Fungsi Enzim Pepsin yang Sangat Penting untuk Pencernaan Manusia

Fungsi Enzim Pepsin yang Sangat Penting untuk Pencernaan Manusia
Ilustrasi Fungsi Enzim Pepsin. Foto: Ist/Net

Fungsi enzim pepsin memang sangat penting bagi pencernaan. Enzim pepsin terdapat dalam lambung yang bisa menyerap protein makanan. Kekurangan dan kelebihan enzim ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Pepsin akan mulai mencerna protein dalam bentuk aktif. Jika sudah menghasilkan fragmen protein maka akan mengalami degradasi dalam usus. Pepsin adalah enzim yang pertama teridentifikasi.

Pepsin merupakan enzim pencernaan yang bisa memecah protein menjadi peptida berukuran lebih kecil. Selain itu masih banyak fungsi pepsin dalam pencernaan.

Baca Juga: Fungsi Enzim Lipase yang Anda Butuhkan Dalam Tubuh

Fungsi Enzim Pepsin Pada Pencernaan

Enzim pepsin merupakan hasil produksi dari lambung. Bahkan termasuk salah satu enzim pencernaan yang utama dalam sistem pencernaan. Struktur dari enzim ini adalah tiga dimensi yang memiliki satu atau lebih rantai polipeptida.

Pepsin bisa menyatukan sejumlah kecil asam amino yang akan membentuk situs aktif. Terdapat substrat yang berikatan dan bereaksi. Pepsin berupa protease aspartat yang menggunakan katalitik pada situs aktifnya.

Selanjutnya, selama proses pencernaan semua enzim pada lambung akan berkolaborasi untuk memecah protein dalam makanan. Sehingga menghasilkan peptida dan asam amino yang akan masuk ke usus halus. Enzim pepsin makin efisien untuk memutus ikatan peptida antara asam amino hidrofobik.

Kemudian, ada beberapa fungsi enzim pepsin yang bisa membantu pencernaan. Enzim pepsin akan menyerap nutrisi dari makanan yang akan menuju ke usus halus.

Bahkan berusaha melindungi pencernaan dari berbagai alergi makanan sehingga tetap aman. Caranya dengan mengantisipasi perkembangan jamur yang berlebih dalam lambung.

Selain itu, enzim pepsin bisa mengendalikan pankreatitis yang akan mengintervensi buatan enzim. Lalu, juga bisa membantu detoksifikasi hati dengan mencegah kelemahan nutrisi laksana.

Baca Juga: Fungsi Enzim Amilase dan Gangguan Proses Pencernaan Manusia

Cara Kerja Enzim Pepsin

Untuk memaksimalkan fungsi enzim pepsin maka akan mengalami katalisasi reaksi. Hal ini membuat kerja enzim lebih cepat. Pepsin akan mulai degradasi protein dalam lambung.

Semua enzim memiliki syarat agar bisa menjalankan target mereka. Enzim hanya bisa menyerang protein pada lokasi tertentu,

Dalam hal ini misalnya, aromatik asam amino phenylalanine, triptofan dan tirosin. Protease berasal dari bentuk yang tidak aktif untuk melindungi jaringan sekitarnya dari kerusakan.

Fungsi enzim pepsin akan mendapatkan tambahan 44 asam amino yang melekat pada molekul. Pepsinogen tetap aktif hingga mengalami sekresi ke dalam cairan lambung.

Setelah itu akan bertemu dengan HCl yang mengalami sekresi bersama pepsin. Berikutnya akan terpisah dan tidak memenuhi sampai berubah sebagai cairan lambung.

Dampak Kelebihan atau Kekurangan Enzim Pepsin

Dalam menjalankan fungsi enzim pepsin tentunya ada porsi yang sesuai dengan anjuran. Jika kadar eosin kurang atau terlalu banyak, akan memberikan dampak buruk.

Lalu, kerja sistem pencernaan tidak akan berjalan dengan optimal. Masalah ini biasanya akan berakibat pada kesehatan seseorang.

Berikut adalah dampak akibat kekurangan atau kelebihan enzim pepsin:

Tukak Lambung

Asam lambung dan pepsin yang berlebihan bisa menyebabkan dinding dan usus bermasalah. Mukosa dan usus halus lama kelamaan akan terkikis.

Hingga akhirnya, tidak bisa bertahan dari asam lambung. Akibatnya akan menyebabkan penyakit tukak lambung. Gejala yang timbul biasanya berupa nyeri pada ulu hati perut perih, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

Gangguan Pada Penyerapan Protein

Selanjutnya, fungsi enzim pepsin tidak akan berjalan normal jika kadar dalam lambung terlalu kecil. Sehingga menghambat penyerapan nutrisi dari makanan.

Seseorang yang mengalami hal ini bisa saja terserang malnutrisi. Gejala yang muncul berupa berat badan yang menurun drastis, rambut rontok, bengkak pada tubuh, mudah berdarah dan lain sebagainya.

Cara Meningkatkan Kadar Enzim Pepsin

Kemudian, terdapat beberapa cara yang bisa mengatasi masalah kekurangan enzim pepsin. Tak perlu khawatir akan efek samping yang akan muncul.

Agar fungsi enzim pepsin bekerja dengan baik maka harus mengkonsumsi suplemen peningkatan enzim. Hal yang paling utama adalah menjaga pola hidup sehat.

Ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi alkohol yang berbahaya bagi kesehatan. Lalu, pola hidup sehat harus seimbang dengan aktivitas olahraga.

Jika enzim pepsin terlalu banyak cara untuk menetralisirnya dengan perbanyak minum air putih. Sehingga, kebutuhan enzim tidak overload.

Beberapa fungsi enzim pepsin dalam pencernaan manusia tersebut sangatlah penting. Jaga pola hidup sehat agar pencernaan tidak bermasalah. Usahakan untuk olahraga minimal 30 menit dalam sehari. (R10/HR Online)

Editor: Jujang