Game Fight The Virus, Game Edukasi Buatan Mahasiswa UMM

Game Fight The Virus
Ilustrasi Game Fight The Virus. Foto: studio14online

Game Fight The Virus merupakan game buatan mahasiswa dari Malang yakni jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Permainan tersebut telah dikerjakan lima mahasiswa yang mengangkat tema pandemi Covid-19. Game Fight The Virus berbau edukasi dengan menghadirkan karakter pendekar tapak suci.

Menurut informasi dari salah satu mahasiswa tersebut, game buatannya memang dihadirkan untuk lomba. Alasan mengapa memilih tapak suci, tentu hal ini berkaitan dengan pandemi saat ini. 

Informasi Lengkap Game Fight The Virus

Kelima mahasiswa tersebut memberi nama kelompoknya dengan nama Berfaedah. Beranggotakan Ilham Ardiansah, Indah Ardhia Cahyani, Event Rifqi Pratiwi, Luthfi Ramadhani, dan Rosi Andreyna. 

Menurut ungkapan dari salah satu mahasiswa tersebut, tokoh atau karakter harus melalui labirin serta halangan berupa virus Corona. Permainan ini sistem poin seperti game lainnya.

Baca Juga: Marvel Future Fight Berikan Upgrade Tambahan yang Lebih Menantang

Hanya saja, poin tersebut akan bertambah apabila karakter menemukan hand sanitizer dan masker. Mahasiswa tersebut membuat game dengan level tingkatan.

Semakin anda naik level, maka akan semakin sulit. Hebatnya, game tersebut masuk lima besar pada kompetisi APSI di Universitas Muhammadiyah Makassar Februari 2021 lalu. 

Dalam pembuatan game, mahasiswa sudah memikirkan matang arahnya. Game Fight The Virus untuk anak-anak usia sekolah kisaran usia 6 tahun hingga 10 tahun. 

Berisi tentang edukasi mengenai kebersihan. Harapannya, nanti dapat menyampaikan informasi kepada anak-anak secara menyenangkan. 

Baca Juga: Game Lost Saga Origin Resmi Dibuka, Segera Ikut Pra-Registrasinya

Sehingga anak-anak lebih paham akan pentingnya masker dan hand sanitizer saat pandemi seperti sekarang ini. Selain itu, akan lebih dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat melindungi diri lebih optimal. 

Aplikasi Game Edukasi Untuk Anak-Anak

Selain game Fight The Virus, game lainnya yang berisi tentang edukasi ke anak-anak cukup banyak. Dalam memberikan pengetahuan untuk anak, sehingga bermain gadget lebih bermanfaat. Anda dapat memberikan game berikut

Marbel Budaya Nusantara

Game ini berhubungan dengan budaya Indonesia. Anda dapat mengenalkan budaya Indonesia kepada anak dengan mendownloadkan game tersebut.

Dalam game terdapat pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, tarian, alat musik, hingga makanan khas dari daerah-daerah di Indonesia. 

Baca Juga: Game PC Crysis Remastered Segera Rilis 18 September 2020

ABC Spelling 

Berbeda dengan game Fight The Virus, game ini berisi tentang cara baca huruf. Anak akan lebih lancar membaca dengan game tersebut. Dalam game, anak-anak akan mudah mengeja dan dapat membedakan dari setiap hurufnya. 

Duolingo

Game ini mengenalkan anak bahasa asing lebih menyenangkan. Dalam game terdapat beberapa bahasa asing yang dapat anda kenalkan kepada anak. 

Bahasa asing seperti bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Belanda, Jepang, China, dan masih banyak lagi. Dengan permainan ini, mampu membuat anak anda mengerti bahasa asing tersebut.

Breathe, Think, Do with Sesame

Dengan game edukasi seperti halnya game Fight The Virus, anak anda akan lebih mengerti kemampuan dasar. Game tersebut melatih anak agar mampu memecahkan masalah, membuat rencana, mengontrol diri, serta ketekunan dalam mengerjakan tugas. 

Khan Academy Kids

Game ini memiliki kegiatan interaktif untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat edukasi seperti membaca, matematika, menulis, bahasa, keterampilan, dan lainnya. Dengan game ini, belajar anak akan lebih menyenangkan sehingga anak dapat mengerti pembelajaran. 

Preschool Learning Games

Pada permainan ini terdapat 15 game yang telah tersedia. Bahkan terdapat level menurut usia sehingga tahapan belajarnya dapat anda sesuaikan. Selain itu, anda akan lebih mudah mengikuti perkembangan anak tersebut.

Matching Games Memory Games Pairs : Remembery

Game ini seperti game Fight The Virus dan termasuk game mengasah otak anak. Seorang anak harus mencocokkan gambar dengan mengasah daya ingat, konsentrasi, atensi, keterampilan logika, dan kecepatan berpikir. 

Quick Brain

Permainan ini mengasah otak anak dalam berhitung. Game ini berfungsi untuk mengasah ketajaman dalam berhitung. Berisi soal-soal yang harus dikerjakan anak dengan cara yang lebih menyenangkan. Sehingga anak tidak akan bosan. 

Fiete Math Climber 

Anda dapat mendownloadkan game ini untuk mengetahui sejauh mana anak memahami matematika. Setiap soal matematika yang dapat dijawab anak, maka akan mendapatkan poin serta bonus. Grafik game matematika ini sangat menarik sehingga anak tidak akan mudah bosan. 

Game Fight The Virus serta game edukasi lainnya sangat cocok untuk anak-anak. Anda dapat mencobanya agar anak tidak bosan kegiatan di rumah. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang