Kawasaki Ninja H2 SX Test Uji Jalan, Ubahan Tampilan dan Sistem Radar

Kawasaki Ninja H2 SX
Kawasaki Ninja H2 SX. Foto: Ist/Net

Kawasaki Ninja H2 SX melakukan test uji jalan beberapa waktu lalu yang sempat tertangkap kamera. Terlihat dari gambar tersebut, Ninja H2 SX telah mengalami perubahan.

Terutama dalam tampilan serta peningkatan fitur yang canggih. Fitur tersebut yakni Radar System atau Cruise Radar yang merupakan buatan Bosch. 

Seperti tahun sebelumnya, yakni 2019 yang sudah diungkapkan secara langsung oleh pihak Kawasaki terkait kemitraan dengan Bosch tersebut. 

Menurut informasi yang beredar, sistem radar jelajah terletak pada bagian bawah headlight. Bahkan terdapat kamera kecil yang berada pada area kokpit Ninja H2 SX. Dengan adanya sistem radar, Kawasaki mengharapkan kinerjanya dapat optimal. 

Bocoran Peningkatan Kawasaki Ninja H2 SX Terbaru

Ninja H2 SX hadir dengan berbagai peningkatan desain. Mulai fairing yang kalem dari sebelumnya. Selain itu, masih banyak peningkatan dari berbagai segi. Mari simak penyegaran serta peningkatan desain pada Ninja H2 SX.

Tampilan 

Pada bagian depan terdapat kaca dan ventilasi udara terbaru yang lebih kokoh dan gagah. Bahkan pada kokpit tersemat panel instrumen digital dengan layar barunya TFT. TFT tersebut menggantikan konsol part analog dan part digital sebelumnya. 

Layar LCD Kawasaki Ninja H2 SX terdapat speedometer, trip meter, posisi gigi, odometer, fuel meter, konsumsi BBM rata-rata, serta jam. 

Penyegaran pada motor memberikan perubahan halus pada gayanya yakni fascia depan. Sedangkan pada bagian belakang terdapat plat yang dekat dengan dudukan terlihat lebih rendah dari versi sebelumnya.

Perubahan tersebut dengan tujuan untuk penempatan radar pada area belakang. Selain itu, perlindungan dari percikan untuk pillion.

Suspensi fork depan Kawasaki Ninja H2 SX memakai model up side down berdiameter 43mm yang dapat anda setting. Selain itu, di bagian belakang memakai monoshock dengan piggyback reservoir yang dapat anda sesuaikan kebutuhan. 

Posisi saat anda berkendara juga mirip dengan berkendara motor sport, yakni badan membungkuk dengan posisi stang pendek. Jok pada motor tersebut lebih tipis dan meruncing. Tambahan lain yakni ruang kaki penumpang agak terhalang box saat terpasang. 

Dimensi Desain

Kawasaki Ninja H2 SX terdapat garis bodi yang halus, sedangkan posisi windscreen dibuat tegak dan lebih panjang. Dimensi motor yakni panjang 2136 x lebar 774 x tinggi 1203 mm.  

Dari dimensi terlihat Ninja H2 SX lebih bongsor. Jarak kursi ke tanah sebesar 835mm dengan berat motor mencapai 256kg. 

Pada bagian pelek persis dengan H2R yakni berbentuk bintang palang lima pada bagian belakang. Namun perbedaannya hanya pada bagian kelir. Balutan ban pada bagian depan 120/70 R17 dan bagian belakang 190/55 R17. 

Performa Mesin

Mekanisme mesin Kawasaki Ninja H2 SX tidak begitu berbeda dari pendahulunya. Selain itu, didukung arsitektur sama dengan penawaran pengaturan perangkat keras yang mirip. 

Informasi dari situs resmi, Ninja H2 SX berbekal mesin dengan kapasitas 998cc. Bahkan mesin tersebut menghasilkan tenaga 310 dk atau 230 kW di 14.000 rpm.

Berbekal 4 silinder DOHC dengan 4 katup berpendingin cairan. Selain itu, lengkap dengan supercharged. Mesin tersebut telah memenuhi standar Euro 5. 

Terkait sistem radar yang digunakan oleh Kawasaki Ninja H2 SX memang bukan satu-satunya yang menawarkan teknologi pada motor keluaran barunya. 

Baca Juga : Kawasaki KLX 150 Bigfoot, Motor Off Road Bertenaga Desain Sporty

Namun teknologi tersebut telah terpasang pada beberapa motor seperti KTM, Ducati, dan BMW Motorrad, yakni dalam penawaran masing-masing termasuk 1290 Super Adventure S, Multistrada V4, dan R 1250 RT.

Ninja H2 SX tersebut akan debut pada akhir tahun ini dan mulai dijual awal tahun. Motor tersebut memang diperuntukkan bagi anda yang hobi touring. Tentu terpasang box samping sehingga menunjang touring anda. 

Rem dan Fitur Keselamatan

Kawasaki Ninja H2 SX lengkap dengan Engine Brake Control. Kekuatannya juga dapat anda atur sesuai kebutuhan berkendara.

Selain itu, tersemat ABS dan Traction Control bagi anda yang terlalu bersemangat saat berkendara sehingga menghindari selip serta lebih kalem saat cruising. Anda tinggal mengaktifkannya agar kecepatan dapat anda kontrol. 

Pengereman dengan dua cakram berukuran 320 mm pada bagian depan dan kaliper 4 piston. Pada bagian belakang terdapat cakram 250 mm dengan piston dua yang sudah menempel pada pelek. 

Saat anda bermanuver pada jalan yang berkelok, anda dapat memberikan tekanan suspensi yang sangat pas sehingga motor lebih terkendali. Tentu saja fitur tersebut lebih membantu anda. 

Dengan informasi mengenai Kawasaki Ninja H2 SX, anda dapat lebih mengenal secara detail mengenai ubahan maupun sistem teknologi yang motor gunakan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto