Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruHonda City RS e:HEV Lebih Irit BBM dari Mobil Kategori LCGC

Honda City RS e:HEV Lebih Irit BBM dari Mobil Kategori LCGC

Honda City RS e:HEV ternyata lebih irit BBM dari mobil yang masuk dalam kategori LCGC (Low Cost Green Car). Mobil kategori LCGC memang dirancang memiliki konsumsi bahan bakarnya serendah mungkin.

Salah satu syarat supaya masuk sebagai LCGC yakni satu liter BBM harus bisa menempuh jarak minimalnya 20 kilometer.

Namun, mobil baru pabrikan Honda, yakni City RS e:HEV (Hybrid Electric Vehicle) tidak masuk kategori tersebut, tetapi pemakaian bahan bakarnya lebih irit dari mobil kategori LCGC.

Mobil sedan terbaru dari Honda ini meluncur perdana di Negeri Jiran Malaysia pada Minggu 14 Maret kemarin. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan seputar mobil tersebut yang irit bahan bakar.

Fakta Honda City RS e:HEV Lebih Irit BBM

Mobil sedan ini menggunakan teknologi hybrid bermesin konvensional dengan kapasitas 1.500 cc. Namun, mesin tersebut berfungsi sebagai generator listrik guna mengisi baterai.

Kemudian, satu motor listrik juga dipasang pada bagian mesin. Fungsinya untuk penambah tenaga dan starter. Selain itu, ada satu lagi motor listrik dengan torsi 253 Newton meter dan kekuatan 108 daya kuda. Motor listrik ini berfungsi sebagai penggerak utamanya.

Baca Juga : Jenis Mobil Honda yang Rilis pada 2021, Bersiaplah untuk Memilikinya

Tetapi saat melaju dengan kecepatan tinggi, maka mesin bensin yang akan mengambil alih dari tugas motor listrik. Untuk melaju kencang mesin bensin lebih efisien ketimbang menggunakan dinamo.

Dengan konfigurasi itu maka konsumsi BBM Honda City RS e:HEV mampu mencapai 26,5 kilometer per satu liter bensin. Sedangkan, kecepatan puncaknya mampu mencapai hingga 173 kilometer per jam.

Spesifikasi

Honda City RS e:HEV melengkapi jajaran tipe RS lainnya yang telah hadir di Indonesia. Sebut saja Jazz RS, Civic Hatchback, RS, Brio RS, dan Mobilio RS.

Mobil besutan Honda itu mengusung bekalan dengan konsep Elevate Your Move yang menonjolkan keunggulan dan ciri khas dari hatchback Honda. Dalam hal ini desain lebih stylish serta modern.

Kali ini Honda menghadirkan beberapa peningkatan pada ruang belakang menjadi lebih lebar dan luas. Kemudian, kualitas panel instrumen juga lebih tinggi, serta berbagai fitur canggih lainnya.

Peningkatan dalam berbagai segi itu untuk menghadirkan desain terbaiknya, sekaligus memberikan kenyamanan bagi pengendara.

Baca Juga : Honda City Hatchback Type RS Indonesia Meluncur, Ini Spesifikasinya

Desain

Selain lebih irit BBM dari LCGC, untuk desain eksterior City RS e:HEV ini Honda juga memakai cutting edge. Sehingga tampilannya terlihat lebih stylish dari sedan sebelumnya.

Sedangkan, penyematan full LED headlight mirip Honda Civic. Seperti LED Fog Light, LED Daytime Running Light, serta Rear Combi Light.

Kemudian, grill atas bagian depan, cermin pada pintu samping, dan City RS e:HEV juga memiliki antena sirip hiu. Serta 16” roda dengan paduan sporty berwarna hitam terlihat tajam dan memukau.

Tersemat pula diffuser dengan bumper berlekuk sehingga semakin menambah stylish Honda City RS e:HEV. Terlebih adanya fog garnish dan lower mesh grille yang terlihat gahar.

Bumper dan aero kit pada mobil ini sudah lulus pengujian di Sakura melalui pengembangan Formula 1 dengan pengoptimalan aerodinamika.

Interior

Pada segi interior Honda City RS e:HEV terdapat jok berlapis dengan aksen berwarna merah tampak lebih sporty, serta kabin yang lebih lebar. Tentunya peningkatan pada bagian eksterior ini semakin menambah kenyamanan pengguna saat berada dalam ruang kabin.

Bahkan, penumpang bisa mengatur mode kursi depan maupun belakang berkat adanya peningkatan pada fitur Ultra Seat. Fitur ini terdiri dari Tall Mode, Refresh Mode, Utility Mode, dan Long Mode.

Kemudian, jok bagian dalamnya menggunakan bahan kulit dan suede fabric dengan jahitan sangat rapi yang permukaannya berpola hitam samar.

Baca Juga : Honda Brio RS Urbanite Rilis Dengan Desain Lebih Sporty dan Modern

Untuk bagian dashboard tersemat panel instrumen yang terintegrasi dengan 8’ audio touch screen kapasitif tinggi. Pengguna mobil sedan terbaru dari Honda ini juga akan mendapatkan kemudahan saat menghubungkan HP, baik Apple CarPlay maupun Android Auto.

Kenyamanan lainnya juga bisa Anda dapatkan dengan adanya speaker di bagian depan dan belakang kabin yang jumlahnya 8 buah. Ada pula Auto A/C dengan Red Illumination.

Mekanisme menyalakan mobil Honda City RS e:HEV ini mengusung sistem push start button, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kunci. Ini memudahkan pengguna saat menghidupkan maupun ketika masuk ke kabin.

Performa Mesin

Performa mesin City RS e:HEV paling mengesankan. Mengusung transmisi CVT, mesin 6 T/M 4 silinder 1.5 L DOHC dengan katup 16 buah i-VTEC.

Mesin Honda City RS e:HEV sudah sesuai standar EURO 4. Berbekal ECON Mode untuk pengaturan karakter saat berkendara agar hemat BBM.

Sedangkan untuk harganya, di Malaysia mobil ini dibanderol 105.950 Ringgit atau setara dengan Rp 369 juta. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -