Pada keadaan ini dapat membahayakan kesehatan seseorang, sebab bisa menjadi pemicu tingginya level lemak serta kolesterol yang ada pada darah.

Keadaan yang parah lainnya dapat terjadi apabila level lemak melebihi 1000 mg/dl. Hal ini dapat mengakibatkan pankreatitis atau adanya peradangan pada pankreas. Menjadi pemicu penyakit lain, misalnya saja obesitas, gangguan fungsi hati, dan juga jantung.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Fungsi enzim lipase bisa menjadi indikator keberhasilan menurunkan berat badan yang terjadi pada penderita obesitas. Terlebih, telah ditemukan cara untuk membuat enzim lipase sintetis. Bisa bekerja tiga kali menjadi lebih kuat serta mampu meningkatkan pencernaan pada lemak sampai dengan 45 persen dari kondisi normal. (R10/HR Online)

Editor: Jujang