Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita BisnisKeuntungan Budidaya Ikan Sidat Ternyata Beragam

Keuntungan Budidaya Ikan Sidat Ternyata Beragam

Berita Bisnis, (harapanrakyat.com),- Keuntungan budidaya ikan sidat ternyata beragam. Ikan sidat masuk dalam kategori jenis ikan yang mempunyai nilai gizi tinggi. 

Bahkan beberapa ahli gizi memaparkan nilai gizi yang terdapat pada ikan sidat tidak kalah dengan nilai gizi pada ikan salmon. Ikan sidat termasuk jenis ikan yang bersih karena hidupnya hanya mau di air bersih. 

Bentuk dari ikan sidat itu sendiri hampir menyerupai belut. Namun terdapat sirip di bagian samping. Ikan sidat masuk golongan ikan anguilla. Awalnya ikan sidat banyak berada di lautan bagian utara Jepang.  

Namun sejak lembah radioaktif yang akibat nuklir mencemari lautan tersebut, kehidupan ikan sidat semakin menurun.  

Sehingga impor ikan pun menurun, karena jumlah ikan tidak sesuai dengan jumlah permintaan. Keadaan ini menjadikan salah satu alasan kenapa harus budidaya ikan sidat. 

Karena ikan sidat merupakan bisnis yang sangat efisien dengan keuntungan yang menjanjikan. 

Hingga saat ini negara Vietnam dan China masih menjadi negara penghasil ikan sidat terbanyak. Jepang kemudian mengimport ikan sidat tersebut. 

Namun meskipun sudah mengimpor beratus-ratus ton kebutuhan pasar akan ikan sidat belum terpenuhi. Sehingga jepang mengimpor ikan sidat dari negara lain. 

Hal ini tentu merupakan peluang yang besar untuk negara lainnya begitu pula dengan Indonesia. 

Melihat peluang tersebut, pemerintah Indonesia menyarankan agar petani ikan ikut membudidayakan ikan sidat tersebut. 

tawran harga untuk setiap kilonya juga lumayan tinggi. 

Bagaimana Tahapan Budidaya Ikan Sidat 

Membudidayakan ikan sidat salah satu peluang bisnis peternakan ikan yang menguntungkan. 

Selain itu, tahapan budidaya ikan juga sangat mudah, karena dalam budidaya ikan sidat tidak menggunakan biaya yang besar. 

Seperti budidaya ikan pada umumnya, budidaya ikan sidat bisa di kolam yang hanya terbuat dari terpal.  

Begini tahapan membudidayakan ikan sidat : 

  1. Persiapkan kolam yang cukup untuk tumbuh kembang ikan sidat. Kolamnya boleh dari material apa saja yang penting airnya bersih. Karena ikan sidat hanya hidup di air yang bersih. Perhatikan pula sirkulasi air di dalam kolam agar ikan bisa tumbuh dengan baik. 
  2. Yang perlu diperhatikan dalam budidaya ikan sidat selanjutnya adalah suhu kolam.
    Menjaga agar suhu kolam yang terdapat ikan tetap stabil mampu membantu proses pertumbuhan ikan. Dan mampu menghasilkan ikan yang bagus pula.
  3. Menormalkan tingkat pH air. Ph air yang digunakan untuk budidaya ikan sidat sekitar 7-8 normalnya.
    Jika pH air kurang dari 7 bisa menyebabkan kestresan pada ikan, yang kemudian ikan menjadi tidak tumbuh dengan baik. 
  4. Hal lain yang perlu jadi perhatiab selanjutnya adalah pemilihan bibit ikan sidat. Memilih bibit yang bagus dan baik saat akan memulai budidaya ikan merupakan tindakan penting. Karena bibit ini yang menentukan hasil dari budidaya ikan sidat. Jika awal budidaya bibit nya bukan dari bibit unggul, maka saat panen pun hasilnya tidak seperti panen bibit unggul. 
  5. Selain pemilihan bibit, yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu jenis makanan ikan.
    Jenis makanan yang akan digunakan sebagai makanan sehari-hari ikan haruslah diperhatikan.
    Makanan tersebut bisa dengan makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami maupun makanan yang terbuat dari bahan-bahan non alami.
    Selain makanan, memberikan suplemen pada ikan juga membuat ikan tumbuh dengan subur. 
  6. Tahap selanjutnya merupakan tahapan yang paling ditunggu yaitu tahap memanen ikan.
    Ikan sidat yang sudah siap dipanen biasanya ukurannya mencapai 180-230 gram per ekornya atau sekitar 3 bulan pemeliharaan. 

Manfaat Ikan Sidat

Banyak sekali manfaat dari ikan sidat. Selain mempunyai nilai gizi yang tinggi ikan sidat juga merupakan salah satu produk ekspor Indonesia. 

Nilai gizi pada ikan sidat sangat perlu untuk pertumbuhan otak pada anak-anak. Gizi  Ikan sidat juga mempunyai peran penting untuk kesehatan tubuh. 

Berikut beberapa manfaat dari ikan sidat : 

  1. Memiliki nilai gizi yang penting untuk pertumbuhan otak pada anak-anak karena dalam ikan sidat terdapat DHA dan EPA
  2. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia karena memiliki  omega tiga yang mampu melakukan perlawanan terhadap beberapa penyakit. 
  3. Di dalam ikan sidat juga terdapat kandungan Zinc yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Selain itu, zinc yang terdapat pada ikan sidat lebih banyak dari susu sapi.
  4. Bagi yang mempunyai tekanan darah tinggi sangat bagus jika mengonsumsi ikan sidat. Kandungan zinc  dalam ikan sidat mampu membuat turunnya tekanan darah tinggi.   
  5. Mampu menurunkan lemak pada tumbuh. Memakan daging ikan sidat tidak membuat pemakan menjadi gemuk, karena  kandungan dalam ikan sidat mampu menurunkan kandungan lemak yang ada pada tubuh manusia. Cocok sekali untuk yang sedang menjalankan program diet. 
  6. Mampu menjaga kesehatan pada mata manusia. Di dalam ikan sidat juga terdapat vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata pada manusia. (Deni/R4/HR-Online)
- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img