Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruJenis Kaca Spion Mobil yang Wajib Anda Ketahui Beserta Fungsinya

Jenis Kaca Spion Mobil yang Wajib Anda Ketahui Beserta Fungsinya

Jenis kaca spion mobil secara umum berbeda-beda. Tergantung dari peletakan dan fungsi itu sendiri. Ada yang masih manual dan ada yang sudah elektrik. Kaca spion tersebut merupakan komponen yang harus ada dan memiliki fungsi untuk keselamatan dalam berkendara. 

Dengan kaca spion tersebut, anda dapat melihat jarak dekat maupun jauh dari kendaraan lainnya. Anda juga dapat berbelok dengan sempurna tanpa aba-aba dari orang lain. 

Inilah Jenis Kaca Spion Mobil Berdasarkan Pengaturan

Kaca spion memiliki jenis yang berbeda, yakni auto folding dan manual folding. Kedua jenis kaca spion tersebut memiliki fungsi sama. Hanya saja, cara pengaturannya yang berbeda. 

Spion Full Manual

Pada jenis spion ini, anda harus secara manual mengaturnya agar pas dan sesuai. Bahkan anda harus turun untuk menyesuaikannya agar tampilan belakang terlihat secara sempurna. Sehingga anda akan kerepotan dengan jenis kaca spion mobil manual tersebut.

Baca Juga : Memperbaiki Kaca Mobil Retak, Lakukan 4 Langkah Ini Secara Berurutan

Anda juga harus melipatnya secara manual jika anda memarkirkannya agar tidak menghalangi mobil lain. Spion ini anda temui pada mobil-mobil versi lama yang masih menggunakan settingan manual.

Spion Elektrik

Sedangkan jenis kaca spion mobil elektrik memiliki pengaturan yang otomatis, begitu juga dengan pelipatannya. Mobil masa kini telah dilengkapi dengan kecanggihan sehingga anda tidak akan ribet lagi untuk menyetingnya. Apalagi bila anda sendirian. 

Terdapat motor kecil dengan aksis vertikal dan horizontal yang terpasang pada balik kaca spion. Motor tersebut akan dihubungkan dengan panel kontrol yang ada di mobil. Biasanya terletak di bawah pengemudi atau panel pintu pengemudi. 

Baca Juga : Seal Belt Macet, Begini Fungsi dan Cara Membersihkannya dari Kotoran

Selain itu, telah dilengkapi dengan pelipatan otomatis yang berfungsi untuk melewati gang kecil. Sehingga hanya dengan menyentuh panel kontrol saja, sudah dapat melipatnya otomatis. 

Sebagian orang memilih spion elektrik karena memiliki kemudahan dalam pengoperasian. Sehingga mengurangi risiko kerusakan saat parkir. 

Namun sebagian orang juga memilih jenis kaca spion mobil manual, karena dari segi biayanya jika tertabrak akan menghabiskan biaya yang mahal. 

Kaca Spion Mobil Berdasarkan Peletakan dan Fungsi

Kaca spion terpasang pada sisi luar dan dalam. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda meski sama-sama untuk melihat arah belakang. 

Kaca Spion Luar

Kaca spion tersebut berada pada pintu luar bagian ujung depan. Fungsinya untuk melihat bagian samping mobil kanan maupun kiri. Anda dapat mengaturnya dengan manual maupun secara elektrik. 

Kaca spion luar ini memiliki fungsi yang sangat penting karena berhubungan dengan keselamatan para pengguna kendaraan sehingga mengurangi resiko kecelakaan. 

Kaca Spion Dalam

Jenis kaca spion mobil ini terletak pada bagian depan menempel dengan atap-atap mobil. Pengemudi dapat melihat sisi belakang dengan kaca tersebut. 

Umumnya kaca ini dirancang secara manual. Sehingga anda lebih mudah mengaturnya karena dekat dengan kemudi. Anda dapat mundur ke belakang dengan kaca tersebut sehingga mengurangi risiko menabrak benda yang anda di belakang. 

Spion Pendukung

Selain kedua jenis kaca spion di atas, beberapa mobil menggunakan spion tambahan atau pendukung yang diletakkan pada atas fender bagian depan.

Baca Juga : Pelindung Kaca Mobil, Gunakan Tips Memilih yang Berkualitas Bagus

Berbentuk cembung yang memiliki fungsi untuk melihat jalur ketika melewati jalan sempit, bahkan pengemudi dapat melihat roda depan sisi penumpang dengan trotoar. Sehingga dapat mengurangi risiko terperosok atau terserempet. 

Fungsi Utama Kaca Spion Mobil

Secara ringkas, jenis kaca spion mobil memiliki banyak manfaat dan fungsi. Adapun fungsinya seperti halnya membantu manuver saat anda parkir sehingga pengemudi tidak akan menabrak pembatas parkir. 

Selain itu, juga sebagai pedoman letak maupun posisi mobil. Hal ini membantu pengemudi untuk tidak terlalu berdekatan dengan kendaraan lainnya. Sehingga anda dapat berada di posisi yang tepat. 

Kemudian juga berfungsi untuk mencegah terjadinya tabrakan. Dengan spion tersebut, maka pengendara dapat memindahkan jalur mobilnya sehingga mengurangi resiko kecelakaan. Menempatkan pada posisi yang tepat dan tetap pada jalur terbaik. 

Lalu juga dapat melihat lalu lalang yang ada di belakang mobil. Dengan begitu, anda dapat mengetahui kondisi belakang mobil. 

Beragam jenis kaca spion mobil membantu para pengendara dalam mengatur serta memanfaatkannya. Kaca spion merupakan suatu keharusan demi keselamatan serta kelancaran dalam berkendara. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -