Gejala Kencing Batu yang Sering Terjadi, Bahkan Sampai Keluar Darah

Gejala Kencing Batu yang Sering Terjadi, Bahkan Sampai Keluar Darah
Ilustrasi: Gejala kencing batu. Foto. smarterhealth.id

Gejala kencing batu memang cukup penting anda ketahui. Ini adalah suatu penyakit karena terdapat batu pada dalam ginjal, saluran kencing serta kandung kemih.

Jika tidak segera mendapat pertolongan, maka penyakit ini bisa mengganggu segala produktivitas. Hal ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang berlebihan, bisa merusak fungsi ginjal bahkan dapat menimbulkan kematian.

Gejala Kencing Batu yang Perlu Anda Ketahui Lebih Dalam

Kencing batu merupakan salah satu istilah yang paling umum kita dengar. Penyakit yang satu ini tergolong menjadi suatu penyakit kronis. Umumnya sering terjadi pada seorang pria, dan faktor utamanya bisa berupa kekurangan cairan.

Istilah lain dari penyakit ini adalah Bladder Calculi yang merupakan suatu batu dan bisa terbentuk oleh endapan mineral pada dalam kandung kemih. Bahkan ukuran batu tersebut cukup bervariasi dari yang lainnya.

Baca Juga : Penyebab Air Kencing Berbusa Harus Diwaspadai, Ini Cara Mengatasinya!

Penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja, terutama laki-laki yang usia berada pada atas 52 tahun. Salah satu gejala kencing batu yang sering timbul adalah karena pembesaran prostat. Namun berikut ini ada beberapa gejala yang perlu anda ketahui:

Nyeri Ketika Berkemih

Seseorang yang mengalami rasa nyeri saat berkemih, bisa jadi ini merupakan salah satu gejala batu ginjal. Pasalnya keluhan ini bisa muncul saat batu ginjal berada pada kandung kemih.

Nyeri ini bisa terjadi karena saat berkemih, batu akan menggesek pada dinding kemih. Sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri ketika berkemih namun akan hilang dengan sendirinya setelah selesai.

Nyeri Pinggang

Gejala kencing batu yang kedua adalah sering merasa sakit dan nyeri pada bagian pinggang dan merupakan salah satu gejala yang paling utama. Nyeri ini bisa timbul karena batu ginjal tersebut sedang tergantung pada letak batu itu.

Umumnya, nyeri yang sering terjadi akan berlokasi pada pinggang bagian belakang. Namun pada pinggang kanan atau kiri semua tergantung pada tata letak batu tersebut, apakah berada pada sistem ginjal kanan atau kiri.

Rasa nyeri ini awalnya memang terasa ringan, tapi setelah 20 menit hingga 1 jam nyeri bisa bertambah lebih sakit. Bahkan kondisi seperti ini bisa menyebabkan seseorang tidak mampu berjalan karena rasa sakit yang luar biasa hebat.

Baca Juga : Dipercaya Ampuh, Warga Kota Banjar Manfaatkan Kayu Secang Obati Kencing Batu

Merasa Selalu Ingin Berkemih dengan Frekuensi yang Meningkat

Gejala kencing batu selanjutnya adalah selalu memiliki perasaan ingin berkemih dan jumlah frekuensinya semakin meningkat. Hal ini bisa saja terjadi, terutama saat batu yang ada pada kandung kemih sangat besar. Sehingga dapat merangsang kandung kemih agar selalu ingin kencing.

Gejala yang satu ini harus anda bedakan pada gejala kencing manis. Pasalnya dalam kencing batu, meskipun frekuensi saat berkemih sangat banyak, tetapi jumlah urin yang keluar hanya sedikit. Namun pada kencing manis, frekuensi saat berkemih cukup meningkat dan urine yang keluar sangat banyak.

Selain hanya peningkatan frekuensi, kencing batu bisa memberikan suatu gejala berupa ingin selalu berkemih. Perasaan ini biasanya datang secara tiba-tiba dan harus segera ke kamar mandi meskipun jumlah urine yang keluar cukup sedikit.

Nyeri Bagian Lainnya

Gejala kencing batu tidak hanya terjadi dengan rasa nyeri pada pinggang saja, namun juga area tubuh yang lainnya. Seperti pinggang bagian depan bawah, pinggang depan, selangkangan serta daerah kemaluan, baik wanita maupun pria.

Biasanya nyeri ini akan berawal pada riwayat nyeri pinggang terlebih dahulu. Meskipun hal ini juga bisa muncul secara mendadak pada lokasi tempat yang lain. Nyeri seperti ini pun juga sama pada nyeri pinggang, yaitu akan memiliki rasa sakit yang luar biasa.

Baca Juga : Guys, Kencing Sambil Berdiri Bahaya Menurut Kesehatan Lho!

Kencing Darah

Apabila batu ginjal yang anda rasakan telah mengiritasi batu pada saluran kemih serta struktur yang lainnya, gejala ini bisa menyebabkan kencing berdarah.

Meskipun terlihat cukup seram, namun kadang kencing darah tidak akan ada rasa nyeri. Tetapi karena rasa takut, penderita dengan gejala seperti ini akan segera menemui dokter.

Penyebab

Ada beberapa penyebab yang sering terjadi yaitu karena kekurangan air minum putih. Karena air ini berperan sangat penting untuk tubuh, terutama untuk kesehatan seseorang. Maka perbanyaklah untuk selalu minum air putih minimal satu liter setiap harinya.

Selain itu, gejala kencing batu bisa timbul karena kurang olahraga dan mengkonsumsi makanan berupa vitamin A. Pasalnya kekurangan vitamin dapat memicu terjadinya kencing batu. Sehingga perbanyak untuk mengkonsumsinya dengan mengimbangi olahraga secara teratur. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah