Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruFungsi Otak Kecil pada Tubuh Manusia dan Cara Menjaga Kesehatannya

Fungsi Otak Kecil pada Tubuh Manusia dan Cara Menjaga Kesehatannya

Fungsi otak kecil sangat besar bagi tubuh manusia. Mengingat bahwa setiap kegiatan yang dilakukan merupakan perintah dari otak. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan otak kecil agar terus berfungsi dengan baik?

Organ ini letaknya pada bagian belakang kepala. Otak kecil merupakan nama lain dari cerebellum. Letak ini tepatnya berada pada bagian bawah lobus oksipital otak besar.

Otak merupakan salah satu organ yang berperan besar bagi tubuh. Tersusun atas beberapa jaringan pendukung sel saraf. Semua susunan ini saling terhubung satu sama lain untuk menjalin kerjasama dalam menjalankan tugasnya.

Mengenal Fungsi Otak Kecil Manusia dan Menjaga Kesehatannya

Otak kecil atau cerebellum merupakan organ yang bertanggung jawab untuk memberikan pergerakan. Cerebellum memiliki dua belahan sama seperti otak besar. Gangguan pada organ ini akan mengganggu kemampuan bergerak seseorang.

Cerebellum memiliki ukuran yang cukup kecil. Hanya sekitar 10% dari total besaran seluruh otak. Walaupun begitu, otak kecil mampu membawa lebih banyak sel saraf otak.

Jumlahnya hampir mencapai 50 % dengan fungsi masing-masing. Hal ini mampu menyempurnakan sinyal dari otak besar yang menuju ke otot sehingga akan muncul pergerakan tubuh. Nah, inilah beberapa fungsi otak kecil pada manusia.

Baca Juga: Bagian Otak dan Fungsinya yang Penting Bagi Tubuh Manusia

Memberi Gerak pada Tubuh

Setiap hari manusia selalu melakukan aktivitasnya. Baik itu aktivitas ringan ataupun aktivitas yang berat. Tentu saja ada yang mendasari semua pergerakan manusia.

Seluruh gerakan tubuh merupakan koordinasi dari beberapa kelompok otot. Organ yang berperan dalam mengatur pergerakan ini adalah otak kecil.

Otak akan mengatur kekuatan otot dalam waktu yang berbeda. Nantinya akan menghasilkan sebuah gerakan yang sangat luar biasa. Fungsi otak kecil akan terganggu ketika seseorang sedang mabuk.

Mereka akan merasa sempoyongan dan pusing. Bahkan untuk berbicara dan bergerak saja mereka kesusahan. Inilah salah satu gangguan karena otak kecil terhambat.

Alkohol memberikan dampak secara langsung pada otak kecil. Sehingga tidak bisa mengatur gerakannya dan sulit untuk berkomunikasi.

Mengatur Fungsi Kognitif dan Proses Pembelajaran

Fungsi otak kecil juga sangat membantu dalam proses pembelajaran. Seseorang yang sedang menghadapi tahap belajar pasti akan menggunakan otak kecilnya. Semua gerakan dan pelatihan akan terekam jelas pada otak.

Seseorang akan dengan mudah melakukan uji coba pembelajaran. Lama-kelamaan terbiasa dan mulai memahami sesuatu dengan mudah.

Rekaman pada otak akan tertuang dalam praktik yang dilakukan seseorang. Walaupun awalnya ada banyak hal yang mengganggu dan sulit. Tetapi, hal ini tidak akan berlangsung lama.

Fungsi otak kecil yang sempurna mampu menangkap segala materi dengan cepat. Walaupun masih banyak fungsi yang tidak maksimal.

Hal ini akan menyempurnakan setiap tindakan setelah merekam pelajaran. Otak kecil akan memberikan perintah untuk bisa terbiasa melakukan sesuatu.

Baca Juga: Fungsi Sel Schwann dan Cara Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Menjaga Keseimbangan Tubuh

Otak kecil mampu menerima informasi dari tubuh. Hal ini mengenai posisi dan keberadaan anggota gerak. Cerebellum akan menerima informasi dari beberapa aktivitas.

Fungsi otak kecil untuk menyempurnakan perintah gerakan dari otak besar. Bahkan bisa mengolah perintah dengan sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena otak kecil akan berpengaruh pada kebutuhan keseimbangan. Seseorang bisa berjalan dengan baik jika otak kecil normal.

Sebagai contoh ketika sedang berjalan miring, maka membutuhkan kekuatan otot yang berbeda daripada berjalan lurus. Nah, kaki akan mengirimkan sinyal kepada otak.

Fungsi otak kecil akan berjalan dengan baik ketika kaki tersebut memberikan aba-aba bahwa jalannya miring. Sehingga akan mengatur otot untuk menahan beban tubuh.

Menjaga Kesehatan Otak Kecil

Agar fungsi otak kecil tetap berjalan dengan baik, maka perlu menjaganya. Anda bisa melakukan perawatan untuk melindungi otak. Jika bepergian, sebaiknya selalu menggunakan helm. Hal ini bertujuan untuk melindungi kepala dari benturan.

Selain itu, harus rajin berolahraga secara rutin. Karena olahraga bisa melatih kerja otak dengan maksimal. Sehingga otak akan terbiasa dengan gerakan yang ekstrim.

Dalam hal ini, anda juga harus terbiasa dengan pola hidup yang sehat. Caranya, rajin mengonsumsi makanan dengan kalsium yang tinggi. Lalu mengonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak mengandung penyedap rasa.

Nah, itulah beberapa fungsi otak kecil pada manusia. Menjaga kesehatan akan sangat membantu dalam perawatan kerja pada otak kecil. Tubuh juga akan selalu dalam keadaan baik untuk melakukan aktivitas. (R10/HR Online)