Game Pikmin AR Tercipta dari Kerja Sama Antara Nintendo dan Niantic

Game Pikmin AR Tercipta dari Kerja Sama Antara Nintendo dan Niantic
Ilustrasi Game Pikmin AR. Foto: venturebeat

Game Pikmin AR adalah ciptaan dari perusahaan pengembang sukses besar yaitu Niantic dan Nintendo. Keduanya bekerja sama membuat sebuah aplikasi mobile terbaru.

Dengan menggunakan teknologi AR (Augmented Reality) yang sering terpakai oleh Niantic nantinya akan membawa karakter dari Nintendo pada kehidupan yang nyata.

Mengenal Game Pikmin AR

Awalnya pada tahun 2016, Niantic Labs dan Nintendo telah bergabung membuat Pokemon Go, yaitu sebuah game AR yang pernah melanda dunia. Nampaknya tahun 2021 ini kegemarannya mulai berkurang.

Baca Juga: Game Harvest Moon One World Telah Rilis, Simak Info Terbarunya

Tetapi kedua perusahaan tersebut, akan berkolaborasi kembali untuk meluncurkan sebuah game AR. Game ini berdasarkan pada seri paling populer milik Nintendo yakni Pikmin. Pada sebuah postingan blog milik Niantic bahwa dalam game ini cara bermainnya akan melibatkan kegiatan seperti berjalan pada umumnya.

Proyek AR

Niantic sebagai developer Pokemon Go, kini tengah sibuk dalam menyiapkan proyek AR baru yang lebih menarik. Lewat blognya, Niantic telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan game terbaru AR dalam platform mobile yang berasal dari Franchise Pikmin.

Niantic berkata bahwa dalam gameplay ini tercipta supaya bisa mendorong para pemain agar berjalan kaki. Lalu membuat aktivitas berjalannya jauh lebih menyenangkan. Jika anda pernah memainkan Pokemon Go, pastinya akan lebih familiar lagi pada game Pikmin AR.

Baca Juga: Dynasty Warrior Live Action Adaptasi Game, Aksi Manusia Terkuat di Bumi

Tentang Franchise Pikmin

Game ini telah tercipta pada tahun 2001 silam setelah merilis Console Nintendo GameCube. Dari segi naratif bahwa Pikmin ini berfokus pada sebuah planet yang mirip dengan bumi bernama PNF-404. Pikmin telah menghuninya dan sebagai salah satu makhluk unik seperti gabungan antara tumbuhan dan hewan.

Pada sepanjang permainan tersebut, gamers akan mengeksplorasikan sebuah planet asing tersebut saat berjumpa dengan spesies dari Pikmin. Lebih lucunya lagi, Pikmin yang hampir punah ini tidak bisa untuk bertahan hidup tanpa ada suatu sosok pemimpinnya.

Menggunakan Real World Platform

Pengembang game Pikmin AR, Niantic telah mengumumkan kerjasamanya bersama Nintendo agar segera membuat permainan mobile terbaru AR tersebut. Game AR ini berasal dari Niantic Real World Platform yang akan memulainya dengan menggunakan Pikmin, yaitu game paling populer dari Nintendo.

Baca Juga: Game Project Cars Go Resmi Rilis 23 Maret Mendatang

Melalui sebuah siaran singkat yang telah ia unggah pada laman situs resmi milik Nintendo, John Hawake yang menjabat sebagai CEO Niantic mengungkapkan bahwa dalam kerjasama tersebut bisa membangun masa depan kemajuan teknologi AR.

Pengalaman Lebih Seru

Dengan menggunakan karakter dari Nintendo yang tentunya sudah sangat populer. Hal ini supaya para gamer mudah menerimanya lebih baik lagi.

Selain itu, Shigeru Miyamoto selaku Representative Director Nintendo juga telah menambahkan bahwa sebuah teknologi AR milik Niantic bisa menciptakan pengalaman terbaru. Dalam bermain Pikmin ini, belum pernah ada pada waktu sebelumnya, karena akan melibatkan dengan dunia nyata.

Seperti Menjelajah Dunia

Dalam game Pikmin AR ini akan memungkinkan pemain untuk menjelajahi dunia yang seakan-akan karakter Pikmin itu hidup dan sedang bersembunyi di sekitar kita.

Memang premisnya ini terdengar hampir sama pada Pokemon Go. Namun perlu anda ketahui bahwa Pikmin bukan makhluk yang tercipta untuk bisa bertarung layaknya Pokemon.

Jadwal Perilisan

Memang belum tahu kapan Nintendo dan Niantic akan merilis game Pikmin AR. Namun mereka telah membuat target bahwa jadwal perilisannya pada tahun ini. Bahkan game ini adalah salah satu jenis permainan yang telah Niantic kembangkan dalam Tokyo Studio, yakni sebuah cabang Niantic.

Pikmin adalah satu-satunya dari Franchise Nintendo yang membuat game AR oleh Niantic. Sebab dari kedua perusahaan tersebut pernah mendatangkan kontrak untuk kerja sama.

Perusahaan telah merilis Pokemon Go tahun 2016 silam serta menjadi paling fenomenal di kalangan gamer waktu perilisannya. Pada waktu itu, mereka juga sudah bekerja dengan lisensi yang lain, seperti Harry Potter dan Setter of Cotton .

Meskipun game Pikmin AR secara detail belum mereka umumkan, mereka juga akan mengkombinasikan konsep Pokemon Go tersebut dengan Pikmin milik Nintendo. Tetapi mengingat adanya pandemi yang belum juga berakhir, menjadi pertanyaan besar game ini bisa menyaingi jenis game yang lainnya atau tidak. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang