HP Realme dengan NavIC Hadir Berfrekuensi Ganda, Ini Daftarnya!

HP Realme dengn NavIC
HP Realme dengn NavIC. Foto: Ist/Net

HP Realme dengan NavIC terdapat dalam beberapa seri. NavIC mungkin masih terasa asing bagi sebagian besar masyarakat.

Sebenarnya NavIC hampir sama dengan GPS, yakni sistem satelit navigasi. Akan tetapi, cakupan dari GPS lebih luas yaitu mampu melacak seluruh dunia. Sedangkan NavIC masih terbatas di wilayah India dan sekitarnya.

Perbedaan lainnya dari kedua sistem stelit navigasi ini adalah GPS telah mengandalkan 31 satelit operasional dengan tujuan agar berfungsi secara lebih baik. Sedangkan NavIC hanya mengandalkan 7 satelit orbit bumi.

Akan tetapi, satelit NavIC telah menggunakan pita frekuensi ganda yakni K5-ban serta S-band. Sedangkan GPS masih menggunakan pita frekuensi tunggal, sehingga keakuratan NavIC lebih baik dari GPS.

Selain itu, sinyal pada NavIC tidak terlalu rentan terhadap penghalang. Meskipun demikian, GPS telah didukung pada setiap smartphone. Sementara NavIC merupakan teknologi yang baru dikembangkan.

Namun, dalam beberapa vendor HP telah ada yang mengusung teknologi ini. NavIC dapat anda temukan dalam beberapa produk dari Realme.

Baca Juga : Kelebihan HP Realme C17, Harga Terjangkau dengan 4 Kamera

Pilihan HP Realme dengan NavIC

Berikut ini beberapa pilihan HP Realme yang memperoleh kelengkapan teknologi NavIC, antara lain:

Realme 6 Pro

Perusahaan telah mengungkapkan beberapa fitur yang tersemat pada Realme 6 Pro. Salah satunya, ponsel ini akan memiliki punch hole.

Sesuai dengan laporan 91Mobiles, Relame 6 Pro hadir dengan ditenagai Snapdragon 720G SoC. Ini merupakan chipset mid-tier dari Qualcomm yang berbasis fabrikasi 8nm.

Menariknya lagi, Realme 6 Pro dinyatakan sebagai salah satu smartphone yang memperoleh dukungan teknologi NavIC dan telah dikembangkan oleh ISRO.

Perangkat ini merupakan ponsel kelas menengah pertama yang secara resmi mendukung sistem satelit navigasi regional independen India.

Spesifikasi lain dari HP Realme NavIC ini adalah hadir dengan layar 90Hz dan panel IPS LCD berukuran 6,6 inch. Layar ini hadir dengan resolusi HDR 1080 x 2400 piksel dan juga memperoleh perlindungan Corning Gorilla Glass.

Berjalan pada OS Android 10, HP Realme 6 Pro ini juga memperoleh dukungan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Mengenai dukungan kamera, HP Realme degan kelengkapan NavIC ini mengusung kamera depan 16MP.

Sedangkan untuk dukungan kamera belakangnya terdiri dari 64MP, 12MP, 8MP, dan 2MP. Selain itu, juga telah tersemat baterai non removable Li-Po berkapasitas 4300mAh sebagai dukungan daya.

Baca Juga : Harga HP Realme C21 dan Spesifikasinya

Realme X50 Pro 5G

Realme X50 Pro merupakan HP Realme pertama yang memperoleh dukungan NavIC. Seperti yang kita ketahui, NavIC merupakan sistem navigasi dengan konstelasi India.

NavIC adalah sistem penentuan posisi geografi regional yang rancangannya dari ISRO untuk memberikan penentuan posisi yang lebih akurat di India dan sekitarnya.

Sistem navigasi satu ini hampir setara dengan GPS yang berbasis pada AS, Glonass Rusia, serta Galileo yang telah berkembang dari Eropa.

HP Realme dengan dukungan NavIC satu ini hadir berspesifikasi cukup mumpuni serta bekalan beragam fitur handal. Mengusung panel layar SUPER AMOLED seluas 6,44 inch dengan proteksi Corning Garilla Glass 5.

Layar ini mempunyai resolusi 1080 x 2400 piksel. Dengan hadirnya panel layar ini, mampu menghasilkan rentang dinamis serta kontras warna yang lebih luas. Lalu juga menghadirkan kualitas layar lebih tajam dan terang.

Baca Juga : Harga HP Realme Narzo 30A yang Resmi Hadir di Indonesia

Dengan menawarkan tampilan desain Dual Punch Hole Display, HP Realme NavIC ini tampil lebih kekinian dan bezel tipis. Tak ketinggalan pula jika perangkat ini mengusung rasio perbandingan body ke layar hingga 92%.

HP flagship ini juga memperoleh dukungan chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 serta GPU Adreno 650. Realme X50 Pro telah menghadirkan CPU Octa-core dengan Kryo 585 berkekuatan GHZ, 3 buah varian clock speed 2,42 GHz, serta 4 inti Kryo 585 1,8 GHz.

Prosesor yang satu ini juga memperoleh dukungan RAM 12GB dan memori internal hingga 256GB. Untuk aktivitas fotografinya, terdapat dukungan quad camera pada bagian belakang yang terdiri dari 64MP, 12M, 8MP, dan 2MP. Mengenai kamera depannya terdiri dari 32MP dan 8MP. Lalu dukungan baterai Li-Po 4200mAh.

Dukungan daya pada HP Realme dengan NavIC satu ini juga telah mengandalkan 65W SuperDart Flash Charge. Dengan teknologi ini, perangkat ini mampu melakukan pengisian daya hingga penuh hanya dalam 35 menit saja. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah