Ganti Profil Gmail pada HP Android Praktis dan Mudah, Simak Ulasannya!

Ganti Profil Gmail
Ilustrasi Ganti Profil Gmail. Foto: Ist/Net

Ganti profil Gmail pada perangkat Android dapat anda tempuh dengan berbagai cara. Untuk sebagian kalangan, Gmail memiliki peranan penting untuk berbagai aktivitas.

Salah satunya adalah untuk membuat akun seperti media sosial, mengirim suatu dokumen, atau yang lainnya. Namun terdapat beberapa pengguna akun Gmail yang merasa kesulitan dalam mengganti foto profilnya, terutama melalui perangkat Android.

Dengan demikian, icon atau foto profil Gmail masih berupa huruf. Selanjutnya huruf tersebut akan muncul secara otomatis sesuai dengan huruf depannya nama akun Gmail yang dimiliki.

Mengganti foto profil sama halnya mengganti foto akun Google. Apabila foto profil akun diganti, maka secara otomatis semua akun yang terhubung dengan Google ikut berubah.

Satu akun Google akan tersambung dengan banyak akun lain. Seperti pada Google Drive, Play Store, YouTube, dan lain sebagainya.

Dengan merubah foto profil Gmail, maka semua foto profil yang terdapat pada akun lainnya akan sama persis dengan yang anda rubah di Gmail.

Cara Ganti Profil Gmail pada HP Android Praktis dan Mudah

Saat ini, ketika akan membuat akun Gmail, terdapat pilihan yang memungkinkan anda dapat memasang foto profil untuk menunjukkan identitas pemilik akun.

Dengan menggunakan fitur ini, bersifat publik sehingga dapat dilihat oleh siapa saja. Lain dengan yang bersifat privasi, seperti password Gmail serta nomor HP Gmail yang tidak dapat dilihat selain pemiliknya.

Baca Juga : Fitur Dark Mode di Gmail, Ini Cara Mengaktifkannya

Lantas bagaimana bagi seseorang yang memiliki akun Gmail lama dan ingin mengubah foto profilnya? Anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara untuk ganti profil Gmail pada perangkat Android.

Cara Ganti Profil Gmail pada Perangkat Android

Apabila saat ini anda menggunakan perangkat smartphone dengan berbasis Android, maka cara untuk mengubah profil Gmail cukup mudah dan praktis.

Dalam hal ini, anda tidak perlu menggunakan perangkat lain karena semua dapat dilakukan hanya dengan menggunakan satu perangkat saja. Adapun langkah-langkah ganti profil Gmail pada perangkat Android secara lebih rinci dan lengkap, antara lain:

  1. Langkah pertama buka aplikasi dari Gmail yang terdapat pada smartphone Android anda.
  2. Selanjutnya pada pojok kiri atas terdapat menu simbol tiga garis, scroll ke bawah pilih Setelan.
  3. Kemudian pilih Setelan Umum
  4. Proses berikutnya, kelola akun Google yang anda miliki.
  5. Selanjutnya klik opsi dari icon gambar manusia yang terletak pada bagian kanan atas.
  6. Klik pada foto profil, selanjutnya cari bagian dari “akun Google”
  7. Pada halaman dari akun, anda dapat klik pada opsi “Info Pribadi”
  8. Berikutnya, supaya dapat mengganti foto Gmail, anda dapat klik foto profil
  9. Lalu klik opsi “edit” atau simbol “>”
  10. Maka anda dapat mengubah foto profil lama ke foto profil baru, kemudian klik opsi “tetapkan profil”
  11. Proses berikutnya, klik “Simpan” yang secara otomatis foto profil Gmail anda langsung berubah.

Alternatif Lain untuk Ganti Profil Gmail di HP Android

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk merubah profil akun Gmail adalah:

  1. Pastikan jaringan internet yang anda miliki dalam keadaan stabil.
  2. Buka akun Gmail yang terdapat aplikasi Browser
  3. Pada bagian kanan atas, klik opsi “Setelan” atau “Setting”
  4. Berikutnya klik pada bagian opsi “Gambar Saya” kemudian klik opsi menu “Ganti Gambar”
  5. Langkah selanjutnya, pilih foto profil yang anda ingin gunakan
  6. Tunggu hingga proses upload foto profil Gmail selesai.
  7. Kemudian anda dapat memilih serta klik opsi “Terapkan Perubahan”, maka proses ganti profil Gmail pun berhasil. Praktis bukan?

Dengan adanya panduan cara ganti foto profil Gmail di atas, tentu dapat mempermudah pengguna dalam mengakses serta merubah foto profil Gmail.

Untuk akun Gmail yang baru anda buat, mungkin foto profil langsung dapat berubah. Sedangkan untuk akun lama, memerlukan waktu atau proses untuk merubah semua foto profilnya.

Beberapa cara ganti profil Gmail pada perangkat Android di atas dapat menjadi langkah cepat untuk mengoptimalkan penggunaan dalam mengatur serta mengubah pengaturan akun yang mereka miliki. Selain itu, proses merubah profil Gmail akan semakin mudah apabila pengguna dapat menyesuaikan dengan perangkat yang mereka gunakan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto