Investasi Modal Kecil yang Terbaik dan Paling Menguntungkan

investasi modal kecil
Ragam jenis investasi modal kecil yang direkomendasikan. Foto: Ist/Net

Ada banyak pilihan investasi modal kecil yang saat ini tersedia. Dari menabung, deposito, saham, hingga investasi emas. Anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda sekaligus yang paling menguntungkan.

Siapa bilang kalau mau investasi harus mempunyai modal besar. Nyatanya sekarang ada banyak jenis investasi yang bisa kita lakukan dengan modal kecil. Bahkan dengan modal mulai 100 ribu rupiah kita sudah bisa mulai berinvestasi.

Saat ini ada berbagai pilihan investasi yang banyak beredar dan ditawarkan. Anda dan siapapun yang ingin menanamkan investasinya juga tidak perlu ragu karena aspek keamanannya yang sudah mendapat jaminan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi tidak ada alasan lagi untuk Anda yang mau berinvestasi tapi terkendala modal kecil. Bahkan dengan modal yang ada Anda memiliki kesempatan waktu untuk lebih mengenalnya. Sehingga ketika semakin besar Anda bisa menambah investasi lainnya.

Baca Juga: Investasi Paling Menguntungkan yang Paling Banyak Dilirik Orang

Rekomendasi Jenis Investasi Modal Kecil

Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja jenis investasi tersebut ada banyak pilihan yang menarik. Untuk mengetahui apa saja rekomendasi jenis investasi modal kecil yang paling menguntungkan, langsung saja simak pilihannya berikut ini.

Saham

Membicarakan tentang investasi pasti salah satu pilihannya adalah saham. Kebanyakan kita mengenal investasi saham membutuhkan modal besar dan mempunyai resiko besar. Benarkah demikian?

Pada kenyataannya investasi saham tidak terlalu buruk seperti bayangan. Kalau kita mengenal dan mau terjun dalam bidang saham yang pergerakannya stabil, maka risiko tersebut bisa kita tekan dan hindari.

Untuk jenis saham yang aman untuk tempat investasi kita tentunya perlu selektif. Sebaiknya Anda memilih jenis investasi saham BUMN atau saham-saham blue chip yang lebih terjamin dan stabil.

Sedangkan untuk modal yang perlu kita siapkan dan tanamkan juga fleksibel. Anda bahkan bisa mulai menanamkan investasi dengan modal kecil sejumlah 500 ribu rupiah.

Reksadana

Pilihan investasi modal kecil selanjutnya ada reksadana. Jenis investasi reksadana menjadi pilihan tepat dengan minimal modal cukup Rp 100 ribu saja. Untuk potensi keuntungannya juga besar tentunya mengikuti jumlah modal yang bisa Anda tanamkan.

Sistem dari reksadana adalah membeli per unit. Nantinya dana Anda akan dikelola oleh manajemen investasi untuk menjadi modal saham, obligasi, dan lainnya. Dari pengalaman, menggunakan reksadana sangat bagus dan rendah risiko terhadap kerugian.

Investasi pada reksadana termasuk beresiko kecil dan rendah mengalami kegagalan investasi. Kita akan senantiasa mendapat keuntungan dari persentase jumlah modal yang kita tanamkan.

Untuk platform yang menyediakan layanan reksadana sebaiknya Anda menggunakan tempat yang memang sudah terdaftar pada OJK, seperti Bareksa atau yang lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Investasi Terbaik dan Terpercaya, Cocok Bagi Investor Pemula

Emas Murni

Investasi modal kecil selanjutnya yang juga menguntungkan adalah dengan menggunakan emas. Namun emas yang Anda pilih sebaiknya bukan jenis emas semacam perhiasan melainkan emas murni atau emas batangan.

Jenis emas batangan sangat cocok Anda jadikan sebagai investasi. Sebab seiring bertambahnya waktu bertambah mahal pula harga per-gramnya. Sekalipun harga emas turun, namun harga tersebut biasanya cepat naik lagi bahkan bisa semakin mahal.

Untuk Anda yang tertarik melakukan investasi emas, maka Anda bisa memperolehnya lewat Lembaga Pegadaian atau Perusahaan Antam. Sesuaikan saja dengan modal yang Anda miliki.

Deposito Bank

Kalau Anda kurang tertarik dengan beberapa investasi modal kecil sebelumnya, maka Anda bisa memilih deposito bank. Jenis investasi ini mempunyai risiko yang sangat kecil. Bahkan Anda tidak akan kehilangan uang Anda karena dijamin pemerintah.

Sistem yang berlaku dari deposito tak berbeda dengan model tabungan bisa. Hanya saja Anda tidak bisa mengambil uang sewaktu-waktu seperti tabungan biasa. Ada pilihan periode deposito, dari 1, 3, 6, 12 bulan.

Dari modal tersebut nantinya Anda akan mendapat keuntungan berapa persen dari jumlah modal yang kita tanamkan. Untuk keuntungannya, kita hanya bisa mengambilnya sesuai kesepakatan atau periode deposito.

Itulah beberapa pilihan jenis investasi modal kecil yang paling menguntungkan. Meskipun risiko merupakan pertimbangan penting untuk mencegah kerugian, namun minim resiko juga akan membuat keuntungannya kecil. Karena itu penting mengenal setiap jenis investasi. (R11/HR Online)

Editor: Jujang