Jenis Makanan Pahit Ini Manfaatnya Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Jenis makanan pahit ini manfaatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh. Foto: Net/Ist.
Jenis makanan pahit ini manfaatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh. Foto: Net/Ist.

Jenis makanan pahit yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh ini disarankan untuk anda konsumsi. Ada lima rekomendasi jenis makanan yang rasanya pahit, tapi sangat besar manfaatnya.

Sebagian besar orang menghindari rasa pahit karena tidak dapat dinikmati ketika mengonsumsinya. Banyak orang lebih memilih makanan yang memiliki rasa manis dan asin. Sehingga tak heran jika kedua rasa tersebut lebih banyak digunakan sebagai penyedap rasa makanan.

Meskipun banyak orang yang tidak menyukai rasa pahit, namun makanan tersebut ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya adalah bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Merangkum dari berbagai sumber, makanan yang memiliki rasa sangat pahit bisa membuat air liur serta asam dalam perut meningkat.

Selain itu, mengonsumsi makanan pahit ini dapat membantu meningkatkan serapan nutrisi makanan, serta merangsang sistem pencernaan. Sehingga sangat cocok untuk mencegah munculnya masalah pada lambung dan peradangan dalam tubuh.

Pasalnya, kandungan nutrisi yang tinggi dalam makanan yang rasanya pahit mampu meningkatkan kekebalan dan metabolisme tubuh.

Baca Juga : Makanan Penurun Darah Tinggi: Buah-buahan dan Sayuran yang Mudah Didapat

Lantas, apa saja jenis makanan yang rasanya sangat pahit tetapi kaya akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

5 Jenis Makanan Pahit yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Pare

Pare merupakan jenis sayuran yang sudah terkenal dengan rasa pahitnya. Meski begitu, beberapa menu makanan banyak yang menggunakan jenis sayuran ini sebagai bahannya.

Sayuran jenis pare mengandung fitokimia seperti polifenol, triterpenoids, dan flavonoid. Kandungan tersebut bermanfaat untuk memperlambat tumbuhnya sel kanker.

Selain itu, pare juga merupakan salah satu obat alami menurunkan gula darah, dan punya kandungan antioksidan guna mencegah terjadinya kerusakan sel.

Baca Juga : Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar yang Tepat

Sayuran Krusifer

Jenis makanan pahit lainnya yang kaya akan manfaat sehat bagi tubuh adalah sayuran krusifer. Rasa pahit dari sayuran ini memang tidak begitu kuat seperti pare.

Sayuran jenis krusifer ini meliputi kubis, brokoli, bayam, dan lobak. Sayuran tersebut punya rasa yang kuat berkat kandungan glukosinolat yang ada di dalamnya.

Bahkan, para peneliti juga mengungkap hasil penelitiannya bahwa orang yang mengonsumsi jenis sayuran ini akan lebih tahan terhadap penyakit kanker.

Kakao

Kakao merupakan salah satu jenis makanan pahit yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Makanan ini adalah jenis tanaman coklat yang punya rasa aslinya pahit. Meskipun begitu, manfaat sehat dari makanan ini jangan disepelekan.

Rasa pahit makanan ini karena mengandung antioksidan dan polifenol. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan memperlebar pembuluh darah.

Selain itu, jenis makanan ini juga mengandung mineral seperti mangan, zinc, magnesium, tembaga, dan zat besi.

Baca Juga : Makanan Sehat untuk Anak Tak Harus Mahal dan Mewah, Ini Menunya!

Teh Hijau

Teh hijau juga memiliki beberapa manfaat sehat untuk tubuh. Jenis minuman ini bermanfaat untuk membantu menurunkan kelebihan berat badan.

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan kardiovaskuler, serta daya tahan tubuh.

Rasa pahit dari teh hijau karena kandungan polifenol dan katekin di dalamnya. Ganti teh hitam dan kopi yang biasa anda konsumsi dengan teh hijau jika anda ingin mendapatkan manfaatnya.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan jenis makanan pahit yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Jenis buah-buahan citrus seperti lemon dan jeruk kaya akan kandungan vitamin C.

Meskipun demikian, manfaat sehat dari buah jeruk ini ternyata tidak hanya terdapat pada bagian buahnya saja, tapi juga pada kulitnya.

Kulit jeruk terasa pahit karena memiliki kandungan flavonoids yang lebih tinggi. Kandungan ini tidak terdapat pada buahnya. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah