Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram pada Sepeda Motor

Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram pada Sepeda Motor
Ilustrasi Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram. Foto: Ist/Net

Kelebihan dan kekurangan rem cakram cukup beragam. Rem cakram menjadi salah satu komponen yang ada pada sepeda motor.

Peran komponen tersebut cukup penting bagi kendaraan. Cara kerjanya yaitu menghentikan laju kendaraan, bahkan menjadi fitur keselamatan.

Rem cakram menjadi salah satu jenis komponen keselamatan yang ada pada sepeda motor. Selain komponen tersebut, masih ada satu jenis yang lain yaitu jenis tromol.

Jika sepeda motor tidak memiliki komponen penting yang satu ini, tentu akan berakibat buruk. Bahkan jika kondisinya bermasalah, tentu membuat pengendara menjadi tidak aman.

Itulah salah satu komponen penting yang perlu anda rawat dengan baik. Sebenarnya komponen kendaraan perlu perawatan yang tepat.

Salah satunya yaitu dengan melakukan pengecekan secara rutin. Hal ini bertujuan agar komponen bisa berfungsi dengan baik dan normal.

Rem cakram bekerja dengan sebuah komponen yang disebut kapiler dan piston. Keduanya menjepit piringan cakram yang sedang berputar bersama roda.

Fungsinya untuk menghambat laju kendaraan. Dengan menggunakan sistem ini, ada beberapa kelebihan dan kekurangan rem cakram daripada jenis lainnya.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram Motor

Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi darat yang cukup populer hingga saat ini. Apalagi desain hingga mereknya yang beragam, membuat para penggunanya bisa memilih sesuai selera.

Agar sepeda motor bisa difungsikan dengan normal, tentu banyak komponen yang berperan di dalamnya. Salah satu komponen vital sebagai sistem keselamatan berkendara yaitu rem.

Ada dua jenis rem pada sepeda motor yaitu cakram dan tromol. Dengan adanya komponen tersebut, bisa mengatur cepat lambatnya laju kendaraan.

Baca Juga : Rem Sepeda Motor, Kenali Sistem Kerja dan Jenisnya

Agar terhindar dari bahaya, anda perlu memperhatikannya dengan teliti. Salah satu jenis yang banyak orang gunakan yaitu tipe cakram.

Sebenarnya penggunaan komponen tersebut ada kelebihan dan kekurangannya. Karena cara kerjanya yang cukup responsif, sebagian besar pemilik kendaraan lebih memilih menggunakan rem cakram.

Bagi anda yang belum tahu komponen tersebut, sebaiknya pahami keunggulan dan kekurangan berikut ini:

Kelebihan Rem Cakram

Rem pada kendaraan memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan, bahkan sebagai fitur keselamatan. Agar terhindar dari bahaya, penggunaan rem cakram cukup dinanti.

Berikut ini ada beberapa kelebihan dari rem cakram. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan rem cakram, anda bisa yakin dalam memilihnya.

Awet dan Perawatan Mudah

Setiap komponen pada sepeda motor akan awet jika dirawat dengan baik. Begitu juga dengan rem cakram. Keunggulan dari komponen tersebut salah satunya yaitu kualitasnya yang baik.

Komponen yang digunakan menggunakan piringan logam. Setiap pemilik kendaraan tentu menginginkan barang tahan lama. Sehingga performanya tetap dalam kondisi baik.

Pada komponen ini tidak perlu penyetelan secara berkala. Sebab, kaliper rem akan menyesuaikan tingkat keausan kampas secara otomatis. Sehingga tidak seperti pada rem tromol.

Responsif

Sebagai pemilik kendaraan, tidak ada salahnya mengetahui kelebihan dan kekurangan rem cakram. Kelebihan yang ada dalam komponen yang satu ini yaitu responsif. Sehingga secara otomatis akan berfungsi seketika dengan jarak pengereman yang lebih pendek.

Konsisten

Rem cakram bekerja secara stabil dan lebih konsisten ketika ada pengereman. Komponen tersebut akan bekerja dengan kualitas yang cukup stabil.

Kekurangan Rem Cakram

Semua komponen sepeda motor memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk rem cakram. Komponen ini cukup vital, hanya saja tidak bisa terlepas dari kekurangan. Selain hadir dengan berbagai kelebihan, rem cakram tidak selamanya baik.

Kekurangan komponen sepeda motor ini antara lain rawan terdeformasi. Sehingga kerusakan bisa terjadi pada bagian piringannya.

Hal ini tentu pengaruhnya dari debu dan kotoran yang akan masuk. Sehingga komponen akan bekerja lebih berat hingga membuat komponen mudah rusak atau terdeformasi.

Selain itu, kekurangannya terletak pada bagian slidingnya yang mudah berkarat. Hal ini mengakibatkan sealnya tidak berfungsi dengan baik.

Bahkan bagian tersebut akan sobek atau grease yang fungsinya sebagai pelumas. Kerusakan tersebut mampu membuat kaliper rem macet dan tidak bisa berfungsi secara optimal.

Tidak ada salahnya sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan rem cakram daripada tromol. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto