Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruHonda Vario 160 Segera Meluncur, Simak Penjelasannya

Honda Vario 160 Segera Meluncur, Simak Penjelasannya

Honda Vario 160 merupakan salah satu motor skutik yang kabarnya sedang mengalami persiapan peluncuran selanjutnya. Setelah peluncuran PCX 160 lalu, Honda semakin gencar membuat motor skutik dengan spek terbaru. 

Motor yang dipersiapkan tersebut memiliki kapasitas tenaga mesin 160cc. Honda percaya bahwa nantinya motor tersebut memberikan jawaban untuk konsumen setelah keberhasilannya di pangsa pasar dengan mengeluarkan Vario yang berportofolio terbaik di Asia. 

Oleh karena itu, keputusannya memilih motor tersebut menjadi semakin kuat. Apalagi motor yang digarapnya kali ini, Honda memberikan beberapa pengembangan pada mesin dengan silinder tunggal berkubikasi 157cc. 

Baca Juga: Honda Vario 150 Sporty 2020 dengan Skema Warna Khas Anak Muda

Bekalan Honda Vario 160 Tetap yang Terbaik

Honda tetap menyematkan mesin terbaik dengan performa tenaga hingga 14,7Tk. Namun secara detail, torsi yang akan disematkan nantinya masih belum pasti. 

Honda juga akan menyematkan ciri khas dari Vario tersebut dengan fitur eSP+. Bahkan alasan Honda menyematkan kapasitas 160 cc bukan tanpa tujuan, melainkan memberikan sisi emisi yang lebih handal serta menyesuaikan uji global EURO5 maupun BS6 India. 

Beberapa pengembangan Honda Vario 160 yang masih persiapan tersebut nantinya segera meluncur di pasar Thailand dan tidak menutup kemungkinan akan hadir pula di pasar Indonesia tahun ini. 

Mesin 

Selain mesin yang berperforma besar, Vario 160 nantinya memiliki keistimewaan tenaga dalam rpm tertentu. Hanya sayang, belum ada kabar jelas mengenai karakter mesin model overstroke atau overbore. 

Sesuai lansiran dari media Thailand, All New Vario 160 tersebut bakal rilis 2021 dengan pengembangan besar, termasuk pada body, eksterior, serta dalam mesinnya. 

Menurut informasi lain, spesifikasi Honda Vario mengalami pengembangan dari 58 mm x 57,9 mm ke 60 mm x 55,5 mm. Dengan beberapa penyegaran, rasio kompresi Honda Vario menjadi 12,0:1 yang sebelumnya 10.6 : 1.

Dari hal tersebut, mesin Honda Vario 160 juga bertenaga lebih meningkat yakni 16,2 PS pada 8500 rpm. Sebelumnya mesin bertenaga 14,8 PS yaitu pada 8250 rpm. Prediksi torsi akan melonjak ke 14,2 Nm pada putaran rendah di 6500 rpm. 

Baca Juga: Honda CRF250 Rally 2021 Meluncur Dengan Performa Tangguh

Prediksi Harga 

Mengenai harga jual Vario 16 nantinya akan mencapai 23 jutaan karena mengusung teknologi eSP. Apabila dibandingkan dengan PCX sebelumnya, Honda Vario berdesain lebih tajam dan sporty. Bahkan publik memprediksi bahwa kehadiran Honda Vario bakal menantang New Yamaha Aerox 155.

Segi tampilan, motor tersebut membawa desain mirip motor sebelumnya. Selain itu, bodynya terlihat lebih kecil. Berbekal headlamp dengan gaya terbaru. 

Bahkan fitur yang dibawanya tidak seperti motor sebelumnya, karena bakal memakai sistem pengereman disc brake depan maupun belakang.

Tentu saja Honda Vario 160 juga tersemat fitur ABS single channel pada sisi depan. Namun pihak Honda belum fokus untuk Indonesia karena saat ini lebih fokus pada Honda Vario untuk Thailand. 

Kemungkinan Honda lebih fokus seri PCX untuk pasaran Indonesia, tentu Honda sendiri telah mempertimbangkan banyak hal mengenai peluncurannya nanti. 

Perbandingan PCX 160 dan Honda Vario 

PCX 160 memang mendapatkan desain yang lebih elegan dan terlihat mewah. Sedangkan Honda Vario lebih ke sporty dan tajam. Keduanya sama-sama membawa sentuhan yang lebih segar. 

Pada PCX 160 memiliki garis tegas dan dinamis dengan tekukan tegas pada bodi depan samping yang memperlihatkan futuristik. Selain itu, terlihat bongsor. Sedangkan skutik Honda Vario terlihat lebih kecil dengan peningkatan barunya. 

Baca Juga: All New Honda PCX 160 Pesaing NMax Hadir di Indonesia, Harga?

Mengenai performa tenaga, PCX 160 berbekal kapasitas 156 cc dengan piston 60 mm dan langkah 55,5 mm. Mesin tersebut berfokus pada over bore. Sedangkan pada mesin Honda Vario 160 memiliki kapasitas 160cc. 

Jantung mekanis pada PCX 160 tersebut 157cc dengan tenaga 16 HP pada 8500 rpm dengan torsi 15 Nm pada 6500rpm. Sedangkan pada Honda Vario mendapatkan peningkatan dari PCX 160. 

Harapannya, Honda Vario akan segera meluncur ke Indonesia dengan berbagai peningkatan yang menunjukkan performa terbaiknya.

Dengan dukungan fitur-fitur pada motor tersebut, sehingga dapat memenuhi keinginan para penggemarnya. Khususnya pada Asia Tenggara yang memang lebih menyukai motor skutik dengan performa terbaik. 

Bagi anda yang sudah tidak sabar dengan kehadiran motor Honda Vario 160, maka anda dapat mengikuti peluncurannya di Thailand dan melihat secara langsung seperti apa spesifikasi lengkapnya. Anda juga dapat mengikuti informasi update melalui situs resmi Honda Vario tersebut. 

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img