Honda City Hatchback Type RS Indonesia Meluncur, Ini Spesifikasinya

Honda City Hatchback Type RS
Honda City Hatchback Type RS. Foto: Ist/Net

Honda City Hatchback Type RS telah resmi meluncur pada hari Rabu (03/03/2021). Mobil tersebut melengkapi jajaran tipe RS yang sudah hadir di Indonesia seperti Civic Hatchback RS, Jazz RS, Mobilio RS, dan Brio RS. 

Mobil tersebut mengusung bekalan berkonsep Elevate Your Move. Dengan menonjolkan keunggulan serta ciri khas hatchback Honda yang lebih stylish dan modern.

Honda kali ini menghadirkan peningkatan pada beberapa segi seperti ruang belakang yang lebih lebar, luas, panel instrumen yang lebih berkualitas tinggi, serta fitur lainnya yang lebih canggih. 

Baca Juga: Suzuki Swift 2021 Meluncur Dengan Tampilan Tangguh dan Keren

Alasan Kuat Menghadirkan Honda City Hatchback Type RS 

Setelah beberapa kali Honda menghadirkan tipe RS di Indonesia, menjadi pertanyaan publik. Dari berbagai macam seri dan model seperti varian Honda Jazz, City Hatchback RS menjadi pilihan untuk dipasarkan di Indonesia. 

Dari pihak HPM sendiri menyampaikan bahwa karakter konsumen Indonesia lebih menggandrungi kendaraan yang lebih sporty sesuai medan terjangnya sehingga City Hatchback Type RS menjadi pilihan tepat dalam mendukung aktivitas mereka sehari-hari. 

Alasan tersebut semakin kuat dengan adanya pendapatan tinggi penjualan Honda Jazz tipe RS yang sebelumnya mencapai 90%. Hal ini menunjukkan arah minat dari konsumen Indonesia. 

Bahkan dengan menghadirkan Civic Hatchback baru-baru ini juga menjawab permintaan konsumen. Dari survey serta persentase penjualan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa konsumen Indonesia lebih menyukai kendaraan yang dinamis, sporty, dan memiliki performa tinggi untuk menjelajah seperti Honda City Hatchback Type RS . 

Spesifikasi City Hatchback Type RS 

City Hatchback Type RS mengalami peningkatan dari berbagai segi. Hal tersebut bertujuan untuk menyuguhkan desain terbaik serta memberikan kenyamanan kepada pengendara. 

Desain Tampilan

Honda menerapkan cutting edge design pada sisi eksterior City Hatchback Type RS. Sekarang ini terlihat lebih bergaya dan segar dari sedan sebelumnya.

Penyematan Full LED Headlight dengan LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light dalam bilah lampu LED. Sebenarnya lebih mirip ke Civic. 

Grill atas depan, cermin pintu samping, antena sirip hiu, dan 16″ roda paduan sporty terlihat dengan warna hitam yang memukau dan tajam. 

Baca Juga: Bentley S2 Continental Flying Spur Klasik Menjadi Mobil Listrik Modern

Selain itu, tersemat diffuser dengan bumper yang berlekuk menambah stylish mobil Honda City Hatchback Type RS. Penambahan fog garnish serta lower mesh grille terlihat gahar. 

Aerokit serta bumper pada mobil telah melewati masa pengujian di Sakura dengan pengembangan Formula 1 pengoptimalan aerodinamika. 

Interior City Hatchback Type RS

Pada sisi interior City Hatchback Type RS, terdapat kabin yang lebar dengan jok berlapis dan aksen warna merah lebih sporty. Hal ini menambah kenyamanan saat di ruang kabin. 

Selain itu, penumpang dapat mengatur empat mode kursi depan dan belakang karena adanya peningkatan fitur Ultra Seat yang terdiri dari Refresh Mode, Tall Mode, Long Mode, dan Utility Mode. Jok di dalamnya berbahan suede fabric dan kulit dengan jahitan rapi dalam permukaan berpola hitam samar.  

Pada dashboard Honda City Hatchback Type RS terdapat panel instrumen terintegrasi dengan 8′ audio layar sentuh kapasitif tingkat lanjut. Selain itu, kemudahan dalam menghubungkan HP anda untuk Android Auto dan Apple CarPlay.

Fitur lainnya yang memberikan kenyamanan adalah adanya speaker pada bagian depan maupun belakang kabin berjumlah 8 buah. Selain itu, terdapat Auto  A/C with Red Illumination. 

Mekanisme penyalaan mobil membawa bekal push start button dan tidak perlu menggunakan kunci. Hal ini memudahkan anda menghidupkan maupun masuk ke kabin.

Baca Juga: Honda CRF250 Rally 2021 Meluncur Dengan Performa Tangguh

Performa Mesin

Hal utama yang paling mengesankan yakni performa mesin Honda City Hatchback Type RS dengan transmisi CVT dan 6 M/T mesin 4 silinder 1.5 L DOHC berkatup 16 buah i-VTEC. Hal tersebut menghasilkan power hingga 121 PS di 6600 rpm dan torsi 145 Nm pada 3400 rpm. 

Mesin City Hatchback Type RS telah sesuai dengan standar EURO 4. Bahkan berbekal ECON Mode demi pengaturan karakter berkendara hemat bahan bakar serta ramah. 

Honda City Hatchback Type RS hadir dengan 6 warna dalam banderol harga yang belum pasti karena masih menunggu hingga bulan depan untuk pengumuman harga pastinya. Namun sebagai gambaran, harga mobil tersebut berada diatas harga Jazz RS, yakni lebih dari Rp. 288 juta.