PUPRP Ciamis Tangani Jalan Penghubung Antar Kabupaten yang Longsor

PUPRP Ciamis Tangani Jalan Penghubung Antar Kabupaten yang Longsor
UPTD DPUPRP Kabupaten Ciamis Wilayah Banjarsari, tengah memperbaiki jembatan dan jalan penghubung antar kabupaten yang longsor, Selasa (9/3/2021). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jalan penghubung antar kabupaten yakni Ciamis dengan Pangandaran yang longsor, kini malah kian meluas.

Jalan tersebut tepatnya di Dusun Kaligamping, RT 16/04, Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Akibatnya, jalur penghubung 2 kabupaten pun sempat terganggu.

Menurut Kepala UPTD DPUPRP Wilayah Banjarsari, Suparman, longsoran ini terjadi tepat pada jembatan dan hampir separuh jalan, dengan panjang sekitar 12 meter.

Sehingga, dengan adanya kejadian tersebut, UPTD PUPRP wilayah Banjarsari saat ini tengah melakukan penanganan. Hal tersebut, agar kendaraan roda 4 bisa melewati jalan penghubung antar kabupaten tersebut.

“Saat ini kami tengah melakukan penanganan. Meski penanganan ini bersifat sementara, namun setidaknya kendaraan bisa melewati jalur ini,” katanya kepada HR Online, Selasa (9/3/2021).

Lebih lanjut Suparman menjelaskan, penanganan sementara tersebut baru menggunakan kayu kelapa gelondongan.

“Insya Allah tahun ini akan ditangani secepatnya. Kami juga telah melakukan koordinasi dengan dinas,” jelasnya.

Pantauan HR di lapangan, jalan tersebut merupakan arus lalu lintas penghubung antar kabupaten, yang kerap banyak dilalui pengendara.

Sedangkan untuk kerusakan yang cukup panjang itu, membuat para pengendara harus ekstra hati-hati saat melalui jalur tersebut.

“Meski bersifat sementara, namun nantinya jalur ini akan aman untuk dilalui. Saat ini, kita terpaksa harus menutup dulu jalan. Paling sekitar dua hari kita tutupnya,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto