Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita TerbaruHikmah Sabar dan Tawakal, Dicintai Allah serta Mendapatkan Surga-Nya

Hikmah Sabar dan Tawakal, Dicintai Allah serta Mendapatkan Surga-Nya

Hikmah sabar dan tawakal ada banyak sekali. Maksudnya adalah kita tetap sabar dalam menghadapi musibah yang sedang melanda dan juga tawakal kepada Allah.

Sebagai seorang muslim, seharusnya kita percaya bahwa apapun yang menimpa kita sudah menjadi takdir. Selain itu, yang datangnya dari Allah, pastinya juga akan kembali kepada-Nya.

Namun perlu anda pahami betul mengenai makna dari surat Al-Baqarah ayat 286:

Bahkan Allah juga sudah berjanji, setelah kesulitan akan ada kemudahan, seperti yang tertera dalam Al-Qur’an Surat Al-Insyirah Juz 30 ayat 5 sampai dengan enam. Bahkan artinya sampai diulang-ulang dua kali. Apakah anda masih ragu dengan kebesaran Allah? Sungguh azab Allah itu sangat pedih.

baca juga: Keteladanan Nabi Nuh Mengajarkan Kesabaran dan Setia Kepada Allah

Beberapa Hikmah Sabar dan Tawakal

Faktanya sikap sabar dan tawakal itu merupakan sikap yang sangat mudah untuk kita ucapkan dan banyak hikmah. Namun, buktinya juga masih susah untuk kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal bersabar adalah ciri khas orang yang beriman. Sudahkah anda sabar dan tawakal hari ini?

baca juga: Berserah Diri Kepada Allah Mengajarkan Diri Kita untuk Ikhlas dan Sabar

Mendapatkan Akhir yang Baik

Orang yang senantiasa bersikap sabar dan tawakal terhadap suatu hal yang terjadi pada dirinya, maka hikmah sabar dan tawakal yang akan ia dapatkan adalah memperoleh hasil yang baik dari Allah SWT.

Misalnya adalah ketika Allah Ta’ala menguji anda dengan tertimpanya suatu musibah, namun anda tetap sabar, berdoa, dan juga tawakal, dan sungguh Allah akan memberikan kita hasil yang baik.

Hal yang demikian terdapat dalam Al-Qur’an surat Hud ayat 49:

baca juga: Istri Nabi Zakaria, Seorang Muslimah yang Solehah

Akan Mendapatkan Keberuntungan

Sebagaimana bunyi mahfudzat ataupun kata mutiara “Man Shobaro Dzofiro”, mempunyai arti barang siapa yang bersabar pasti akan beruntung.

Dengan demikian, maka hikmah sabar dan tawakal yang akan anda dapatkan ketika mampu melaksanakannya yaitu sebuah keberuntungan. Apakah anda ingin termasuk dalam daftar orang-orang yang beruntung?

Hal ini sudah terdapat dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 200:

Hikmah Sabar dan Tawakal

Meningkatkan Keimanan dan Tidak Mudah Putus Asa

Nyatanya tawakal itu mampu merubah sikap egois. Maksudnya adalah yang semula kita orang yang suka menyerah, namun karena mampu mengaplikasikan sabar dan tawakal, maka hikmah sabar dan tawakal tanpa kita sadari adalah mengubah sikap buruk tersebut.

Dengan begitu, kita juga akan menjadi orang yang senantiasa bersyukur. Syukur merupakan suatu perkara yang dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah. Menerima segala sesuatu yang sudah kita punya ataupun yang kita dapatkan tanpa mencelanya sedikit pun.

Menjadikan Seseorang Lebih Mandiri

Tanpa kita sadari ternyata dengan kita mampu sabar dan tawakal terhadap apapun yang akan terjadi pada kita, sungguh hikmah yang akan kita dapatkan adalah menjadikan seseorang maupun diri sendiri lebih dewasa bahkan mandiri dalam menghadapi masalah dunia.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga dapat menjadikan seseorang untuk lebih memahami kelebihan dan kekurangan yang telah Allah berikan. Kondisi yang demikian juga bisa menjadikan seseorang lebih menghargai kekurangan seseorang.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Furqon ayat 58:

Akan Mendapatkan Martabat yang Tinggi

Allah sudah menjanjikan siapapun yang semasa hidup di dunia penuh dengan sabar dan tawakal, maka kelak ia akan mendapatkan martabat yang tinggi. Itulah salah satu hikmah dari sabar dan tawakal.

Nah, dari beberapa hikmah sabar dan tawakal tersebut, semoga kita bisa mendapatkannya. Ketika di akhirat kita mampu mendapatkan tempat yang tinggi tersebut sesuai dengan yang telah Allah janjikan. Allahumma Aamiin. (Muhafid/R6/HR-Online)