Seekor Ikan Hiu Tutul Terdampar di Pantai Cimanuk Tasikmalaya

Ikan Hiu Tutul
Ikan Hiu Tutul yang mati dan menjadi tontonan warga. Foto: Istimewa

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Seekor ikan hiu tutul terdampar di bibir pantai Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Kejadian ini pun membuat warga sekitar heboh, Rabu (3/3/2021).

Ikan yang memiliki bobot sekitar 4 ton itu pun menjadi tontonan gratis warga, bahkan di antara mereka mengabadikannya lalu membagikannya ke media sosial.

Bugeul, salah satu nelayan, mengaku pertama kali melihat ikan tersebut saat ia hendak mancing di sekitar Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI).

“Ikannya terbawa gelombang besar dan membuat ikan ini tersangkut di batu karang,” katanya kepada HR Online.

Ia pun berusaha menolongnya bersama 4 warga lainnya. Namun, lantaran ikannya begitu besar dan bobotnya berat sehingga mereka tidak mampu mendorong ke laut.

“Jadinya ikan hiu tutul itu mati karena berada di batu karang,” imbuhnya.

Menurut Kepala Desa Cimanuk, Anhar, penemuan ikan sepanjang 6,5 meter sekitar pukul 14.00 WIB tersebut masih menjadi tontonan warga. Apalagi kemunculannya setiap 5 tahun sekali.

“Sebenarnya ada upaya evakuasi dari warga. Karena keterbatasan jumlah sehingga tidak kuat dan akhirnya ikan ini pun mati,” ucapnya.

baca juga: Hujan Angin, Baliho Ambruk Timpa 3 Mobil di Tasikmalaya

Ia menduga kejadian ini karena faktor cuaca. Hal itu karena tidak ada luka sedikitpun pada hiu tersebut.

Atas peristiwa ini, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Muspika serta Pol Air sekitar.

“Kita tanyakan apakah ikan hiu tutul ini bisa dikonsumsi atau tidak? serta solusi selanjutnya bagaimana kita sampaikan,” pungkasnya. (Apip/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid