Kekurangan Vitamin B12, Kenali Gejala yang Sering Ditimbulkan

Kekurangan Vitamin B12, Kenali Gejala yang Sering ditimbulkan
Ilustrasi Kekurangan vitamin B12. Foto: webmd

Kekurangan vitamin B12 akan dirasakan seseorang apabila tidak memenuhi kebutuhan harian berupa vitamin. Biasanya orang dewasa memerlukan vitamin B12 sebanyak 2,4 mg setiap harinya.

Vitamin ini memiliki peran yang besar untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan fungsi saraf, memproduksi sel darah merah, hingga membantu pembuatan materi genetik pada sel tubuh.

Baca Juga: Kekurangan Vitamin C Menimbulkan Banyak Penyakit

Sumber dan Gejala Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan nutrisi dan vitamin B12 sering terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Hal ini karena kemampuan tubuh untuk bisa menyerap vitamin dari sumber makanan akan berjalan lebih lambat. Bisa terjadi karena seiring dengan bertambahnya usia.

Sumber Vitamin B12

Tubuh manusia memang tidak mampu menghasilkan vitamin B12. Maka dari itu, agar mendapatkannya harus mengkonsumsi makanan dari hewan maupun suplemen.

Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin B12. Terutama pada bagian otot bawah kulit ikan tersebut atau sering disebut sebagai otot gelap tuna.

Tuna bisa anda temukan di mana-mana. Selain itu, banyak mengandung sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan anda. Apabila anda kesulitan dalam mengolah tuna, bisa beralih ke tuna kalengan saja.

Telur

Kekurangan vitamin B12 biasanya karena jarang mengkonsumsi telur. Telur adalah sumber protein yang sangat lengkap. Terutama pada bagian kuning telur, banyak mengandung vitamin B12 daripada putih telurnya.

Selain itu, kuning telur juga akan lebih mudah untuk diserap. Sehingga anda disarankan supaya mengkonsumsi telur utuh agar mendapatkan asupan nutrisi..

Sereal

Sumber vitamin yang satu ini bisa bekerja cukup baik untuk vegan dan vegetarian. Karena bukan berasal dari hewani. Pasalnya, sereal menjadi salah satu sumber vitamin terbaik, terutama B12.

Daging Sapi

Daging sapi adalah salah satu jenis daging yang kaya akan vitamin B12. Tidak hanya itu saja, namun dalam daging sapi banyak mengandung vitamin lain seperti B3 dan B6 dengan jumlah wajar.

Apabila anda sedang mencari vitamin B12 lebih tinggi, sebaiknya memilih jenis potongan daging yang rendah lemak. Akan lebih baik lagi jika olahan daging tersebut dipanggang saja.

Baca Juga: Khasiat Daging Kambing untuk Kesehatan, Diantaranya Cegah Kanker

Gejala Kekurangan Vitamin B12

Ada beberapa gejala yang sering timbul saat seseorang kurang vitamin B12, yaitu sebagai berikut:

Kulit Terlihat Pucat

Kulit yang terlihat lebih pucat, biasanya tanda kekurangan vitamin B12. Ketika memproduksi sel, maka darah merah akan menurun akibat kekurangan vitamin ini. Sehingga tubuh akan lebih mengutamakan aliran darah menuju organ paru-paru dan otak daripada ke kulit.

Sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih pucat. Tak hanya itu saja, namun sel darah merah yang diproduksi ketika tubuh kekurangan vitamin akan berukuran sangat besar. Sehingga hal ini membuat sulit masuk pada pembuluh darah kulit.

Mudah Lelah

Gejala berikutnya jika anda kekurangan vitamin B12 adalah mudah merasa lelah dan lemah. Kondisi seperti ini terjadi karena anda kekurangan nutrisi dari B12. Sehingga bisa menurunkan produksi sel darah merah.

Ketika produksi sel darah merah terjadi penurunan, maka oksigen tidak bisa menyebar ke seluruh anggota tubuh secara maksimal. Sehingga akan menyebabkan lebih mudah lelah dan lemas.

Kesemutan

Kekurangan vitamin B12 dalam jangka waktu yang panjang dapat memicu terjadinya kerusakan pada saraf. Padahal vitamin B12 berperan sebagai metabolisme untuk pembentukan myelin, yakni berupa lemak untuk melapisi dan melindungi saraf.

Apabila tubuh kekurangan B12, maka myelin tidak bisa diproduksi secara tepat. Sehingga menyebabkan fungsi dari sistem saraf tidak bisa berfungsi dengan baik. Gangguan seperti ini menyebabkan kesemutan pada tangan maupun kaki.

Sesak Napas

Sesak napas merupakan salah satu gejala yang bisa timbul saat tubuh merasa kekurangan nutrisi dari vitamin B12. Apabila kekurangan, maka akan membuat jaringan pada tubuh minim oksigen. Jika kekurangan oksigen, maka mempengaruhi kecepatan pernapasan.

Baca Juga: Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami yang Simpel dan Aman

Keseimbangan Akan Menurun

Kekurangan vitamin ini akan menimbulkan kerusakan pada saraf sehingga membuat sistem gerak menjadi terganggu. Kondisi seperti ini akan mempengaruhi keseimbangan anggota tubuh. Anda juga akan lebih mudah terjatuh.

Gejala seperti ini sering terjadi pada lansia. Selain itu, gejala yang ditimbulkan seperti sering sariawan, penurunan berat badan, pusing, perubahan suasana hati, mudah lupa, suhu tubuh tinggi, dan sulit berkonsentrasi.

Dari gejala-gejala di atas, tentu akan mengganggu segala aktivitas anda. Gejala kekurangan vitamin B12 bisa diperbaiki dengan mudah seperti mengkonsumsi sumber makanan atau suplemen. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah