Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita CiamisHabis Tahu Bulat, Terbitlah So Tahu Ciamis! Digoreng Dadakan Seribuan

Habis Tahu Bulat, Terbitlah So Tahu Ciamis! Digoreng Dadakan Seribuan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sekilas woro-woro dari mobil pick up yang terdengar dari kejauhan seperti woro-woro tahu bulat yang sempat viral beberapa waktu lalu. Tapi ini berbeda, woro-woro itu menyebutkan So Tahu digoreng dadakan seribuan. So Tahu merupakan cemilan hasil kreasi produsen tahu bulat asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Saat tahu bulat tak lagi se-viral dulu, gantinya So Tahu yang dipasarkan di mobil pick up dengan woro-woronya yang khas. Namun, berbeda dengan tahu bulat, So Tahu memiliki varian rasa berbeda-beda. Tetapi tetap bahan bakunya tahu. Bentuknya sekilas seperti Cireng, namun terbuat dari tahu. Isiannya macam-macam.

Setidaknya ada lima varian isian So Tahu, yakni ayam original, ayam pedas, usus pedas, dan ati ampela pedas. 

HR Online menemui salah seorang penjaja So Tahu di Dusun Cihideung, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Ia biasa dipanggil Mas Ruswanto.

Mas Ruswanto mengaku berasal dari Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Ia mengambil So Tahu dari salah seorang produsen di daerah Warung Jarak, Buniseuri, Kabupaten Ciamis.

“Jualan ke jalur sini (Desa Utama, Cijeungjing) baru dua mingguan. Sebelumnya hanya di sekitar Kawali dan Warung Jarak,” katanya, Senin (8/3/2021).

Mas Ruswanto berjualan sendirian, ia menyetir mobil pick up untuk  menjajakan So Tahu. biasanya dia punya ‘kenek’ yang bertugas melayani pembeli termasuk menggoreng So Tahu dadakan. 

“Tiga kenek lagi pada libur semua, kerja di hajatan, ada yang pasang sound system, panggung,” katanya.

So Tahu Ciamis Bukan Cemilan Biasa

Kepada HR Online, Mas Ruswanto menjelaskan perbedaan menggoreng tahu bulat dan So Tahu asli buatan Ciamis tersebut.

“Kalau tahu bulat ketika digoreng di minyak panas itu biasanya meletup, kalau So Tahu ini nggak,” katanya sambil menggoreng So Tahu.

Mas Ruswanto menambahkan, jika tahu bulat enak sebagai cemilan, maka So Tahu selain sebagai cemilan, bisa juga dibuat sebagai ‘teman’ makan nasi. 

“Karena ada isiannya macam-macam, jadi bisa dibikin sebagai rencang nasi,” katanya. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -