Jenis Asuransi di Indonesia, Apa Saja?

Jenis Asuransi di Indonesia

Berita Bisnis, (harapanrakyat.com),- Dewasa ini masyarakat Indonesia mulai menyadari pentingnya sebuah asuransi. Beragam jenis asuransi yang dapat anda pilih seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan maupun asuransi kepemilikan rumah dan properti.  

Asuransi mempunyai segudang manfaat bagi penggunanya. Misal, tiba-tiba rumah yang anda tempati rusak karena kebanjiran, kebakaran atau karena bencana alam lain.

Untuk meminimalisir kerugian bisa dengan menggunakan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Sebagian besar biaya perbaikan akan asuransi tanggung tergantung pada syarat dan perjanjian saat mulai menggunakan asuransi. 

Memiliki asuransi akan memudahkan penggunanya jika suatu saat terjadi keadaan yang tidak terduga, maka tidak perlu khawatir mengatasinya karena bisa teratasi dengan asuransi.

Manfaat asuransi sebenarnya sama dengan menabung. Jika menabung, anda bisa mengambil kapan saja karena sifatnya fleksibel, berbeda dengan asuransi. Asuransi tidak bisa anda ambil kapan saja, hanya anda bisa mengklaim saat terjadi sesuatu, misal terjadi kecelakaan, sakit maupun kehilangan.

Secara garis besar asuransi merupakan tameng atau penyelamat saat terjadinya musibah yang tidak terduga. Mari kenali lebih lanjut jeni-jenis asuransi beserta kegunaannya.

Jenis Asuransi di Indonesia

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan salah jenis asuransi yang dalam kerjanya menanggung atau bertanggung jawab jika pengguna asuransi maupun kerabat (suami, istri, anak maupun orangtua) tiba-tiba meninggal dunia. Pentingnya mempunyai asuransi jiwa yaitu : 

  1. Asuransi jiwa bisa menjadi pelindung jika tiba-tiba hal buruk menimpa seseorang. Misal seorang kepala keluarga tiba-tiba mengalami kecelakaan dan meninggal di tempat.
    Jika mempunyai asuransi jiwa maka pihak asuransi akan memberikan santunan atau klaim sebesar perjanjian untuk keluarga yang ditinggal meninggal agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.
  2. Selain itu, asuransi jiwa juga bisa digunakan untuk tabungan  namun menabung di asuransi jiwa tidak bisa diambil jika bukan di waktu atau keadaan tertentu.

Asuransi jiwa juga mempunyai berbagai macam cabang jenisnya : 

Pertama; asuransi jiwa yang sifatnya berskala. Dan asuransi jenis ini tidak bisa anda gunakan seumur hidup karena sifatnya hanya kontrak. Berapa lama kontrak berlaku tergantung pada persetujuannya. 

Kedua; asuransi jiwa yang bisa anda gunakan seumur hidup. 

Ketiga; asuransi jiwa dwiguna jadi bisa digunakan untuk klaim asuransi maupun digunakan sebagai tabungan masa depan.

Keempat; Asuransi jiwa link yaitu asuransi yang bisa digunakan untuk berinvestasi. Banyak perusahaan yang mulai menjual jenis asuransi ini.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di asuransi harus anda pahami dulu syarat dan ketentuannya, jangan tergiur keuntungannya tanyakan juga resiko agar tidak merugikan di kemudian hari. 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang paling banyak pengguna asuransi minati. Meskipun pemerintah menyediakan BPJS Kesehatan yang harganya relatif lebih murah. Namun banyak yang memilih menggunakan asuransi kesehatan.

Dalam prakteknya pengguna BPJS dan asuransi, akan lebih mudah aksesnya dengan menggunakan asuransi. Hal ini menjadikan asuransi kesehatan banyak pengguna minati. Proses klaim asuransi kesehatan sangat mudah. Tidak berbelit dan tidak memakan waktu lama. 

Sakit yang bisa anda klaim juga beragam. Beberapa perusahaan juga memberikan tunjangan asuransi kesehatan hal ini sangat menguntungkan. Misalnya seorang istri dari karyawan perusahaan akan melahirkan dan harus melakukan operasi.

Biaya yang anda perlukan tidaklah sedikit. Namun bisa di klaim oleh asuransi kesehatan. Karena pihak asuransi bekerjasama dengan perusahaan tempat bekerja.

Klaim atas biaya melahirkan untuk asuransi kesehatan hanya bisa anda klaim untuk asuransi kesehatan korporasi atau adanya kerjasama antara perusahaan dan pihak asuransi.

Asuransi Kendaraan

Bagi yang mempunyai kendaraan baik itu mobil ataupun motor atau kendaraan lainnya juga bisa masuk ke program asuransi.

Tujuan adanya asuransi kendaraan yaitu untuk membantu pemilik kendaraan meminimalisir kerugian saat terjadi kecelakaan yang menyebabkan kendaraan rusak,hilang ataupun jika terkena banjir.

Asuransi akan mengganti kerugian dengan klaim sesuai dengan kesepakatan. 

Biaya yang anda keluarkan perbulannya untuk asuransi ini beragam. Ada yang paling murah dan ada juga yang mahal. Bisa anda sesuaikan dengan kondisi keuangan. 

Sehingga tidak perlu khawatir jika tiba-tiba kendaraan mempunyai masalah. Proses klaimnya pun tergolong mudah. 

Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti 

Asuransi yang selanjutnya adalah asuransi kepemilikan rumah dan properti. Memasuki 2015 pemerintah pernah membuat program tentang pembangunan 1000 rumah. Rumah untuk para karyawan yang mempunyai penghasilan di bawah 5 juta. 

Seiring berjalannya waktu, para developer mulai berlomba-lomba untuk membangun rumah yang bisa karyawan jangkau. Lokasi perumahan rata-rata jauh dari keramaian karena mencari tanah yang masih murah.

Dengan lokasi tersebut tak jarang membuat rumah menjadi tidak aman. Misal tiba-tiba terkena longsor, banjir maupun kerusakan akibat kerusuhan.

Mengatasi keadaan ini pihak asuransi mencoba menawarkan asuransi guna membantu mempertanggungjawabkan masalah tersebut. Ketika terjadi musibah di masa yang tak terduga, para pemilik rumah tidak perlu khawatir lagi. Asuransi siap membantu. 

Begitu juga dengan berbagai properti, terlebih untuk para pebisnis properti, adanya asuransi ini sangat membantu perkembangan bisnisnya. Karena asuransi ini mampu mengatasi resiko kerugian yang yang tak terduga. (Deni/R4/HR-Online)