Kesadaran Masyarakat Ciamis Dalam Mematuhi Prokes Meningkat

operasi yusitisi membuat Kesadaran Masyarakat Ciamis Dalam Mematuhi Prokes Meningkat
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Tatang, saat memimpin operasi Yustisi bersama Satpol PP, TNI dan Polres Ciamis, di Pasar Manis Ciamis, Jawa Barat, Kamis (4/3/2021). Menurut Tatang, saat ini kesadaran masyarakat Ciamis dalam mematuhi prokes meningkat. Foto : Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Tatang mengungkapkan, kesadaran masyarakat Ciamis dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) cukup meningkat.

“Jika membandingkan dengan tahun sebelumnya, kesadaran warga Ciamis saat ini cukup meningkat. Salah satunya yaitu dalam pemakaian masker,” ungkapnya saat memimpin operasi Yustisi bersama Satpol PP, TNI dan Polres Ciamis, di Pasar Manis Ciamis, Jawa Barat, Kamis (4/3/2021).

Lebih lanjut Tatang menambahkan, meningkatnya kesadaran masyarakat dalam prokes karena beberapa faktor. Salah satunya adalah rutinnya melakukan kegiatan operasi Yustisi.

Menurutnya, razia Yustisi ini sangatlah efektif untuk menurunkan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ciamis, yang saat ini masih tinggi lonjakan kasusnya.

“Dalam operasi kali ini, kita bukan hanya menyasar pedagang saja. Namun, pengendara yang berlalu lintas seputar pasar dan terminal Ciamis, juga ikut kami razia bila kedapatan tidak memakai masker,” tuturnya.

Sementara untuk operasi Yustisi kali ini, pihaknya membagi menjadi 2 tim. Untuk tim pertama stand by depan pasar atau jalur masuk terminal. Kemudian tim kedua, secara mobile jadi jalan kaki menyusuri pedagang atau pengunjung pasar.

Selain itu, dalam operasi kali ini, pihaknya juga mengedepankan humanis, namun tetap tegas bilamana mendapatkan masyarakat yang melanggar prokes.

“Karena, kita ini merupakan pelayanan masyarakat. Jadi tetap kita berikan pemahaman kepada pelanggar dan tentunya diberikan sanksi,” ujarnya.

Sedangkan sanksi bagi pelanggar yang kedapatan tidak memakai masker, yakni berupa sanksi sosial. “Jadi masyarakat atau pelanggar kami data. Kemudian mereka membersihkan halaman yang kotor di seputar jalan di pasar Ciamis,” katanya.

Tatang berharap, dengan gencarnya melakukan operasi yustisi, kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan semakin meningkat lagi.

Karena, menurutnya, dengan selalu memakai masker, bukan hanya melindungi diri sendiri tapi juga dapat melindungi orang lain.

“Maka dari itu, mudah-mudahan saja masyarakat dapat terus mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto