GMD Kabupaten Ciamis Gelar Pengabdian di Bantardawa

GMD Kabupaten Ciamis Gelar Pengabdian di Bantardawa
Foto : GMD Kabupaten Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kegiatan Pengabdian Gerakan Mengajar Desa (GMD) Kabupaten Ciamis kembali dilaksanakan. Sepertihalnya di desa-desa sebelumnya, yakni selama 7 hari, terhitung sejak tanggal 21 s/d 28 Februari 2021.

Kegiatan yang baru berjalan di Kabupaten Ciamis pada tahun 2020. Dan kegiatan ini telah mendapat rekomendasi dari Bupati Ciamis ini digelar di Desa Bantardawa, Kecamatan Purwadadi Kabupaten Ciamis.

Adapun program utama dari GMD adalah mengajar siswa/siswi SD/MI dengan sistem pembelajaran di luar sekolah. Kegiatan kali ini mengusung tema “Belajar Sambil Bermain, Bermain Seraya Belajar”.

Sebelumnya, GMD Kabupaten Ciamis pada periode pertama menyasar 5 desa 5 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

Antaralain, Desa Sukaharja (Rajadesa), Desa Bangunharja (Cisaga), Desa Bantardawa (Purwadadi), Desa Nagarajaya (Panawangan) dan Desa Tenggerharja (Sukamantri).

Leader GMD Kabupaten Ciamis, Dandi Herdiana, berharap kegiatan di Bantardawa ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar Kawan Inspiratif (sebutan siswa-siswi di desa) meskipun dalam kondisi Pandemi COVID-19.

Pihaknya berharap, pengabdian ke-3 ini mampu menebar kebermanfaatan, khususnya bagi Kawan Inspiratif untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar.

GMD Ciamis Nilai Bantaradawa Cocok Jadi Lumbung Padi

“Selain itu, dapat kami sampaikan salah satu potensi Desa Bantardawa terdapat pada bidang pertanian. Bantardawa ini cocok sebagai salah satu lumbung padinya Ciamis,” kata Dandi.

Dandi menuturkan, selain Program Mengajar, terdapat Program Kemasyarakatan, Program Ashar Menalar, Magrib Mengaji dan Program Penerangan Kabupaten Layak Anak.

Berbeda dengan desa sebelumnya, Dandi mengatakan, ada beberapa kolaborator GMD yang turut mensukseskan kegiatan ini.

Meliputi Pemdes Bantardawa, SDN 1 Bantardawa, SDN 2 Bantardawa, MI Sukadana, DTA Al Hikmat. Kemudian FAD Kabupaten Ciamis, HIMMAN FE Universitas Galuh dan FPSH HAM Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah kali ini kami menggandeng beberapa kolaborator, tentunya ini dapat menyempurnakan program GMD sendiri. Terakhir, kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Bantardawa dan para siswa/ siswi yang sangat antusias mengikuti program kami”.

Sebagai informasi, jumlah tutor yang terjun dalam kegiatan pengabdian ini sebanyak 27 orang. Yakni terdiri dari pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Ciamis. (Deni/R4/HR-Online)