Herbal Daun Alpukat, Manfaat dan Cara Membuat Air Rebusannya

herbal daun alpukat
Sejuta manfaat herbal daun alpukat untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Herbal daun alpukat ternyata tak kalah hebatnya dengan bagian buahnya. Bahkan sebagai obat herbal, daun tumbuhan ini mengandung banyak senyawa aktif yang penting untuk tubuh. Termasuk ampuh mengontrol tekanan darah dan mengatasi berbagai penyakit.

Buah alpukat yang kaya akan nutrisi bagi tubuh, tidak lagi kita ragukan khasiatnya bagi kesehatan. Buah ini memiliki kandungan kalium yang tinggi serta berkhasiat meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu alpukat juga terkenal sebagai salah satu menu diet yang baik. Hal ini karena kandungan seratnya mampu membuat seseorang kenyang lebih lama.

Namun siapa sangka selain buahnya yang kaya akan manfaat, daun dari jenis tanaman ini juga memiliki khasiat yang tak kalah besar. Khasiat herbal ini ternyata mampu menjadi obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Agar Anda tidak ingin ketinggalan dengan info penting ini, maka artikel ini akan mengulas mengenai beberapa keutamaan herbal daun alpukat yang telah lama juga digunakan dalam pengobatan tradisional.

Baca Juga : Manfaat Daun Alpukat, Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Ginjal

Kandungan dan Khasiat Herbal Daun Alpukat

Pada dasarnya, kandungan yang terdapat dalam daun alpukat banyak senyawa aktif yang penting untuk tubuh. Seperti saponin, flavonoid, alkaloid, polifenol, quersetin, dan gula alkohit persiit.

Tanaman herbal ini juga bersifat diuretik atau peluruh kencing, anti bakteri, dan karminatif atau peluruh kentut.

Karena memiliki banyak senyawa aktif yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, maka daun alpukat ini banyak orang yang memanfaatkannya sebagai obat herbal.

Bagi yang belum begitu familiar dengan daun ini, herbal ini berupa daun tunggal yang memanjang dengan pangkal dan ujung yang runcing. Daun alpukat pada umumnya berwarna hijau dan memiliki cita rasa yang pahit.

Namun meskipun memiliki rasa yang pahit, khasiatnya herbal tersebut sudah tidak dapat kita ragukan lagi. Untuk mengenal lebih jauh, berikut ini adalah beberapa khasiat herbal daun alpukat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : Obat Maag Alami Paling Efektif Mulai dari Daun Jambu Hingga Kunyit

Sebagai Obat Tekanan Darah Tinggi

Salah satu khasiat herbal dari pohon alpukat ini karena mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif. Hal ini karena daun herbal ini mengandung flavonoid yang mampu memberikan efek hipotensi atau darah rendah pada tubuh.

Untuk merasakan manfaatnya tersebut, Anda hanya perlu mencampurkan 3 sampai 5 lembar daun alpukat dengan air hangat. Lalu seduh hingga cita rasa daunnya keluar. Air seduhan ini dapat Anda konsumsi sebanyak satu kali sehari.

Sebagai Obat Kencing Batu

Menderita kencing batu seringkali bisa kita atasi dengan mengonsumsi obat-obatan kimia. Namun bukan berarti penyakit satu ini tidak dapat kita sembuhkan dengan menggunakan obat herbal.

Herbal daun alpukat mungkin bisa menjadi salah satu referensi pengobatan alami untuk kencing batu tersebut. Untuk cara membuat ramuan herbal ini pun termasuk cukup mudah.

Anda hanya perlu menyeduh 7 lembar daun alpukat dengan 1/2 gelas air panas. Minumlah air tersebut selagi hangat sebanyak dua kali sehari atau hingga kristal penyumbat kencing Anda keluar.

Baca Juga : Obat Herbal Penurun Gula Darah Pilihan Efektif dan Bisa Buat Sendiri

Mengatasi Nyeri Lambung

Herbal daun alpukat juga bisa kita gunakan sebagai obat pereda maag. Hal ini karena kandungan dari daun ini memiliki efek antiulserogenik yang berkhasiat untuk mengurangi nyeri lambung.

Untuk cara membuatnya yakni dengan menyeduh 3 hingga 6 lembar daun alpukat dengan satu gelas air panas. Air hasil seduhan tersebut dapat Anda konsumsi selagi hangat sebanyak sehari sekali.

Mencegah Batu Ginjal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keunggulan herbal daun alpukat juga karena mengandung saponin, alkaloid, flavonoid, polifenol, dan kuersetin. Selain itu, tanaman ini juga bersifat diuretik dan antibakteri yang dipercaya mampu mengobati batu ginjal.

Membuat ramuan herbal daun alpukat untuk batu ginjal juga tidak sulit. Bahkan hampir sama seperti mengolahnya untuk keperluan penyakit lainnya.

Hanya saja Anda perlu merebus campuran 7 lembar daun alpukat dengan 110 ml air hingga mendidih. Setelah itu Anda sudah bisa langsung mengonsumsinya setelah dingin dengan frekuensi dua kali sehari.

Meskipun memiliki banyak khasiat, namun karena namanya adalah obat herbal daun alpukat mungkin tidak langsung kita rasakan. Jika penyakit yang Anda derita tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter yang menanganinya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah