HP ASUS ROG Phone 5 Sudah Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

HP ASUS ROG Phone 5
HP ASUS ROG Phone 5. Foto : GSM Arena

HP ASUS ROG Phone 5 kabarnya sudah rilis pada Rabu (10/3/2021) kemarin. Kehadiran smartphone ROG Phone seri terbaru besutan ASUS ini memang banyak yang menunggunya.

Sebab, para pecinta game smartphone tentu tidak sabar untuk menjajal kemampuan dari ponsel pintar besutan vendor asal Taiwan ini.

Setidaknya ada 3 varian yang hadir dari seri ROG Phone 5 ini. Yaitu, versi reguler, Pro dan kelas tertinggi yakni Ultimate.

Sementara kehadiran dari ponsel ROG Phone 5 ini sudah mendapat desain ulang, guna memperbaiki performa serta ergonomik dari versi sebelumnya.

Baca Juga : HP Gaming ASUS ROG Phone 3, Ini Harga Terbarunya di Indonesia

Sekaligus, hadirnya ponsel gaming ini tentu menjadi suksesor dari ROG Phone pertama sampai versi keempat, yang memang banyak peminatnya.

Spesifikasi dan Harga HP ASUS ROG Phone 5

Sebagai smartphone flagship dan kelas gaming, tentu untuk spesifikasi dan fitur yang seri ini bawa tidak perlu disangsikan lagi.

Bagaimana tidak, jika memang kelas ponsel gaming dengan spek yang abal-abal tentu akan mengecewakan penggunanya.

Jangan jauh-jauh, untuk versi pertama sampai keempat dari ROG Phone, bisa menjamin kenyamanan saat bermain game kelas berat sekalipun.

Penasaran seperti apa spesifikasi yang smartphone besutan ASUS ini bawa? Berikut ulasannya.

Dapur Pacu

Mengutip dari GSM Arena, untuk versi regulernya, dapur pacu yang tersemat di HP ASUS ROG Phone 5, adalah Snapdragon 888 (5 nm) besutan dari Qualcomm.

Prosesor yang belum lama dirilis ini, diklaim bisa meningkatkan bagian kemampuan grafis. Selain itu, Machine Learning atau pembelajaran mesin dan fotografinya juga meningkat.

Baca Juga : Fitur Andalan Ponsel Gaming Asus ROG Phone 2

Selain HP ASUS ROG Phone 5, smartphone lainnya yang menggunakan Snapdragon 888 adalah Xiaomi Black Shark 4 Series, Realme Race, Oppo Find X3 Series, OnePlus 9 Series dan lainnya.

Sedangkan pada bagian CPU clock speed-nya sampai 2.84 GHz, dan GPU menggunakan Adreno 660.

Kemudian, pendukung performa terpasang RAM dengan kapasitas 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB. Atau bisa juga Anda memiliki RAM 12 GB dengan ROM 256 GB, dan RAM 16 GB dengan ROM 256 GB.

Sedangkan untuk yang versi Ultimate tentu lebih besar dalam RAM dan ROM, dengan kapasitas 18 GB dan 512 GB.

Seluruh model dari HP ASUS ROG Phone 5 memakai penyimpanan UFS 3.1, terkecuali smartphone versi 12/256 GB dan 8/128 GB.

Layar

Lantas bagaimana dengan bagian layarnya? Sebagai smartphone kelas tinggi dan khusus untuk bermain game, tentu layarnya ini tidak main-main.

Buktinya, ROG Phone 5 ini memiliki ukuran 6,78 inci, dengan resolusi 1080 x 2448 piksel. Selain itu, mempunyai 111% cakupan ruang warna DCI-P3, dengan 151% dari sRGB. bagian panel sudah AMOLED, refresh rate mencapai 144 Hz, dan sudah bersertifikat HDR10.

Baca Juga : HP Asus ROG Phone 2 Diboyong ke Indonesia, Ini Detail Speknya

Adapun kelebihan dari layar HP ASUS ROG Phone 5 sudah terpasang pelindung Gorilla Glass Victus, serta mempunyai lapisan khusus yang bisa membikin jari pengguna tetap meluncur dengan nyaman, meski dalam keadaan basah.

Walaupun mengalami peningkatan pada layar diagonalnya, namun ASUS berhasil memotong 25% bezel. Sehingga ponsel ASUS ROG Phone 5 ini, cuma beberapa milimeter lebih tinggi.

Kamera

Meski HP ASUS ROG Phone 5 ini termasuk ponsel gaming, namun tidak serta merta mengabaikan aspek lainnya seperti fotografi.

Jadi, untuk Anda pengguna smartphone terbaru besutan ASUS ini masih bisa memakai kamera untuk merekam atau mengambil gambar dengan kualitas yang baik.

Hal itu terbukti dengan tersematnya 3 kamera pada bagian belakang. Adapun masing-masing konfigurasi kameranya itu antara lain 64 MP dengan bukaan f/1.8 (wide), sebagai kamera utama.

Kemudian kamera kedua beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.4 (ultrawide) yang bisa mengambil sudut pandang 125 derajat. Selanjutnya 5 MP sebagai lensa makro.

Kelebihan dari kamera belakangnya ini adalah bisa merekam video 4K@30/60/120fps, bahkan sampai 8K@30fps.

Sedangkan pada bagian depan dari HP ASUS ROG Phone 5, terpasang lensa tunggal dengan resolusi 24 MP bukaan f/2.5 (wide). Tentunya dengan resolusi sebesar itu bisa memuaskan para penggunanya yang gemar swafoto atau selfie.

Baterai Besar

Baterai sendiri merupakan salah satu pendukung yang penting untuk smartphone kelas gaming. Untuk itu, pada smartphone ASUS ROG Phone 5 ini sudah terpasang daya baterai dengan besaran 6000 mAh.

Baca Juga : HP ASUS Zenfone 7 Series, Ponsel 5G dengan 3 Kamera Bermodel Unik

Selain daya yang besar, HP ASUS ROG Phone 5 juga memiliki fitur pengisian cepat 65W, yang diklaim bisa mengisi ulang baterai 70 persen dalam waktu 30 menit, atau 100 persen hanya 52 menit saja.

Kemudian, tersedia juga  Reverse charging 10W, Power Delivery 3.0 dan Quick Charge 5.

Harga

Masih mengutip dari GSM Arena, untuk harganya sendiri paling murah 800 Euro atau kurang lebih Rp 13,7 jutaan untuk varian RAM 8 GB, dengan ROM 128 GB.

Sedangkan varian RAM 12/256 GB berbanderol 900 Euro atau sekitar Rp 15,4 jutaan. Dan harga HP ASUS ROG Phone 5 untuk RAM 16/256 GB adalah 1.000 Euro atau kisaran Rp 17 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto