HP Kentang Tetap Ngebut Seperti Flagship, Ini Cara Sederhananya

HP Kentang Tetap Ngebut Seperti Flagship
Ilustrasi HP Kentang Tetap Ngebut. Foto : Ist/Net

Meski memiliki HP kentang bisa tetap ngebut kok layaknya smartphone flagship. Seperti kita ketahui, bahwa HP kentang menjadi salah satu kendala, terutama saat bermain game. Pasalnya, bisa membikin lag bahkan hang terlebih game online dengan grafis menengah sampai berat.

Beberapa tahun terakhir, julukan ponsel kentang tiba-tiba mencuat ke permukaan. Dan tampaknya, hal ini karena saat itu, ada sebuah video yang menunjukkan akan kehebatan ponsel iPhone dalam menangkap dan menghasilkan video yang sangat estetik.

Sementara itu, pada kolom komentar video tersebut, muncullah komentar nyeleneh yang intinya ‘ponsel kentang’. Dan siapa sangka, jika kemudian ternyata istilah tersebut mulai digunakan di masyarakat untuk menyebutkan ponsel yang memiliki spesifikasi standar.

Tips Membuat HP Kentang Tetap Ngebut Bak Kelas Flagship

HP kentang tentu identik dengan lemot. Maka, jika kamu ingin jenis atau spesifikasi seperti itu, ponsel tersebut bisa berfungsi sangat baik. Asalkan, Anda bisa mengikuti cara agar smartphone kentang tetap ngebut berikut ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar ponsel kentang kamu tetap bisa beroperasi dengan sempurna. Jadi, jika selama ini kamu bingung caranya, simak saja penjelasannya berikut.

Memakai Aplikasi yang Ringan

Cara agar HP kentang tetap ngebut yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi yang ringan-ringan saja.

Hal ini karena dengan spesifikasi yang minim, maka ponsel kamu membutuhkan aplikasi yang memang sangat ringan, agar tetap bisa ngebut ketika digunakan.

Contohnya, Anda bisa memakai Facebook Lite saja untuk menggantikan Facebook. Kamu tentu tahu sendiri, bahwa Facebook biasa memakan penyimpanan yang sangat besar, berbanding terbalik dengan Facebook versi Lite-nya.

Selain itu, agar lebih simple sehingga HP kentang Anda bisa tetap ngebut, tidak perlu mendownload aplikasi media sosial yang biasa atau lite. Karena, kamu bisa tetap bersosial media dengan memanfaatkan chrome, mozilla, atau yang sejenisnya.

Selain akan membuat ponsel kamu lebih ngebut atau tidak ngelag, pemakaian aplikasi ringan ini juga akan membuat kuota kamu jauh lebih tahan lama.

Hindari Live Wallpaper

Cara agar HP kentang tetap ngebut yang kedua adalah dengan menghindari live wallpaper. Sesuai dengan namanya ya, bahwa ‘live wallpaper’ bisa mengkonsumsi kinerja ponsel lebih besar.

Tak heran jika kemudian performa ponsel menjadi lemot dan menurun, hanya karena live wallpaper yang kamu pilih.

Hal ini karena memang spesifikasi ponsel kamu terbatas. Apabila kamu merasakan sensasi lemot usai menggunakan live wallpaper, cobalah untuk menggantinya dengan biasa saja.

Mengoptimalkan baterai

Tips HP kentang tetap ngebut selanjutnya yaitu dengan mengoptimalkan baterai. Apabila kamu merasa baterai ponsel kamu terlalu cepat habis, maka pada umumnya, hal ini dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang beroperasi.

Oleh karena itu, akan sangat bijak jika Anda memantau penggunaan baterai ponsel dengan teratur.

Caranya bagaimana? Gampang kok. Cukup buka pengaturan atau setting, kemudian cari battery, di sana kamu bisa menemukan aplikasi yang memang bermasalah, kemudian memilih force stop. Hal ini berguna, agar aplikasi tersebut berhenti dari latar belakang.

HP Kentang Tetap Ngebut dengan Mematikan Always On Display

Jika kita nilai dari satu sisi, maka fitur Always on Display ini tentu memiliki sisi kebaikan. Akan tetapi, sisi lainnya, fitur tersebut juga berupaya untuk terus membuat layar ponsel kamu aktif loh. Sehingga, mengkonsumsi baterai yang lebih banyak.

Nah, jika Anda menemukan baterai ponsel kamu mengalami penurunan performa, maka kamu bisa mematikan saja fitur ini dengan menggunakan menu pengaturan. Kemudian pilih saja diantara display ataupun lock screen.

Jangan Menggunakan Aplikasi ‘Pengoptimal Baterai’

Cara agar HP kentang tetap ngebut yang terakhir adalah hindari penggunaan aplikasi pengoptimalan baterai.

Saat ini, ada banyak sekali aplikasi untuk mengoptimalkan baterai yang mudah kamu temukan di Google Play Store. Padahal sebenarnya, ada banyak loh aplikasi sejenis itu yang malah tidak dapat mengoptimalkan baterai, sama seperti slogannya.

Memang sih, aplikasi ini dapat mematikan aplikasi-aplikasi yang masih tetap beroperasi pada latar belakang, kemudian bisa menghapus cache yang ada.

Namun sayangnya, tepat di waktu yang sama, berbagai iklan akan menyerang. Kemudian malware akan muncul.

Nah kamu dapat melihat, bahwa ketika aplikasi tersebut berusaha untuk mengurangi kinerja ponsel, namun saat yang sama juga, ada beban tambahan.

Maka, jika ingin HP kentang Anda tetap ngebut, akan sangat lebih baik jika kamu tidak menggunakan aplikasi pengoptimalan baterai. Gunakan saja aplikasi yang memang sudah atau bawaan dari perusahaan ponsel Anda. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto