Ganti MAC Address Android Dengan atau Tanpa Root, Berikut Ulasannya

Ganti MAC Address Android
Ilustrasi Ganti MAC Address Android. Foto: Ist/Net

Ganti MAC Address Android dapat anda lakukan dalam beberapa metode. MAC Addres merupakan identitas unik atau alamat yang terdiri dari 12 karakter dalam berbagai perangkat apapun yang terhubung pada sebuah jaringan.

Pada perangkat Android, komputer, dan lain sebagainya tentu mempunyai MAC Addres yang berbeda-beda dan unik. MAC Address mempunyai fungsi untuk dapat mengidentifikasi perangkat yang telah terhubung dengan suatu jaringan.

Baca Juga : Cara Copy Paste di HP Efektif dan Efisien, Berikut Pilihan Langkahnya

Lain dengan IP Address, MAC Address mempunyai nilai yang tetap serta tidak berubah-ubah. Pasalnya, pabrikan smartphone telah menanamkannya dalam hardware perangkat tersebut.

Meskipun demikian, anda dapat saja mengganti MAC Address dengan berbagai cara serta aplikasi yang bisa anda gunakan.

Cara Ganti MAC Address Android

Mengganti MAC Addres sama halnya mengganti identitas pada perangkat Android saat terhubung ke sebuah jaringan, salah satunya WiFi.

Dengan mengganti MAC Addres memiliki beberapa tujuan, antara lain jika smartphone anda telah masuk daftar blacklist pada suatu jaringan Wifi.

Maka dengan mengganti MAC Address, pengguna bisa secara leluasa terhubung kembali dengan jaringan tersebut. Selain itu, ganti MAC Address sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menjelajahi internet tanpa ingin diketahui oleh orang lain.

Terdapat kasus lain saat selesai mengganti atau menggunakan Custom ROM, tiba-tiba MAC Addres menghilang. Fungsi lain dari MAC Address selain dapat menyamarkan identitas perangkat ponsel anda, juga dapat membuka wifi yang diblokir.

Baca Juga : Cara Melacak HP Menggunakan Ceebydith, Praktis dan Mudah

Maka ganti MAC Address pada perangkat Android merupakan hal penting yang dapat anda lakukan. Berikut ini beberapa cara ganti MAC Address Android, antara lain:

Cara Ganti MAC Address Android Tanpa Root

Pada sebagian pengguna Android, tentu memiliki alasan tersendiri untuk mengganti MAC Address pada perangkat ponsel mereka.

Bagi anda yang ingin mengubah MAC Address, berikut ini cara ganti MAC Addres tanpa Root yang dapat anda ikuti, antara lain:

  1. Langkah pertama download aplikasi bernama MTK Engineering Mode pada Play Store secara gratis.
  2. Sebelum dapat anda akses pada perangkat Android, hidupkan terlebih dahulu opsi Pengembangan pada pengaturan HP Android yang anda gunakan.
  3. Selanjutnya akan muncul beberapa tampilan menu, selanjutnya pilih Connectivity, dan klik WiFi lalu NVRAM.
  4. Isi kolom pada bagian Byte String Access.
  5. Berikutnya tekan Read, kemudian akan muncul MAC Address asli yang anda miliki pada kolom value (h).
  6. Langkah selanjutnya ubah MAC Address asli sesuai dengan keinginan anda
  7. Langkah terakhir tekan Write dan Restart Wi-Fi anda untuk dapat melihat perubahan.

Cara Ganti MAC Address Android dengan Rooting

Untuk mengganti MAC Address pada perangkat smartphone melalui proses rooting, maka anda dapat menggunakan beberapa pilihan aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Terminal Emulator.

Baca Juga : Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Ponsel dengan Mudah

Adapun langkah mengganti MAC Addres pada Android dengan menggunakan aplikasi Terminal Emulator antara lain:

  1. Download aplikasi Terminal Emulator
  2. Selanjutnya buka aplikasi yang telah anda install pada perangkat Android anda.
  3. Ketik “SU” pada Terminal Emulator, selanjutnya tekan tombol Enter untuk menjalankan perintahnya.
  4. Langkah berikutnya, maka aplikasi Terminal Emulator akan meminta akses root pada perangkat smartphone anda. Klik Allow atau Grant
  5. Lalu ketik “busybox iplink show eth0” untuk menampilkan MAC Address asli pada ponsel Android Anda.
  6. Apabila hasilnya can’t find device, maka anda dapat ganti dengan mengetik “busybox iplink show wlan0”.
  7. Akan tetapi jika masih muncul tulisan can’t find device juga, maka anda dapat mencoba aktifkan WiFi terlebih dahulu dan ulangi langkah di atas.
  8. Selanjutnya jika telah berhasil menampilkan MAC Address pada perangkat Android anda, maka sebaiknya anda screenshot untuk langkah berjaga-jaga.
  9. Langkah berikutnya untuk ganti MAC Address Android anda dengan mengetikkan perintah “busybox ifconfig eth0 hw ether ZZ:ZZ:ZZ:ZZ:ZZ:ZZ”
  10. Berikutnya anda dapat mengganti ZZ:ZZ:ZZ:ZZ:ZZ:ZZ dengan MAC Address yang anda inginkan. Selanjutnya tekan Enter. Apabila terdapat kendala, maka anda dapat ganti perintah eth0 dengan wlan0.
  11. Hal penting yang dapat anda lakukan adalah dengan memastikan apakah MAC Address telah berhasil anda rubah yakni memasukkan perintah pada terminal emulator “busybox iplink show eth0 atau busybox iplink show wlan0:
  12. Proses pun ganti MAC Address Android pun telah selesai.

Dengan mengikuti cara ganti MAC Address Android secara mudah di atas, maka harapannya cara tersebut dapat membantu kalian mengatasi koneksi wifi yang terblokir. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto