Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita BisnisInvestasi yang Cocok untuk Pemula

Investasi yang Cocok untuk Pemula

Berita Bisnis, (harapanrakyat.com),- Investasi yang Cocok untuk Pemula. Dewasa ini zaman yang serba canggih ini sangat banyak investasi yang menguntungkan. Mulai dari investasi pada sektor riil sampai dengan investasi pasar modal.

Kunci sebuah investasi yakni jangan pernah menyepelekan hal-hal sekecil apapun. Karena hal-hal ini kecil ini dapat membawa dampak yang besar.

Tidak sedikit yang tahu bahwa investasi dan menabung adalah hal yang berbeda, bahkan sangat sedikit orang yang mengerti akan pentingnya berinvestasi.

Investasi adalah pendayagunaan sejumlah modal untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Sedangkan menabung adalah menyimpan sejumlah modal untuk dipergunakan di kemudian hari.

Sesungguhnya jika setiap orang memahami dengan baik apa itu investasi, maka setiap orang akan mengerti dengan baik bagaimana pentingnya investasi dan memperbanyak investasi ketimbang dengan menabung.

Investasi pada sektor riil memang cukup menguntungkan, namun di era modern ini investasi pasar modal atau sekuritas begitu banyak peminatnya, karena kemudahan dan hasil yang cukup menjanjikan. Selain itu investasi pada sekuritas ini tidak hanya memungkinkan untuk investasi dengan jangka panjang akan tetapi juga investasi dengan jangka pendek.

Bagi pemula terlebih dahulu sebelum memilih produk investasi memahami tentang apa saja produk investasi yang ada di sekuritas, apa saja keuntungan dan juga kekurangannya sehingga kerugian dalam berinvestasi dapat diminimalisir.

Daftar Investasi yang Cocok untuk Pemula

Investasi Saham

Salah satu investasi yang cocok bagi investor pemula yakni investasi pada produk saham. Bagi yang tidak tahu apa itu saham, saham merupakan surat berharga milik suatu perusahaan dalam bentuk lembaran dengan besaran kepemilikan sesuai dan tertera pada lembar saham.

Saham yang perusahaan terbitkan biasanya dijual dalam beberapa bentuk, terdapat saham yang hanya pemilik perusahaan miliki, dan ada pula saham yang diperjual-belikan kepada publik.

Investasi pada saham ini dapat menguntungkan karena terdapat dua keuntungan dalam setiap investasi,yakni adanya dividen atau pembagian hasil keuntungan perusahaan dan juga capital gain atau selisih harga jual dengan harga beli saham.

Investasi saham ini terbilang cocok untuk investor pemula atau orang yang baru saja berinvestasi karena akses jual beli saham cukup mudah dan pola yang tidak rumit. Meskipun dalam pengambilan keputusan pembelian saham memerlukan kompetensi dan analisa yang dalam, akan tetapi investasi saham ini juga sangat mudah.

Pola Investasi Saham

Pola yang pasti dari investasi saham yakni, jika harga saham mengalami penurunan investor dapat membeli saham dengan jumlah yang sesuai dengan adanya modal dan pada beberapa waktu kemudian jika saham mulai mengalami kenaikan investor dapat menjual kembali sahamnya. Dari sana investor sudah pasti mendapatkan keuntungan.

Satu hal yang pasti. Umumnya tidak semua saham dapat ditransaksikan dalam jangka pendek. Beberapa saham dalam beberapa waktu harga stagnan atau bahkan mengalami penurunan, hal ini biasanya terjadi pada perusahaan yang baru saja berdiri.

Akan tetapi satu hal yang pasti bahwa setiap perusahaan yang sudah bisa menerbitkan saham akan mengupayakan perkembangan usahanya. Sehingga dapat dipastikan pada beberapa waktu kedepan saham akan mengalami kenaikan.

Jangan letakkan seluruh telur pada satu keranjang. Ini adalah salah satu nasihat dalam berinvestasi. Maknanya adalah jangan letakkan seluruh modal pada satu jenis atau satu perusahaan yang sama.

Hal ini bertujuan agar jika satu investasi gagal maka tidak semua investasi gagal, mengingat perusahaan juga terdiri dari beberapa sektor yang berbeda-beda.

Setidaknya terdapat 623 perusahaan yang tergabung dalam bursa efek Indonesia per tahun 2020 lalu. 623 perusahaan tersebut terdiri dari sektor dan sub sektor yang berbeda-beda. Harga sahamnya pun bermacam-macam mulai dari Rp. 100 per lembar saham sampai dengan Rp. 60.000 per lembar sahamnya.

Sebagai investor pemula dan jika belum dapat melakukan analisa terhadap perkembangan saham. Saham dengan harga tertinggi dan terendah dapat jadi alternatif pilihan. Pemilik saham dengan harga yang tinggi, karena saham ini cenderung stabil dapat dipastikan menguntungkan.

Namun jika modal investasi tidak mencukupi untuk membeli saham dengan nominal yang besar, maka saham termurah dapat jadi alternatif pilihan. Saham termurah ini biasa perusahaan yang cenderung baru dan akan terus mengalami kenaikan harga, meskipun tidak signifikan akan tetapi cukup menguntungkan.

Investasi Obligasi

Jenis produk investasi selanjutnya yang jadi alternatif pilihan dalam berinvestasi yakni obligasi. Obligasi sendiri merupakan surat utang yang perusahaan keluarkan untuk mendapatkan sejumlah dana dari investor.

Obligasi ini cukup menguntungkan karena terdapat suku bunga obligasi yang menjadi keuntungan bagi investor. Resiko dari pembelian obligasi ini juga tidak terlalu tinggi atau bahkan bisa minim resiko daripada saham.

Sebagai investor pemula dan memilih obligasi sebagai produk investasi perhatikan nilai perusahaan dan hal-hal yang mempengaruhi harga obligasi suatu perusahaan.

Investasi Emas

Selanjutnya yakni investasi emas, investasi emas menjadi salah satu pilihan produk investasi yang cocok bagi pemula. Investasi ini merupakan investasi yang akan mendapatkan prospek keuntungan dalam jangka panjang.

Harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun, hal ini karena semakin terbatasnya sumber daya alam logam yang diolah menjadi emas. Karena kelangkaan tersebut harga emas terus mengalami kenaikan.

Sejak pandemic covid kemaren emas menjadi alternatif pilihan bagi para investor dalam meletakkan modalnya. Hal ini karena perusahaan berhenti beroperasi sehingga kemungkinan keuntungan mengalami penurunan dan mempengaruhi harga saham secara tidak langsung. Oleh karena itu para investor banyak menjual sahamnya dan beralih pada investasi emas.

Untuk investor pemula investasi emas ini dapat jadi pilihan karena minim resiko, dan cukup menguntungkan. Risiko yang timbul dari investasi ini cukup minim, karena harga yang cenderung mengalami kenaikan.

Kini investasi emas juga menjadi lebih mudah dengan banyaknya aplikasi penyedia jasa investasi seperti pegadaian dan bibit. Investor dapat berinvestasi tanpa ribet dan ragu karena sudah terdapat izin dari OJK.

Investasi Mata Uang Asing

Jenis investasi lainnya yang dapat jadi pilihan dalam berinvestasi bagi pemula yakni investasi pada jual beli mata uang asing. Jual beli mata uang asing ini merupakan investasi jangka pendek yang cukup menjanjikan akan tetapi juga cukup berisiko.

Mata uang asing setiap negara mengalami perbedaan harga jika ingin menukarnya dengan mata uang asing negara lain. Fluktuasi ini karena banyak hal yang berhubungan dengan kondisi ekonomi suatu negara.

Sebagai investor pemula investasi pada mata uang asing atau pasar uang ini akan mendapatkan hasil yang cukup tinggi. Hasil ini investor peroleh dari selisih penjualan dan pembelian mata uang asing suatu negara.

Akan tetapi hal ini juga mengandung risiko yang cukup tinggi. Oleh karena ini investor pemula sebelum mencoba jenis investasi ini harus memahami dengan baik pola-pola investasi pasar uang. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -