Gejala Ginjal Bermasalah, Kenali Sejak Dini Sebelum Terlambat

gejala ginjal bermasalah
Kenali gejala ginjal bermasalah. Foto: Ist/Net

Mengenal gejala ginjal bermasalah sejak dini sangat penting untuk mencegah kondisi menjadi parah. Apalagi ginjal memiliki fungsi penting dan berkaitan dengan kerja organ tubuh lainnya. Sehingga penting mencegah ginjal mengalami masalah.

Ginjal merupakan salah satu organ inti dalam tubuh yang harus kita jaga kesehatannya agar fungsinya tidak terganggu. Ada banyak fungsi penting dari ginjal itu sendiri.

Fungsi ginjal antara lain untuk menyaring cairan berlebih dari tubuh, membersihkan racun dan kotoran dari darah, serta mengendalikan tekanan darah.

Beberapa masalah awal yang terjadi pada ginjal dapat berisiko menjelma menjadi penyakit kronis. Bahkan bisa menjadi gagal ginjal jika kondisinya semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan tersebut, mengenali gejala ginjal bermasalah dan penanganannya sedini mungkin adalah langkah terbaik saat ini.

Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Ditangani

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Wajib Diketahui Sebelum Terlambat

Setidaknya ada beberapa tanda atau gejala jika ginjal sedang bermasalah yang dapat kita kenali. Meskipun demikian, karena ketidaktahuan, beberapa orang justru tidak menghiraukannya ataupun menghubungkannya dengan penyakit lain.

Bahkan beberapa kasus, gangguan ini tidak memperlihatkan gejala awal yang jelas. Umumnya kita justru baru mengetahuinya setelah pada tahap yang sudah sangat terlambat.

Oleh karena itu sangat penting jika sedini mungkin kita sudah mengenali tanda gangguan ginjal tersebut. Ini untuk menghindari hal-hal yang bisa lebih buruk. Berikut ini beberapa gejala ginjal bermasalah yang sebaiknya Anda tahu.

Tubuh Mudah Lelah

Tubuh yang mudah lelah memang bisa menjadi pertanda bagi berbagai penyakit, termasuk pada ginjal yang terganggu. Masalah yang berujung pada penurunan fungsi ginjal dapat membuat penumpukan racun dan kotoran dalam darah menjadi tak terkendali.

Hal inilah yang bisa menjadi alasan tubuh selalu terasa lemas dan pikiran menjadi kacau hingga sulit untuk berkonsentrasi. Komplikasi lain dari menurunnya fungsi ginjal yaitu anemia atau kekurangan darah merah.

Baca Juga : Manfaat Daun Alpukat, Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Susah Tidur

Gejala ginjal bermasalah lainnya yang cukup umum adalah susah tidur. Jika ginjal tidak menjalankan fungsinya untuk menyaring racun dengan baik, racun dan kotoran tersebut akan tetap berada dalam darah.

Kondisi semacam inilah yang terkadang membuat seseorang kesulitan untuk tidur. Pada beberapa kasus penyakit ginjal kronis, gejala yang bisa muncul yaitu gangguan tidur sleep apnea.

Kulit Kering dan Gatal

Ginjal sangat berperan penting dalam proses kerja darah. Beberapa fungsinya ini yaitu membuat sel darah merah dan membantu mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan nutrisi dan mineral dalam darah, ada sejumlah gejala yang bisa muncul. Seperti berupa kulit kering dan gatal yang bisa menjadi tanda penyakit ginjal lanjut.

Urin Berdarah dan Berbusa

Gejala ginjal bermasalah yang harus benar-benar Anda waspadai adalah ketika muncul darah dan busa pada urine saat sedang buang air kecil. Ginjal yang sehat akan mengoptimalkan sel-sel darah ketika menyaring limbah untuk membuat urine.

Baca Juga : Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Jantung dan Batu Ginja

Namun berbeda halnya jika saringan atau filter pada ginjal telah rusak. Sel-sel darah tersebut bisa bocor ke dalam urin dan keluar bersamaan saat buang air kecil.

Bahkan yang lebih mengkhawatirkan, hal ini juga bisa mengindikasikan penyakit yang lebih serius. Seperti tumor, batu ginjal, atau infeksi.

Kaki dan Sendi Bengkak

Penurunan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki akibat retensi natrium. Namun pembengkakan semacam ini juga bisa karena berbagai macam penyakit lain. Seperti penyakit jantung, penyakit hati, ataupun masalah vena kaki kronis.

Bengkak Sekitar Mata

Gejala ginjal bermasalah tidak hanya terjadi pada kondisi urine Anda. Akan tetapi, bengkak pada daerah sekitar mata juga bisa menjadi pertandanya.

Bengkak yang terjadi secara terus menerus di sekitar mata bisa menjadi akibat dari ginjal yang membocorkan protein dalam jumlah besar dalam urin, alih-alih menyimpannya di dalam tubuh.

Baca Juga : Bahaya Sering Menahan Kencing, Bisa Infeksi Hingga Ginjal

Otot Kram

Adanya gangguan pada fungsi ginjal juga dapat kita kenali dari otot yang sering mengalami kram. Kram pada otot sering karena ketidakseimbangan elektrolit yang juga merupakan efek dari gangguan fungsi ginjal.

Jumlah fosfor yang tidak terkontrol dan kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan terjadinya kram otot ini.

Sering Buang Air Kecil

Jika Anda kerap buang air kecil terutama pada malam hari, ada kemungkinan hal itu merupakan pertanda terganggunya fungsi ginjal. Ketika saringan pada ginjal tidak berfungsi dengan baik, rasa ingin buang air kecil juga semakin tinggi.

Namun selain merupakan gejala ginjal bermasalah, hal ini juga bisa menjadi pertanda masalah lain. Seperti infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah