Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruKaki Bengkak Setelah Melahirkan, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi

Kaki Bengkak Setelah Melahirkan, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi

Kaki bengkak setelah melahirkan umum terjadi. Biasanya karena ada penambahan cairan pada mata kaki seorang ibu. Lebih sering disebut Peripheral Edema.

Apabila anda mengalami kondisi seperti ini, banyak cara yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah menunggu kondisi itu supaya sembuh dengan sendirinya.

Kaki Bengkak Setelah Melahirkan dan Penyebabnya

Ketika hamil, seorang ibu akan menghasilkan hingga 50% lebih banyak cairan dan darah dalam tubuh. Kondisi seperti ini agar bisa memenuhi kebutuhan plasenta dan janin yang sedang tumbuh.

Semua pertambahan cairan tersebut akan membantu proses tumbuh kembang janin yang ada di dalam rahim. Sehingga, membutuhkan persiapan jaringan dan panggul dan sendi menjelang persalinan.

Baca Juga: Penyebab Kaki Bengkak, Kenali Faktor-faktor dan Cara Mengatasinya

Jadi, pertambahan berat badan selama masa kehamilan diperoleh dari produksi cairan. Sehingga, ketika mengejan cairan tersebut bisa ikut terdorong.

Kaki bengkak setelah melahirkan biasanya karena ada perubahan di dalam tubuh serta ada peningkatan cairan tubuh. Namun, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya, seperti:

Pembesaran Rahim

Ukuran rahim yang semakin membesar saat kehamilan, bisa menekan pembuluh vena yang ada di kaki. Sehingga, aliran darah akan balik dari bawah tubuh menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kaki bengkak.

Penumpukan Cairan dalam Tubuh

Ketika masa kehamilan, tubuh lebih banyak memproduksi hormon progesteron dan estrogen. Dari peningkatan dua hormon tersebut, bisa menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh salah satunya kaki.

Ligamen Tubuh Lebih Longgar

Penyebab kaki bengkak setelah melahirkan selanjutnya adalah terdapat ligamen didalam tubuh yang lebih longgar. Namun, umumnya kondisi seperti ini hanya bersifat sementara. Jadi, anda tidak perlu merasa khawatir.

Baca Juga: Sindrom Kaki Gelisah, Cari Tahu Gejala Hingga Faktor Penyebabnya

Cairan Infus

Pada umumnya, semua ibu yang melahirkan akan mendapatkan cairan IV atau infus. Entah itu persalinan caesar maupun normal. Cairan pada infus tersebut berperan sangat penting untuk melindungi seorang ibu supaya tidak dehidrasi.

Cairan yang akan masuk melalui intravena bisa menyebabkan tubuh akan menerima penambahan cairan. Sehingga, cairan tersebut bisa menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kaki bengkak.

Akumulasi Darah

Pada umumnya ibu hamil akan memproduksi darah lebih banyak sekitar 50%. Produksi darah tersebut berguna untuk melindungi janin didalam kandungan.

Setelah melahirkan darah tidak akan keluar semuanya dari tubuh. Sehingga, menyebabkan penumpukan darah di dalam tubuh. Kondisi seperti ini yang menyebabkan tubuh menjadi bengkak.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Jika kondisi kaki bengkak setelah melahirkan amat mengganggu, anda bisa menyangga kaki dengan bantalan supaya lebih tinggi daripada jantung. Anda juga harus banyak istirahat yang cukup.

Jangan Berdiri Terlalu Lama

Ketika kondisi kaki masih bengkak, jangan sering berdiri terlalu lama. Usahakan untuk selalu duduk dan istirahat yang cukup.

Lebih baik lagi jangan sampai menyilangkan kaki maupun menopang kaki yang satu dengan kaki lainnya. Hal ini bisa menghambat aliran darah di dalam kaki tersebut.

Baca Juga: Penyakit Kaki Gajah, Gejala, Cara Mencegah Hingga Mengobatinya

Minum Air Putih

Dari adanya penumpukan cairan yang ada di dalam tubuh bukan berarti harus mengurangi air putih. Justru dengan mengkonsumsi air putih bisa mengurangi pembengkakan pada kaki. Bila kekurangan air maka bisa memicu penumpukan cairan yang ada di dalam tubuh.

Menghindari Makanan yang Terlalu Asin

Ketika kaki bengkak setelah melahirkan sebaiknya anda mengurangi asupan makanan yang terlalu asin. Pasalnya, keseimbangan garam di dalam tubuh harus terjaga dengan baik.

Apabila jumlah garam yang dikonsumsi terlalu banyak, tubuh akan mengalami penumpukan cairan. Bahkan, asupan garam bisa memperburuk kaki yang bengkak.

Menggunakan Kompres Dingin

Anda bisa memulihkan kaki yang bengkak dengan menggunakan kompres dingin. Balutlah dengan beberapa es batu dalam sapu tangan. Kemudian, kompres pada area kaki yang bengkak.

Pasalnya dengan kompres dingin bisa membantu untuk mengecilkan pembuluh darah di kaki.

Memeriksa ke Dokter

Kaki bengkak setelah melahirkan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Jika anda mengalami hal-hal tersebut diatas, maka jangan ragu untuk memeriksa ke dokter agar tidak menyebabkan sakit yang semakin parah. (R11/HR-Online/Editor: Eva Latifah)